Home Telko Telkomsel Ajak Mitra Channel Percepat Proses Migrasi 3G ke 4G
Telkomsel

Telkomsel Ajak Mitra Channel Percepat Proses Migrasi 3G ke 4G

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaTelkomsel menggandeng mitra channel untuk mengajak pelanggan yang saat ini masih menggunakan kartu SIM 3G untuk bermigrasi ke kartu USIM 4G. Hal Ini untuk mempercepat adopsi gaya hidup digital dengan mengakselerasikan konektivitas jaringan terbaik yang merata.

VP Partner Channel Management Telkomsel Heriawan mengatakan, pelanggan yang masih menggunakan jaringan 3G akan diajak bermigrasi ke 4G. Hal ini tentunya sudah jadi satu inisiatif strategis dari Telkomsel. Untuk itu semua entitas di Telkomsel bergerak demi mengakselerasi migrasi 4G.

“Untuk channel distribusi sendiri, sejatinya Telkomsel membagi menjadi dua golongan besar yakni traditional channel dan modern channel. Kedua channel ini juga dioptimalkan untuk mempercepat proses migrasi pelanggan,” ujar Heriawan.

Baca juga: Telkomsel Gelar Jaringan 5G di Kawasan Mandalika International Street Circuit

Lebih lanjut Heriawan menjelaskan, di traditional channel yang notabene ujungnya para reseller, di situ kita lakukan proses akselerasi.

“Kami libatkan outlet tradisional untuk menjadi titik pertemuan para pelanggan agar bisa melakukan pergantian sim card 4G,” sambung Heriawan.

Sedangkan untuk modern channel, Heriawan mengungkapkan bahwa pihaknya tidak tinggal diam. Mereka melibatkan sejumlah mitra channel seperti minimarket hingga e-commerce untuk menghadirkan program-program menarik bagi konsumen seperti program device bundling.

Pelanggan Telkomsel kini bisa menukarkan (upgrade) SIM card dari yang belum mendukung jaringan 4G/ LTE ke uSIM 4G melalui kanal aplikasi/ situs belanja online. Upgrade SIM card 4G bisa dilakukan melalui toko virtual resmi Telkomsel yang terdapat di e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID.

Pelanggan pun dapat tetap menggunakan nomor lamanya saat melakukan upgrade ke uSIM 4G melalui e-commerce tersebut. Program Tukar Kartu uSIM 4G melalui e-commerce ini menjadi program unggulan Telkomsel, selain melalui layanan offline di GraPARI.

Sebagai bentuk apresiasi bagi pelanggan yang melakukan upgrade ke uSIM 4G, Telkomsel akan memberikan tambahan kuota data hingga 30 GB yang berlaku selama 30 hari. Tambahan kuota data tersebut dapat dinikmati pelanggan yang melakukan upgrade di seluruh saluran layanan, baik offline maupun online, hingga 31 Desember 2022.

Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui akses menu *888*47#. Informasi lebih lanjut mengenai Program Tukar Kartu ke 4G bisa diakses di telkomsel.com/tukarkartu4g.

Selain melalui e-commerce, Program Tukar Kartu ke 4G juga bisa dilakukan melalui direct channel Telkomsel online dan offline. Pada channel online, pelanggan bisa mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook (sekarang Meta), Twitter, serta Virtual Assistant Telkomsel. Sekadar informasi, 4G Telkomsel sendiri saat ini sudah mengcover hampir 96% wilayah populasi penduduk di Indonesia sehingga akan memudahkan pengguna untuk tetap terkoneksi meski sedang berada di luar kota besar. 

Di jaringan 4G Telkomsel, pengguna akan menikmati latency atau ping yang lebih rendah. Hal ini tentu akan meningkatkan pengalaman mereka ketika sedang berinternet di jaringan ini.

Karena menjadi inisiatif strategis, proses migrasi ini juga terus digaungkan hingga ke sektor terdekat dengan konsumen yakni para mitra channel mereka.

Baca juga: Akselerasi Telkomsel Adopsi Gaya Hidup Digital di Indonesia

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

Melalui Asisten Virtual Telkomsel dengan cara:

  1. Hubungi Asisten Virtual Telkomsel Veronika dengan mengetik  “Ganti Kartu“ atau “Migrasi 4G”.
  2. Veronika akan mengarahkan ke tautan situs web MyTelkomsel.
  3. Lengkapi data di web MyTelkomsel.
  4. Siapkan kartu identitas (e-KTP) dan Kartu Keluarga
  5. Unggah dokumen berupa kartu identitas (e-KTP), foto diri sambil memegang e-KTP, dan foto diri memegang kertas bertuliskan ‘Ganti Kartu’ disertai tanda tangan dan tanggal pemesanan.

Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui:

  • Aplikasi MyTelkomsel: https://my.telkomsel.com/app/chatbot
  • Situs web: www.telkomsel.com
  • WhatsApp: tsel.me/wa2
  • LINE:  tsel.me/lineVA2
  • Facebook Messengger: tsel.me/fbV2
  • Telegram: tsel.me/telegramVA2

Syarat dan Ketentuan:

  • Pastikan nomor Anda tidak terhubung dengan layanan perbankan (tidak terhubung dengan digital banking maupun transaksi digital lainnya). Apabila nomor Anda terhubung dengan layanan perbankan, layanan ganti kartu hanya bisa dilakukan di GraPARI terdekat.
  • Untuk pelanggan pascabayar (Telkomsel Halo), pastikan tidak memiliki tunggakan tagihan.
  • Untuk pelanggan Telkomsel Prabayar, pastikan nomor tidak melewati masa berlaku atau pada masa tenggang.
  • Kartu ganti akan dikirim menggunakan jasa layanan mitra Telkomsel dan waktu pengiriman sesuai dengan pilihan pelanggan dengan biaya pengiriman kartu yang dibebankan kepada pelanggan.
  • Pembayaran biaya kirim hanya dapat dilakukan melalui metode pembayaran Dana dan Shopeepay
  • Untuk pelanggan pascabayar dianjurkan menggunakan alamat email sesuai e-bill, dan untuk pelanggan prabayar dapat menggunakan email pribadi.
  • Ukuran dokumen yang diunggah dianjurkan untuk tidak melebihi 10 MB per dokumennya.
  • Kartu pengganti akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pelanggan dan dalam kondisi terblokir (tidak dapat menerima panggilan, SMS, dan akses internet).

Saat ini proses pengiriman ganti kartu via online sudah dapat dilakukan oleh mitra Telkomsel berikut ini:

  1. JNE
  2. SiCepat
  3. Apabila domisili Anda di luar wilayah tersebut, silakan mengunjungi MyGraPARI dan GraPARI terdekat.
  4. Apabila nomor Anda terhubung dengan layanan perbankan, layanan ganti kartu hanya bisa dilakukan di GraPARI terdekat.

Berita Lainnya

Leave a Comment