Home GadgetSmartphone Xiaomi Mi Pad 5 Pro vs iPad Mini 6: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi Mi Pad 5 Pro

Xiaomi Mi Pad 5 Pro vs iPad Mini 6: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Terlihat Mini hanya dalam hal dimensi, tetapi memiliki spesifikasi kelas unggulan. Kami berbicara tentang iPad Mini generasi ke-6 baru yang dirilis oleh Apple bulan lalu. Ini adalah salah satu tablet paling orisinal di pasaran untuk mereka yang membutuhkan perangkat canggih dengan dimensi kompak dan spesifikasi luar biasa. Ini adalah saingan sempurna dari tablet yang berbasis Android, itulah sebabnya kami memutuskan untuk membandingkannya dengan tablet kelas atas terbaru yang dirilis oleh Xiaomi. Ini adalah perbandingan antara spesifikasi Apple iPad Mini 6 dan Xiaomi Mi Pad 5 Pro.

Baca juga: Xiaomi Mi Pad 5 Pro vs Mi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi

iPad Mini 6

Desain

Apple iPad Mini 6 adalah tablet paling cantik, setidaknya menurut kami. Ini sangat kompak dan memiliki bezel yang sangat sempit di sekitar layar: kombinasi yang membuatnya menarik dan lebih mudah dibawa ke mana pun pengguna pergi. Tablet ini memiliki penutup belakang yang minimal dan desain unibody aluminium penuh dengan ketebalan hanya 6,3 mm dan bodi yang sangat ringan hanya 293 gram. Sayangnya, perangkat ini tidak datang dengan keyboard, tetapi mendukung Apple Pencil (generasi ke-2) dan memiliki pembaca sidik jari yang dipasang di samping untuk otentikasi. Meskipun kami lebih menyukai Apple iPad Mini 6, Xiaomi Mi Pad 5 Pro tetap memberikan desain yang luar biasa dengan bodi aluminium, ketebalan hanya 6,9 mm, dan rasio layar terhadap bodi yang sangat tinggi berkat bezel layar yang sangat sempit.

Layar

Di atas kertas, Mi Pad 5 Pro memiliki layar yang lebih canggih daripada Apple iPad mini generasi ke-6. Pertama-tama, ini adalah panel yang lebih lebar dengan diagonal 11 inci. Muncul dengan resolusi Quad HD+ dan mampu menampilkan hingga satu miliar warna. Mendukung standar Dolby Vision dan memiliki sertifikasi HDR10, serta kecepatan refresh 120 Hz yang memaksimalkan kelancaran. Anda tidak mendapatkan kecepatan refresh yang tinggi atau HDR10 dan Dolby Vision di Apple iPad mini 6, tetapi tetap menarik karena memiliki layar 8,3 inci yang kecil: tidak ada tablet unggulan di pasar dengan layar sekecil itu.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Apple iPad mini ditenagai oleh chipset Apple A15 Bionic: SoC yang sama dengan jajaran iPhone 13, tetapi dengan frekuensi clock yang lebih rendah. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan memori hingga 256GB. Xiaomi Mi Pad 5 Pro menjadi unggulan, menggunakan chipset Snapdragon 870. Mi Pad 5 Pro menyediakan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Terlepas dari jumlah RAM yang lebih tinggi, Apple iPad mini 6 memiliki kinerja yang lebih tinggi berkat chipset yang unggul dan sistem operasi yang dioptimalkan dengan lebih baik. Perhatikan bahwa iPadOS adalah sistem operasi yang lebih baik untuk produktivitas, tetapi pada saat yang sama, memiliki layar yang lebih besar seperti salah satu Mi Pad 5 Pro lebih baik untuk pengguna produktivitas. Xiaomi Mi Pad 5 Pro memiliki varian 5G, sedangkan iPad mini 6 hanya menawarkan konektivitas 4G.

Kamera

Pengaturan kamera Mi Pad 5 Pro bervariasi tergantung pada variannya: model 5G memiliki kamera utama 50 MP dan sensor kedalaman dengan resolusi 5 MP yang menjadikannya tablet kamera terbaik di kisaran harganya, sedangkan model WiFi menggantikan sensor utama 50 MP dengan sensor 13 MP. iPad mini 6 berada di tengah antara kedua varian ini dengan kamera utama 12 MP dan menawarkan kamera depan 12 MP yang lebih baik.

Baca juga: Redmi Note 10T 5G vs Realme 8 5G vs OPPO A54 5G: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Meskipun tidak ada perbedaan signifikan dalam hal masa pakai baterai (kedua tablet mampu memberikan masa pakai baterai yang baik di sebagian besar skenario), Xiaomi Mi Pad 5 Pro memenangkan perbandingan pengisian daya dengan teknologi pengisian cepat 67W.

Harga

Xiaomi Mi Pad 5 Pro dibanderol dengan harga Mulai dari Rp 5,5 jutaan, sedangkan iPad mini generasi ke-6 mulai dari Rp 8 jutaan di AS. Tidak ada pemenang pasti di antara tablet-tablet ini tetapi pilihannya tergantung pada pengguna sejauh apa kebutuhan. Lalu mana pilih Anda?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment