Hape Lemot Gara-gara WhatsApp ? Ini Sebab dan Solusinya

Hape lemot gara-gara WhatsApp. Bagaimana Cara memperbaikinya?

Hp lemot gara-gara whatsapp
Hp lemot gara-gara whatsapp

Hape lemot gara-gara WhatsApp memang menjengkelkan. Apalagi saat diperlukan untuk berkomunikasi. Apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah tipsnya.

Salah satu penyebab hp lemot karena aplikasi chatting WhatsApp yang menyimpan banyak file yang besar seperti gambar dan video, sehingga membuat memori penuh.

WhatsApp memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif harian saat ini. dan lalu lintas perpesanan juga semakin banyak. Apalagi tidak jarang pengguna WhatApp mengirimkan file gambar dan vIdeo yang membuat memori menjadi penuh.

Baca Juga: Gawat, Deretan Hape ini Gak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Berikut adalah solusi supaya aplikasi WhatsApp tidak membuat kinerja hp jadi lemot karena memori penuh.

Jika kamu mengunakan hp Android caranya buka WhatsApp, lalu pilih buka Settings>Data dan storage usage>Media auto download. Lalu nonaktifkan ketiga centang kotak di didalam pilihan Media auto download – when using mobile data, when connected on Wifi dan when roaming.

Sedangkan buat kamu menggunakan iPhone bisa menghilangkan pilihan untuk tidak langsung menyimpan file audio, video dan foto yang tidak perlu. Caranya buka WhatsApp>Settings>Data dan storage usage.

Baca Juga: Lebih Dari 7 Menit, Pesan di WhatsApp Tetap Bisa Dihapus, Begini Caranya

WhatsApp memiliki opsi untuk menurunkan jumlah data yang digunakan selama panggilan suara WhatsApp. Caranya dengan membuka WhatsApp>Settings>Data dan storage usage> Low data usage.

Setelah itu kamu juga bisa menghentikan pilihan otomatis menyimpan data mobile dan penyimpanan telepon saat menggunakan WhatsApp, caranya dengan mengentikan unduhan otomatis untuk file-file berat. Anda harus mengatur unduhan otomatis untuk video tersebut saat berada di jaringan WiFi saja.

Jika dengan cara tadi tapi smartphone kamu terasa lambat, kamu bisa juga menghapus pembicaraan WhatsApp. Caranya dengan memilih Chat>Manage messages>Clear messages.

Di aplikasi WhatsApp kamu juga bisa melihat penggunaan data pada setiap kontak atau group yang memakai storage, caranya dengan memilih WhatsApp> Storage and data usage>Storage usage.

Disitu terlihat kontak atau group mana yang memakan banyak memori yang membuat kinerja hp lemot.

Setelah kamu mengetahuinya, maka kamu bisa membatasi penyimpanan otomatis file media seperti foto, video atau audio. Atau mungkin keluar dari group.