Home News TSMC : Pengembangan Chipset dengan Pemrosesan 3nm Sesuai jadwal
TSMC

TSMC : Pengembangan Chipset dengan Pemrosesan 3nm Sesuai jadwal

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) telah merilis roadmap untuk pengembangan teknologi chipset dengan pemrosesan 3nm. Pabrikan chip terbesar di dunia ini akan merencanakan memilai produksi  pada 2021 dan volume produksi dimulai pada paruh kedua 2022.

Raksasa pembuat chip Taiwan ini akan menggunakan struktur transistor FinFET untuk teknologi N3 (yaitu proses 3nm). Informasi ini diungkapkan oleh CEO CC Wei pada pertemuan investor awal pekan ini, pada 16 April 2020.

Baca juga : Honor 30 & 30 Pro Akan Menggunakan Chipset Kirin 985 dan Kirin 990 5G

Menurut eksekutif senior TSMC, teknologi di balik N3 akan menjadi “full node stride” yang sama dengan teknologi N5 (proses 5nm).

Wei juga mengungkapkan bahwa teknologi proses 5nm dari TSMC sudah dalam tahap produksi volume dengan tingkat hasil yang memuaskan.

Selain itu, perusahaan mengharapkan produksi untuk tetap “very fast and smooth” dan tren akan berlanjut hingga paruh kedua tahun 2020. Ini kemungkinan karena permintaan chipset yang akan digunakan ponsel flagships generasi baru yang belum diluncurkan.

Baca juga : MediaTek Mengumumkan Chipset Helio P95, Apa Hebatnya?

Saat ini, chip 5nm menghasilkan sekitar 10 persen dari total pendapatan keseluruhan pada tahun 2020. CEO TSMC percaya bahwa proses 5nm akan berumur panjang seperti proses 7nm, 16nm, dan 28nm.

Perusahaan ini juga memperluas chipset dengan pemrosesan 7nm yang ada dengan N7, N7 +, dan N6, dengan dua yang terakhir adalah proses berbasis EUV. Ini akan mencapai lebih dari 30 persen dari total pendapatan keseluruhan perusahaan pada tahun 2020.

 

 

Sumber

Berita Lainnya

Leave a Comment