Home Telko XL Axiata Hadirkan Layanan VoLTE
Layanan VoLTE

XL Axiata Hadirkan Layanan VoLTE

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaXL Axiata melengkapi layanan digital dengan teknologi terbaru, jaringan XL Axiata juga siap untuk melayani layanan Voice over LTE (VoLTE). Untuk tahap awal saat ini, jaringan XL Axiata siap mendukung layanan VoLTE di wilayah Jakarta dan Medan. Selanjutnya, XL Axiata akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

Baca juga: XL Axiata Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Banten

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL Axiata akan ada di tiga belas kota yang kemudian akan terus kami perluas. XL Axiata telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radiotransport, dan juga core.

“Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE),” ujar I Gede.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan.

Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

Pencatatan rekor baru 17 jam Siaran Langsung Perayaan Kemerdekaan

Untuk membuktikan kesiapan jaringan data XL Axiata mengakomodir berbagai jenis layanan data digital, XL Axiata juga menyelenggarakan acara khusus berupa pencatatan rekor Siaran Langsung Perayaan Kemerdekaan Melalui Kanal Youtube Terlama, selama 17 jam. Angka 17 merujuk pada tanggal 17 Agustus sebagai Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Rekor ini selanjutnya akan tercatat dalam daftar Museum Rekor Indonesia.

Acara ini merupakan cara XL Axiata membuktikan kualitas jaringan data internet miliknya. Dengan video live streaming non-stop selama 17 jam, XL Axiata membuktikan kualitas jaringan yang mampu menopang layanan yang berat seperti video streaming dalam durasi waktu yang sangat panjang. Bukan saja tidak terputus, namun juga kualitas gambar dan suara yang jernih. Selain itu, dalam durasi 17 jam tersebut, juga ada live streaming yang dilakukan teman-teman yang berada di area terpencil meliput upacara perayaan 17 Agustus, untuk membuktikan juga jaringan 4G kami juga memiliki jangkauan yang sangat luas.

Baca juga: XL Axiata Terapkan Solusi flexIoT XL Smart Poultry untuk Unggas

Selama 17 jam tersebut, sejumlah agenda dilaksanakan secara live streaming. Mulai dari talkshow, musik performance, pertandingan e-sportstandup comedy, hingga tayangan kulineran, termasuk juga penyerahan sertifikat rekor MURI untuk XL Axiata.

Selain rekor tersebut, XL Axiata juga akan mencatatkan rekor baru Kompetisi Foto Nuansa Kemerdekaan Terbanyak Melalui Instagram, sebanyak 4.880 twibbon, sebagai bentuk dukungan XL Axiata terhadap tema Perayaan Kemerdekaan ke-75 yaitu Indonesia Maju.

Berita Lainnya

Leave a Comment