Home Tips & Trik Tips Membuat Film Pendek Menggunakan vivo X60 Series 5G ala Joko Anwar
Joko Anwar

Tips Membuat Film Pendek Menggunakan vivo X60 Series 5G ala Joko Anwar

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Bersamaan dengan peluncuran vivo X60 Series 5G di Indonesia pada April 2021 lalu, vivo juga memperkenalkan Joko Anwar – Sutradara Film, sebagai salah satu vivo X-Figure representative yang senantiasa menghasilkan karya film penuh inspiratif.

Lewat teknologi dan inovasi yang dimiliki vivo X60 Series 5G, Joko Anwar mengeksplorasi berbagai angle baru yang memberikan perspektif berbeda dalam memproduksi film pendek dengan smartphone.

Sebagai Sutradara Film dan vivo X-Figure Representative, Joko Anwar mengatakan, teknologi smartphone dengan kamera canggih seperti vivo X60 Pro 5G sangat membantu eksplorasi dan penuangan ide-ide saya dalam membuat film. Apalagi setelah mencoba teknologi ZEISS Co-engineered Imaging System, Gimbal Stabilization 2.0, dan Extreme Night Vision 2.0 yang ada di dalam smartphone ini.

Baca juga: vivo X60 Series 5G Andalkan Chipset Snapdragon 870 dengan Teknologi Extended RAM

“Bahkan saya bisa mendapatkan gambar-gambar terbaik dengan maksimal walau dalam keadaan terang maupun gelap, atau dalam kondisi jalanan yang mulus ataupun bergelombang,” ungkap Joko Anwar.

Joko Anwar mengatakan bahwa selain teknologi ZEISS Co-engineered Imaging System, Gimbal Stabilization 2.0, dan Extreme Night Vision 2.0, vivo X60 Series 5G didukung dengan fitur kamera dan teknologi lainnya yang bisa membantu pengguna dalam menghasilkan vlog atau bahkan membuat film pendek berkualitas. Sejalan dengan bulan Ramadan yang penuh berkah, tentu banyak momen indah yang dapat direkam dan dijadikan sebuah film pendek atau jurnal vlog bermakna. Berikut ini Joko Anwar membagi tips memaksimalkan vivo X60 Series 5G dalam membuat film pendek atau jurnal vlog dengan dengan smartphone.

Siapkan Ide Cerita dan Storyboard

Pertama, penentuan ide berperanan kuat dalam persiapan membuat film, maka dari itu tentukan ide cerita/skenario menarik dan unik yang hendak diproduksi. Kemudian, carilah referensi gambar, video, maupun moodboard untuk menuangkannya ke dalam storyboard. Film merupakan salah bentuk storytelling melalui tampilan visual (visual storytelling), mengabadikan momen indah dan kehangatan di bulan puasa, atau kebersamaan dengan keluarga saat hari Lebaran bisa menjadi alternatif ide yang menarik.

Kenali Lokasi dan Rintangan yang Akan Dihadapi untuk Menentukan Instrumen Kamera

Pemahaman akan kondisi lokasi syuting menentukan instrumen kamera yang tepat. Jika lokasi syuting di outdoor dan mengharuskan adegan video sambil berlari, meloncat, atau berkendaraan, maka diperlukan kamera yang dapat merekam adegan dengan stabil. Dengan memanfaatkan Gimbal Stabilization 2.0 pada vivo X60 Pro 5G, setiap gambar video yang direkam akan tetap mulus, jelas, dan tidak buram walau merekam sambil bergerak. Kamera di smartphone ini sudah memiliki sumbu VIS 5-Axis, yaitu teknologi stabilisasi gambar untuk mengimbangi guncangan kamera saat pengambilan gambar agar lebih tajam. Untuk keperluan pengambilan gambar foto pun, hasil dari kamera vivo X60 Series 5G tetap akan tajam walau objek foto sedang bergerak. Jika hendak memotret objek bergerak cepat, Anda cukup aktifkan fitur Pro Sport Mode, atau ketika ingin menangkap gerakan lincah anak-anak, Anda bisa memanfaatkan fitur Kids Snapshot.

Pilih Ponsel dengan Kamera Beresolusi Tinggi dan Memanfaatkan Berbagai Fitur untuk Menghasilkan Gambar Sinematik

Kamera di smartphone vivo X60 Series 5G sudah disempurnakan dengan sentuhan ZEISS Co-engineered Imaging System yang akan menghasilkan gambar yang nyata seperti kamera profesional. Main Camera yang beresolusi 48MP telah didukung dengan kemampuan Pixel Shift Ultra HD Imaging sehingga akan memberikan kesempurnaan dan kejernihan pixel saat hasil foto di-zoom. Jika ingin menghasilkan video layaknya film profesional, Anda bisa memanfaatkan fitur Cinematic Master yang akan membantu mengoperasikan pengambilan gambar layar lebar dan pengambilan audio spasial dengan 3 microphones untuk memberikan pengalaman sinematik. Dengan kombinasi semua teknologi ini dapat dipastikan hasil rekaman video Anda akan indah seperti hasil tangkapan kamera profesional sebuah film. Fitur-fitur sangat memudahkan Anda menyiapkan footage yang hampir matang dan siap dijahit menjadi sebuah film utuh.

Baca juga: vivo X60 Series 5G Bawa Pembaharuan Gimbal Stabilization 2.0

Uji Kualitas Gambar Khususnya dalam Keadaan Minim Cahaya atau Gelap

Untuk melengkapi rangkaian cerita di vlog/film, Anda bisa juga menambahkan cuplikan foto-foto yang mendukung cerita. Selama Ramadan, banyak momen indah yang terjadi di malam hari, seperti kegiatan buka bersama, salat tarawih atau malam takbiran. Untuk mendapatkan gambar yang tetap jernih dari semua momen tersebut, kamera di vivo X60 Series 5G telah disempurnakan dengan teknologi Extreme Night Vision 2.0. Dengan bukaan kamera lebar aperture f/1.48 dan ISO yang ditingkatkan, maka gambar yang dihasilkan akan semakin terang karena jumlah cahaya yang masuk semakin banyak. Untuk mengoptimalkan pengambilan gambar di malam hari, Anda bisa memanfaatkan fitur Ultra-Wide Night Mode dan Super Pano Mode untuk tangkapan lanskap lebih lebar seperti gambar gedung atau suasana kota saat ngabuburit, atau fitur HDR Super Night Portrait untuk tangkapan gambar malam yang lebih jernih. Dengan lensa Potret Pro 50mm, gambar di dalam keadaan minim akan tampak lebih alami.

“Kini, setiap orang akan merasa mudah dalam menuangkan segala ide dan imajinasi mereka untuk membuat film pendek lewat smartphone. Dengan dukungan teknologi dan inovasi kamera yang dibawa oleh vivo X60 Series 5G, setiap aktivitas perekaman video untuk membuat film pendek akan terasa lebih mudah, lebih menyenangkan, dan tentunya menghasilkan film yang tidak kalah berkualitas dengan menggunakan kamera profesional,” ujar Joko Anwar.

Berita Lainnya

Leave a Comment