Home GadgetSmartphone Xiaomi 12 vs iPhone 13: Perbandingan Spesifikasi
Xiaomi 12

Xiaomi 12 vs iPhone 13: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – 2021 berakhir Xiaomi akan siap-siap mengawali tahun 2022 dengan peluncuran Xiaomi 12 dan, untuk pertama kalinya setelah beberapa tahun, salah satu andalan utama Xiaomi juga merupakan ponsel yang sangat ringkas. Inilah alasan mengapa kami pikir ini akan menjadi alternatif yang sempurna untuk iPhone 13, sama seperti flagship Apple, salah satu keunggulan terbaiknya adalah dimensinya yang ringkas, yang merupakan sesuatu yang sangat sulit ditemukan di flagships saat ini. Tapi bisakah Xiaomi 12 menggantikan iPhone 13 di atas kertas? Ini adalah perbandingan antara spesifikasi Xiaomi 12 dan iPhone 13 yang diharapkan dapat menjawab pertanyaan ini dan membuat Anda memahami mana yang harus dipilih setelah mempertimbangkan kebutuhan Anda yang sebenarnya.

Baca juga: Redmi Note 11 vs realme 8 5G vs Galaxy M32 5G: Perbandingan Spesifikasi

Xiaomi 12

Desain

Apple iPhone 13 jelas memiliki desain ikonik dan terlihat sangat modern berkat batas datarnya. Banyak orang akan lebih menyukainya hanya karena ini adalah perangkat Apple dan desain ponsel utama berasal dari Apple. Tapi sebenarnya kami lebih suka Xiaomi 12 karena rasio layar terhadap bodinya yang lebih tinggi dan tampilan punch-hole-nya: kami dan banyak orang lain tidak suka notch besar seperti yang ada di iPhone 13; tapi perlu diingat bahwa ini adalah masalah selera. Di sisi lain, iPhone 13 memiliki kualitas build yang lebih baik: memiliki kaca depan dan kaca belakang yang dilindungi oleh Ceramic Shield dan tahan air hingga kedalaman 6 meter berkat sertifikasi IP68. Anda tidak mendapatkan sertifikasi apa pun terhadap air dan debu dengan Xiaomi 12.

layar

Di atas kertas, Xiaomi 12 memiliki tampilan yang lebih canggih. Menggunakan panel OLED dengan satu miliar warna, kecepatan refresh 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan dukungan Dolby Vision. Tetapi tidak selalu spesifikasi di atas kertas sesuai dengan pengalaman nyata: Apple iPhone 13 memberikan reproduksi warna yang sangat akurat dengan layar Super Retina XDR OLED, mendukung Dolby Vision dan HDR10 juga. Tetapi ada dua kontra dengan andalan Apple: ia hadir dengan kecepatan refresh standar 60 Hz dan, tidak seperti Xiaomi 12, ia tidak memiliki pembaca sidik jari. Di sisi lain, ia mendukung ID Wajah untuk pengenalan wajah 3D, yang sebenarnya lebih aman daripada pembaca sidik jari.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Apple iPhone 13 ditenagai oleh chipset Apple A15 Bionic yang dibangun pada 5 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 3,22 GHz, sedangkan Xiaomi 12 ditenagai oleh platform seluler 4 nm Snapdragon 8 Gen 1 dengan frekuensi maksimum 3 GHz. Kedua ponsel ini memiliki jumlah RAM yang sangat berbeda: yang pertama hanya menawarkan 4GB, sedangkan yang kedua naik hingga 12GB. Namun, berkat optimalisasi luar biasa dari sistem operasi iOS, kinerja iPhone berada pada level yang sama dan seringkali lebih tinggi daripada yang disediakan oleh Xiaomi 12 yang menjalankan Android 12.

Kamera

Perangkat keras kamera Xiaomi 12 lebih unggul dari iPhone 13: memiliki kamera utama 50 MP dengan OIS, sensor ultrawide 13 MP, dan kamera makro telefoto 5 MP. Namun terlepas dari itu, iPhone 13 menghasilkan foto yang lebih baik dalam banyak skenario berkat perangkat lunak dan algoritme kamera hebat yang disediakan oleh iOS. Masih terlalu dini untuk membuat keputusan akhir karena Xiaomi 12 resmi diluncurkan beberapa hari yang lalu dan belum ada yang memiliki kesempatan untuk menguji kameranya secara menyeluruh.

Baca juga: Vivo X70 Pro+ vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Meskipun iOS dioptimalkan lebih baik jika dibandingkan dengan Android 12 dan MIUI 13, Xiaomi 12 kemungkinan besar akan bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya jika dibandingkan dengan iPhone 13, hanya karena baterainya jauh lebih besar. Dan bukan itu saja: baterai 4500 mAh mendukung teknologi pengisian daya yang lebih cepat dengan daya 67W dan bahkan pengisian daya nirkabel yang lebih cepat dengan daya 50W.

Harga

Xiaomi 12 memiliki harga mulai Rp 8,3 jutaan untuk pasar Cina, sementara Anda membutuhkan lebih dari Rp 12,5 jutaan untuk membeli iPhone 13. Sementara iPhone 13 mungkin merupakan perangkat unggulan bagi banyak orang, Xiaomi 12 memiliki cara nilai uang yang lebih tinggi dan tidak banyak kompromi. Mana yang akan Anda pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment