Punya iPhone Baru ? 5 Hal Ini Wajib Dilakukan !

Apple selalu menjadi pusat tren bagi hape-hape pesaingnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa iPhone juga menjadi pilihan yang jadi idola. Apalagi, Apple baru saja resmi mengumumkan empat smartphone terbaru mereka, yaitu iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 Mini. Meski harganya mahal, antusiasme masyarakat terhadap produk-produk iPhone tidak lantas surut.

Bagi anda pertama kali yang menggunakan iPhone, biasanya akan bingung langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum menggunakannya. Berikut ini adalh 5 hal yang perlu anda lakukan saat menggunakan iPhone pertama kali.

Aktivasi iOS

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan aktivasi iOS. Saat menyalakan iPhone pengguna akan menjumpai welcome screen dengan ‘Hello’ dalam banyak bahasa. Tunggu beberapa saat hingga iPhone mengenali kartu sim, lakukan slide ke kanan pada bagian yang bertuliskan slide to set up.

Setelah itu pengguna akan diarahkan untuk Aktivasi iCloud, Find My iPhone, Siri, set up Touch ID atau Face ID (tergantung seri) dan terakhir membuat passcode. Dan iPhone siap digunakan.

Konfigurasi iCloud

Untuk memanjakan user-nya, Apple juga memberikan fasilitas cloud yakni iCloud. Fungsi iCloud berguna mensinkronisasi iPhone dengan perangkat Apple lainnya secara otomatis. Sehingga pengguna bisa menambahkan kontak di website iCloud melalui komputer dan secara otomatis, kontak itu akan muncul bersamaan di iPhone.

Aktifkan Find My iPhone

Fitur ini berguna jika iPhone dicuri atau diambil orang. Akses iPhone dari website iCloud,  kemudian aktifkan Passcode. Passcode adalah kombinasi angka yang harus dimasukkan di lock screen supaya orang yang mengambil iPhone kamu nggak bisa ngapa- ngapain. Aktifkan passcode dari aplikasi Settings – iCloud – Find My iPhone.

Kemudian aktifkan Restrictions. Fitur ini berfungsi untuk membatasi akses beberapa aplikasi bawaan Apple supaya lebih aman. Sebagai contoh salah satu manfaat Restrictions adalah kamu bisa mematikan akses untuk menghapus aplikasi, menggunakan Facetime, menggunakan fitur In-App Purchases. Aktifkan fitur ini dari aplikasi Settings – General – Restrictions.

Pelajari Aplikasi Bawa iOS

Pengaturan dasar sudah selesai. Sekarang saatnya kamu mempelajari dan menggunakan aplikasi bawaan. Coba pelajari Safari, Mail, App Store, Camera dan beberapa aplikasi bawaan kamu lainnya.

Periksa IMEI dan Model iPhone

Langkah selanjutnya, ketika hendak membeli iPhone pastikan terlebih dahulu nomor IMEI-nya sudah terdaftar. Hal ini untuk memastikan agar perangkat yang dibeli adalah iPhone yang asli. Jika tidak, iPhone akan otomatis diblokir dan tidak bisa menerima sinyal dari provider apapun. Untuk memeriksa IMEI iPhone, pengguna bisa cek di bagian Settings > General > About. Di sana kamu akan menemukan informasi detail perangkat, termasuk IMEI yang terdiri dari 15 digit angka. Di situ akan tertera Model iPhone. Huruf pertama merupakan keterangan apakah iPhone tersebut Original, Refurbished, Replacement. Jika iPhone yang digunakan benar-benar baru dan asli keterangan Model iPhone diawali huruf ‘M’.

Mencegah terjadinya pembelian iPhone tiruan, KW, dan tidak terdaftar di IMEI, kini banyak pilihan tempat yang bisa di jumpai di Authorized Reseller Apple untuk di Indonesia seperti store iBox dan Erafone! Belanja iPhone dan produk Apple lainnya di iBox dan Erafone, selain mendapat garansi resmi, anda juga tidak perlu khawatir jika ada kerusakan yang terdapat pada produk Apple yang di beli di sana.

Erafone dan iBox juga memberikan layanan after-sales baik memberikan panduan dan bantuan, untuk calon ataupun pembeli yang sudah membeli produk Apple di sana. Selain itu, iBox juga memiliki Official Store di Shopee. Jadi produk asli dan pasti bergaransi TAM bisa dibeli dan dapatkan dengan kemudahan belanja online.

Sedangkan di Eraspace, ada shopping option delivery yang bisa kamu pilih. Mau EraXpress, Click &  Pick Up atau delivery biasa yang bisa kamu pilih. Dengan EraXpress, pesanan akan diantar kurir instan dari store terdekat.

Tidak hanya itu, kemudahan lain yang diberikan juga bisa membeli iPhone melalui online dan bisa langsung di ambil. Caranya dengan Click & Pick Up! Tinggal klik klik iPhone atau aksesoris Apple yang anda inginkan, kemudian bisa langsung pick up di storeErafone terdekat.