4 Cara Bikin Aman Jika Akun Tokopedia Di hack

infogadgets.info.id – Kabar Tokopedia di hack membuat para pemiliki akun menjadi was-was. Sebuah akun twitter bernama @underthebreach yang mengungkapkan pertam akali isu soal akun tokopedia di hack. Disebutkan ada 15 juta akun yang telah dibobol sejak Maret 2020. Bahkan belakangan disebut  data yang dibobol dilaporkan bertambah menjadi 91 juta.

tokopedia di hack

Adapun data-data akun Tokopedia yang dibobol antara lain yaitu hash password, nama, dan e-mail, data yang diambil juga mencakup tanggal lahir, kode aktivasi e-mail, kode reset password, detail lokasi, ID messenger, hobi, pendidikan, waktu pembuatan akun hingga waktu terakhir log in.

Pihak Tokopedia pun ternyata mengakui soal sejumlah Tokopedoa di hack, dan memang benar ada upaya peretasan data milik pengguna akun Tokopedia. “Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Tak Tertipu Saat Belanja Online

Meskipun begitu Tokopedia mengklaim bahwa informasi akun milik pengguna tetap aman. Nuraini yang mewakli Tokopedia mengatakan, password pengguna aku Tokopedia selama ini telah terlindungi dan dienkripsi. Lebih lanjut dia menjelaskan Tokopedia juga sudah menerapkan sistem kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses secara real time oleh pemilik akun. Tokopedia mengaku sedang menangani masalah ini. “Saat ini, kami terus melakukan investigasi, dan belum ada informasi lebih lanjut yang bisa kami sampaikan,” jelas Nuraini.

Bikin Aman Akun Tokopedia di hack

Meski diklaim oleh Tokopedia bahawa data akun pengguna sudah aman. Tapi sebaiknya tetap lakukan beberapa langkah untuk menjaga agar akun Tokopedia kita tetap aman untuk ke depannya. Dana berikut ini beberapa caranya :

  1. Ganti Password

Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan jikalalu akun Tokopedia di hack. Cara pengganti password-nya yaitu Pertama-tama, buka situs atau aplikasi Tokopedia dan masuk (login) ke akun Anda. Kemudian, klik tab ” Akun” yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon “Pengaturan”. Lalu, pilih menu “Akun” dan klik menu ” Kata Sandi”. Setelah itu, masukkan kata sandi lama dan baru di kolom yang tersedia dan klik tombol “Simpan”.

2. Aktifkan PIN Tokopedia

Sebagai keamanan tambahan, aktifkan PIN Tokopedia. Caranya masuk ke menu ” Akun” yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon “Pengaturan”. Lalu, pilih menu “Akun” dan klik menu “PIN Tokopedia”. PIN akan diminta ketika akun Tokopedia Anda digunakan untuk bertransaksi.

3. Hapus Akun Bank

Untuk menghindari penyalahgunaan akun Bank yang selama digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia. Ada baiknya hapus data akun bank yang tersimpan. Caranya masuk ke menu ” Akun” yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon “Pengaturan”. Lalu, pilih menu “Akun” dan klik menu ”Akun Bank”. Hapus semua data rekening bank yang ada.

4. Aktifkan ‘2 Factor Autentification’

Agar semakin aman, bisa dengan mengaktifkan fitur keamanan lainnya, yakni ‘2 Factor Autentification’ atau verifikasi dua langkah. Caranya dengan terlebih dulu memasang aplikasi Google Authenticator terlebih dahulu. Ketika aktif 2FA aktif, maka sistem akan mengharuskan pengguna memasukkan enam digit kode yang dihasilkan secara acak dan berkala.