Home GadgetSmartphone vivo Resmikan Laboratorium Infrastruktur Pengembangan Jaringan Komunikasi
Laboratorium Infrastruktur

vivo Resmikan Laboratorium Infrastruktur Pengembangan Jaringan Komunikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Bekerjasama dengan China Academy of Information and Communications Technology, vivo mendirikan Laboratorium Infrastruktur Pengembangan Jaringan Komunikasi terbarunya di Dongguan, China. Dilengkapi fasilitas terbaru berstandar internasional, vivo menunjukkan komitmennya untuk semakin terdepan dalam pengembangan inovasi teknologi jangka panjang, sekaligus menyediakan produk dan layanan yang unggul kepada para pengguna smartphone vivo secara global.

“vivo senantiasa mengutamakan kebutuhan para pengguna dengan menyediakan produk, fungsi, serta pengalaman smartphone terbaik di kelasnya. Dengan semangat berinovasi dalam pengembangan teknologi smartphone, vivo terus menyajikan terobosan baru, salah satunya adalah dengan didirikannya laboratorium jaringan komunikasi di Dongguan, China. Hal ini merupakan perwujudan komitmen jangka panjang vivo terhadap inovasi serta upaya berkelanjutan di area yang membutuhkan pengembangan teknologi lanjutan,” ujar Jingcai Liu, General Manager of Testing Technology and Reputation Management vivo.

Baca juga: Vivo V23e vs Vivo V21 5G: Perbandingan Spesifikasi

Memanfaatkan Infrastruktur 5G Untuk Simulasi Multi-Tasking Pengguna Smartphone 

Dalam satu dekade terakhir, vivo telah melewati transformasi pesat jaringan telekomunikasi dari fase 3G, 4G hingga ke 5G, termasuk di Indonesia. Hal ini terlihat dari inovasi teknologi yang dihadirkan oleh vivo juga melalui smartphone andalan terbaik di kelasnya yaitu vivo V21 5G serta X70 Pro yang diluncurkan beberapa waktu lalu dan turut dilengkapi dengan konektivitas 5G yang nantinya jika regulasi 5G dari pemerintah di Indonesia sudah siap, akan semakin mempermudah aktivitas multitasking para pengguna smartphone seperti pengiriman file besar, menikmati konten layanan streaming serta bermain game online dengan jaringan koneksi yang semakin cepat dan tanpa gangguan.

Sepanjang perjalanan transformasi tersebut, vivo juga telah banyak mendapat wawasan serta pemahaman baru yang mendalam tentang kebutuhan pengguna smartphone di tiap fase yang berbeda. Tentunya segala pengetahuan tersebut sangat berkontribusi pada inovasi teknologi vivo untuk senantiasa menghadirkan terobosan teknologi baru di pasar Internasional.

Agar dapat melakukan simulasi berbagai skenario uji coba smartphone vivo dengan optimal, vivo turut memanfaatkan infrastruktur 5G termasuk base station dan teknologi jaringan inti yang juga digunakan oleh operator global besar dalam skala besar. Laboratorium riset ini dapat secara fleksibel menyesuaikan dan mensimulasikan variable frequency range yang dimiliki jaringan 5G/4G komersial global. vivo juga melakukan uji coba dalam berbagai kondisi gangguan seperti sinyal lemah, jalanan padat, dan pergerakan berkecepatan tinggi pun juga turut di uji coba dalam lab untuk memastikan performa smartphone vivo yang kuat dalam kondisi apa pun.

Agar para pengguna vivo dapat menjadi yang pertama untuk menikmati inovasi terbaru di dunia smartphone, para teknisi di laboratorium ini senantiasa mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi komunikasi dan beradaptasi pada pengembangan standar 5G, termasuk 5G NR Release 16. Selain pengujian skenario penggunaan harian, teknisi vivo juga melakukan simulasi yang sesuai dengan kebiasaan para pengguna smartphone yang gemar multitasking seperti mobile gaming, melakukan panggilan video, dan streaming. Metode verifikasi secara end-to-end juga senantiasa diterapkan dengan kecerdasan data serta analisis yang akhirnya akan dikumpulkan untuk menyempurnakan produk guna memberikan pengalaman smartphone yang optimal bagi para pengguna.

Berlandaskan Strategi Berbasis Pengguna Untuk Hasilkan Pengalaman Smartphone Optimal Bagi Pengguna

vivo bertujuan untuk menjadi lebih gesit dalam memahami kebutuhan serta kebiasaan para pengguna smartphone. Oleh karena itu, vivo juga turut membentuk tim R&D di laboratorium ini untuk mengembangkan strategi yang ditargetkan pada pengguna baik di pasar internasional maupun pasar lokal. Hadirnya fasilitas laboratorium ini turut mempermudah tim R&D untuk melakukan sejumlah tes dan menguji berbagai skenario yang dihadapi pengguna di kehidupan sehari-hari yang sebelumnya perlu dilakukan di luar ruangan namun kini dapat dilakukan secara akurat dan optimal di laboratorium. Laboratorium terbaru vivo ini didirikan untuk memastikan smartphone vivo dapat beradaptasi dengan kondisi jaringan yang dihadapi para pengguna di kehidupan sehari-hari. Dalam setiap fase penelitian dan pengembangan produk, ribuan purwarupa diuji secara ketat untuk memastikan setiap panggilan telepon dapat menjangkau pengguna dengan memiliki kemampuan yang baik dalam hal transmisi sinyal, transfer data, konsumsi daya, serta performa yang stabil.

Baca juga: Vivo X70 Pro+ vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

vivo akan secara konsisten melakukan investasi R&D jangka panjang dan terus mengembangkan produk berdasarkan kebutuhan dan pengalaman pengguna. Memprioritaskan pengalaman smartphone bagi para pengguna, vivo berkomitmen pada inovasi strategis di empat pilar secara jangka panjang yaitu image system, operating system, desain industrial serta performa smartphone.

“Keempat hal ini yang akan terus kami kembangkan lebih lanjut demi menyediakan produk serta layanan unggul yang paling sesuai dengan kebutuhan para pengguna untuk mendapatkan pengalaman smartphone yang paling optimal. Kedepannya, vivo akan terus meningkatkan investasi untuk pengembangan teknologi fundamental smartphone secara jangka panjang,” tutup Jingcai.

Berita Lainnya

Leave a Comment