Home GadgetSmartphone Xiaomi Mi 10 Ultra vs iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 12 Pro Max

Xiaomi Mi 10 Ultra vs iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaiPhone 12 Pro Max, merupakan varian paling canggih dari jajaran iPhone 12. Tetapi apakah itu sepadan dengan jumlah uang yang dikeluarkan? Ini bukanlah pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Kami yakin salah satu cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan membandingkannya dengan flagships paling canggih dengan perangkat  Android.

Untuk perbandingan ini, kami memilih dua flagships China terbaik di luar sana: Xiaomi Mi 10 Ultra dan Huawei Mate 40 Pro. Jika Anda tidak tahu, Xiaomi Mi 10 Ultra hanya tersedia di pasar China, jadi, jika Anda perlu membeli salah satu flagships ini dan Anda bukan dari China, pertimbangkan hanya iPhone 12 Pro Max dan Huawei Mate 40 Pro.

Baca juga: Xiaomi Mi 10T vs OnePlus 8T vs Google Pixel 5: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 12 Pro Max

Desain

iPhone 12 Pro Max, Xiaomi Mi 10 Ultra, dan Huawei Mate 40 Pro semuanya hadir dengan desain yang mencengangkan. IPhone 12 Pro Max terdiri dari bagian belakang kaca dengan perlindungan Perisai Keramik dan bingkai baja tahan karat. Xiaomi Mi 10 Ultra hadir dengan kaca belakang transparan yang sangat menarik dan bingkai aluminium. Huawei Mate 40 Pro tersedia dalam versi sandwich kaca klasik dan dalam varian kulit menjadikan ketiga ponsel ini favorit. Dalam hal ketahanan air, iPhone 12 Pro Max adalah yang terbaik karena tahan air hingga kedalaman 6 meter. Huawei Mate 40 Pro juga memiliki sertifikasi IP68 (tetapi tahan air hingga 1,5m), sementara Xiaomi Mi 10 Ultra tidak menawarkan sertifikasi apa pun terhadap air dan debu.

Layar

Tampilan paling menarik milik Xiaomi Mi 10 Ultra yang mampu menampilkan satu miliar warna dan fitur refresh rate 120 Hz. Namun bukan berarti Xiaomi Mi 10 Ultra menjamin kualitas gambar tertinggi. IPhone 12 Pro Max sebenarnya lebih baik dalam hal kualitas gambar dan bahkan memiliki kecerahan yang lebih tinggi, tetapi sayangnya, kecepatan refreshnya tidak tinggi. Layar yang ditemukan pada Huawei Mate 40 Pro lebih rendah karena memberikan kualitas gambar yang lebih rendah, tetapi memiliki kecepatan refresh 90 Hz. Perhatikan bahwa Huawei Mate 40 Pro dan iPhone 12 Pro Max dapat mengandalkan pengenalan wajah 3D untuk otentikasi, sedangkan pada Xiaomi Mi 10 Ultra Anda hanya mendapatkan sensor sidik jari dalam layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Chipset Kirin 9000 5G yang terdapat pada Huawei Mate 40 Pro adalah yang paling bertenaga dari ketiganya, namun iPhone 12 Pro Max memberikan kinerja yang sangat cepat dan mulus berkat iOS 14. Meski memiliki chipset yang lebih lemah (Snapdragon 865), Xiaomi Mi 10 Ultra terlihat lebih menarik daripada Huawei Mate 40 Pro karena mengemas hingga 16GB RAM (bukan hanya 8 GB yang ditemukan di Huawei Mate 40 Pro) dan hingga 512GB penyimpanan asli UFS 3.1. Lebih lanjut, perhatikan bahwa Huawei Mate 40 Pro tidak menyertakan layanan Google di pasar global.

Kamera

Kamera ketiga perangkat ini sangat dekat, tetapi menurut pengujian, sepertinya Huawei Mate 40 Pro sedikit lebih baik. Ini mengemas tiga kamera yang terdiri dari sensor utama 50 MP dengan autofokus omnidirectional dan fokus otomatis laser, sensor periskop 12 MP dengan zoom optik 5x, dan sensor ultrawide 20 MP. Sementara Huawei Mate 40 Pro memberikan kualitas foto yang lebih baik, Xiaomi Mi 10 Ultra memiliki kemampuan zoom yang lebih baik.

Baterai

Xiaomi Mi 10 Ultra memiliki baterai terbesar, tetapi Huawei Mate 40 Pro dapat bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya dalam beberapa skenario karena memiliki fitur kecepatan refresh yang lebih rendah dan chipset yang lebih efisien (Kirin 9000 dibangun pada 5 nm). Meski baterainya lebih kecil, jangan remehkan iPhone 12 Pro Max . Dalam hal pengisian cepat, Xiaomi Mi 10 Ultra memenangkan perbandingan berkat teknologi 120W-nya.

Baca juga: POCO X3 NFC vs Redmi Note 9 Pro vs Xiaomi Mi Note 10 Lite: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Xiaomi Mi 10 Ultra hanya tersedia di China dengan harga Rp 14 jutaan, iPhone 12 Pro Max berharga Rp 21, 7 jutaan secara global dan Huawei Mate 40 Pro mulai dari Rp 20 jutaan. Dalam perbandingan spesifikasi kali ini tidak ada pemenangnya. Kenapa? karena semua kembali lagi berdasarkan kebutuhan pengguna. IPhone 12 Pro Max memiliki kinerja luar biasa dan kualitas pembuatan yang sangat baik, Huawei Mate 40 Pro memiliki kamera yang luar biasa, dan Xiaomi Mi 10 Ultra memiliki layar 120 Hz yang luar biasa. Ini pada dasarnya adalah hasil imbang jika kita tidak secara spesifik mengetahui apa yang dicari pengguna tertentu.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment