Tips Mudah Hapus Permanen, Data Sensitif di Hape

infogadgets.info.ID – Tahu kah kamu jika file atau data, seperti foto dan sejenisnya yang sudah dihapus dari hape, belum tentu sepenuhnya hilang dari sepenuhnya hilang.

Terkadang file seperti foto yang dihapus, akan tersimpan di “trash”, dan bisa kamu restore kembali. Ketakutan jika file yang sudah dihapus dari hape, akan muncul kembali adalah wajar. Apalagi jika data tersebut bersifat pribadi.

Namun jika sebenarnya kita mau memahami lebih dalam sedikit, ada berbagai cara untuk menghapus file secara permanen, khususnya di hape berbasis Android.

Dirangkum dari Make Use Of, berikut cara menghapus secara permanen data di hp Android kamu.

1. Hapus menggunakan File Manager

Maksimalkan fasilitas file explorer atau aplikasi pengelola file untuk menghapus item sensitif secara permanen. Ada banyak penjelajah file gratis untuk Android, termasuk aplikasi File Google.

Pilih item di file explorer, lalu ketuk tombol sampah atau tekan menu tiga titik dan pilih Hapus. Konfirmasikan bahwa kamu memahami bahwa penghapusan tidak dapat diurungkan kemudian pilih Hapus lagi.

2. Hapus data dengan File Shredder
Jika kamu menggunakan hp Android versi lawas, tidak ada salahnya untuk memasang penghancur file “shredder”. Ini akan menghapus secara aman ruang di perangkat yang mungkin masih berisi data yang telah dihapus.

Penghancur file seperti iShredder, Shreddit, dan Data Eraser menawarkan pilihan algoritme penghancuran yang dapat dipastikan permanen.

3. Hapus File Android dari PC
Metode ini mempermudah untuk menemukan dengan cepat dan menghapus item tertentu. Hubungkan hape menggunakan kabel USB dan pilih Open device untuk melihat file dari opsi AutoPlay. Atau, buka File Explorer, pilih This PC, dan klik dua kali ikon drive ponsel.

Jika drive terlihat kosong, tarik ke bawah baki notifikasi dari atas layar ponsel, ketuk USB mengisi daya perangkat ini dan pilih Transfer file atau Transfer file. Dari sini, kamu bisa menghapus file mana yang ingin benar-benar kamu hapus.

4. Hapus file sensitif dari SD Card
Jika file pribadi yang ingin kamu hapus terletak di kartu memori SD, bukan di penyimpanan internal ponsel, ada beberapa cara untuk menghapusnya.

Buka Settings> Storage> SD Card.
Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Storage settings. Pilih Format, lalu ketuk Erase & Format atau Format SD Card untuk menghapus dan memformat kartu