Home GadgetSmartphone OnePlus 7T Pro vs OnePlus 8 vs OnePlus 8T: Perbandingan Spesifikasi
OnePlus 8T

OnePlus 7T Pro vs OnePlus 8 vs OnePlus 8T: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaOnePlus merilis dua flagships terjangkau tahun ini: OnePlus 8 dan OnePlus 8T. Setelah menyadari flagships papan atas tidak sepopuler sebelumnya, perusahaan memilih untuk tidak merilis varian Pro dari 8T dan hanya muncul versi standart. Ada perangkat OnePlus yang lebih lama yang masih ada di pasaran dan Anda dapat menemukannya dalam kisaran harga yang sama dengan 8 dan 8T. Kita berbicara tentang OnePlus 7T Pro. Jika Anda ingin tahu unggulan OnePlus mana yang menjdi pilihan? Ini adalah perbandingan antara spesifikasi utama OnePlus 7T Pro, 8, dan 8T.

Baca juga: Vivo V20 vs OPPO F17 Pro vs realme 7: Perbandingan Spesifikasi

OnePlus 8T

Desain

Jika kita berbicara tentang desain, itu hanya soal selera. OnePlus 8T memiliki desain yang lebih modern dengan modul kamera berbentuk persegi panjang, tetapi layar datarnya tidak memungkinkan kami memilihnya. OnePlus 8 jelas yang paling menarik: lebih tipis dari saudara kandungnya, lebih ringan dan memiliki layar melengkung dengan desain punch-hole. Tetapi beberapa orang mungkin menyukai OnePlus 7T Pro karena tampilan layar penuhnya: tidak ada lubang di layar karena perangkat memiliki  kamera selfie pop. Namun ini membuat handset lebih tebal.

Layar

Meskipun ini adalah perangkat yang lebih tua, OnePlus 7T Pro memiliki tampilan yang lebih baik. Ini sebenarnya menawarkan resolusi yang lebih tinggi: Quad HD+, dengan 1440 x 3120 piksel dan bahkan diagonal 6,67 inci yang lebih lebar. OnePlus 7T Pro juga menawarkan kecepatan refresh 90 Hz dan sertifikasi HDR10+. OnePlus 8T memiliki kecepatan refresh 120 Hz yang lebih tinggi, tetapi resolusinya lebih rendah. OnePlus 8 adalah yang paling mengecewakan dengan layar Full HD + 90 Hz, tetapi masih menawarkan panel yang bagus. Dalam setiap kasus, Anda mendapatkan teknologi OLED dan pemindai sidik jari dalam layar.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

OnePlus 7T Pro kehilangan perbandingan ini karena mengemas chipset yang lebih lama dan tidak memiliki konektivitas 5G. Ini didorong oleh platform seluler Snapdragon 855+ dari 2019, sementara Anda mendapatkan Snapdragon 865 2020 dengan OnePlus 8 dan 8T. Antara OnePlus 8 dan 8T, yang terakhir lebih meyakinkan karena menjalankan Android 11, sementara OP8 berbasis Android 10. Namun, itu akan ditingkatkan ke Android 11, seperti 7T Pro. Ketika datang ke departemen perangkat keras, masing-masing perangkat ini adalah unggulan yang menyediakan kecepatan luar biasa dan stabilitas yang luar biasa.

Kamera

OnePlus 7T Pro adalah ponsel kamera terbaik dalam perbandingan ini. Sensor utama dari tiga kamera belakangnya memiliki aperture fokus yang lebih terang sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik, bahkan dalam kondisi cahaya redup. Lebih lanjut, itu termasuk sensor telefoto dengan zoom optik 3x yang sebenarnya tidak ada pada OnePlus 8 dan 8T. Last but not least, ini memiliki aperture fokus yang lebih cerah untuk kamera depan yang bisa memotret selfie lebih baik.

Baca juga: Redmi Note 9 5G vs realme 7 5G vs Moto G 5G: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

OnePlus 8T mengemas baterai terbesar dengan kapasitas 4500 mAh. Dalam sebagian besar skenario, ini mampu memberikan masa pakai baterai yang lebih lama. Jika Anda menggunakan 5G dan kecepatan refresh 120 Hz, Anda akan mendapatkan masa pakai baterai yang lebih pendek. Tetapi jika Anda tidak melakukannya, itu selalu menang. Lebih lanjut, OnePlus 8T mendukung teknologi pengisian daya yang lebih cepat dengan daya 65W. Baterainya mampu mengisi daya dari 0 hingga 100 persen dalam waktu kurang dari 40 menit berkat 65W Warp Charge.

Harga

Harga jalan dari ketiga perangkat ini bervariasi tergantung pada pasar. Anda dapat menemukan OnePlus 8 dengan harga kurang dari Rp 7,7 juta dengan sedikit keberuntungan, sedangkan OnePlus 8T Pro dihargai kurang dari Rp 10 jutaan. Bahkan OnePlus 7T Pro tersedia dengan harga kurang dari 7 jutaan dalam beberapa pasar. Tidak ada pemenang pasti dari perbandingan ini: OnePlus 7T Pro tidak memiliki 5G dan memiliki perangkat keras yang lebih rendah, tetapi ini adalah ponsel kamera yang lebih baik dan memiliki layar yang lebih baik. OnePlus 8T memiliki perangkat keras yang lebih baik, baterai lebih besar, dan kecepatan refresh yang lebih tinggi. OnePlus 8 adalah 8T dengan spesifikasi lebih rendah tetapi dapat menghemat banyak uang.

Berita Lainnya

Leave a Comment