Tambah Kapasitas Memori dengan Bersihkan Cache

android-storage

Ada banyak cara untuk menambah memori. Selain dari memori eksternal, Anda dapat tambah kapasitas memori dengan bersihkan cache.

sponsored

Kenapa harus dibersihkan? karena File cache akan penyimpan file gambar dan lainnya harus di-download dari internet. File-file ini kemudian disimpan ke dalam sistem yang diberinama sistem cache. Hal ini untuk membuat aplikasi dapat dibuka lebih cepat.

Secara berkala sistem cache harus dibersihkan atau dihapus, untuk mengembalikan kapasitas memori internal seperti semula.
Untuk menghapus system cache, tidak perlu banyak alat bantu untuk melakukannya. Anda cukup melakukannya di perangkat dengan sistem operasi Android. Berikut adalah caranya.

Membersihkan/ menghapus Semua File Cache
entire-cache-500x442Menghapus sistem cache sangat mudah. Pilih menu sistem Settings>Storage. Pilih Cached data, lalu OK.

Membersihkan Cache Per Aplikasi

clear-cache-settingsSelain membersihkan semua file cache, pengguna Android juga dapat melakukan metode lainnya, yakni membersihkan system cache satu persatu pada setiap aplikasinya. Caranya pilih menu system Settings>Apps, lalu Tap aplikasi yang akan anda berwihkan cache. Lalu tap tombol Clear Cache.

Bersihkan Cache Secara Otomatis.

Bosan membersihkan aplikasi secara manual, pengguna Android dapat melakukannya secara otomatis, tentu saja dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi tersebut adalah Dolphin browser atau ES File Explorer yang dapat menghapus cache setiap aplikasi tertutup. Dengan aplikasi diatas maka sistem cache akan selalu bersih setiap aplikasi tertutup.