Home Life Trend Teknologi Digital Merambah Industri Kopi
kopi

Teknologi Digital Merambah Industri Kopi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Hari gini siapa yang tidak minum kopi. Kalangan tua hingga milenial muda menggandrungi minuman ini. Bentuknya pun semakin bervariasi. Meminum kopi kini sudah menjadi gaya hidup di Indonesia. Bahkan dunia.

Besarnya pangsa pasar membuat kedai kopi kini bertebaran di penjuru negeri. Di perkotaan sampai pedesaan. Mulai dari kedai tradisional sampai modern, Indonesia pun tak mau ketinggalan. Sederet kedai kopi lengkap hadir di tanah air.

Baca juga : 3 Smartband yang Dapat Mengetahui Indikasi Corona Virus!

Ramainya industri kopi saat ini, tidak terlepas juga dari pemanfaatan teknologi digital yang ada saat ini, hal ini disampaikan  Evani Jesslyn, Founder of First Crack Coffee saat berbicara dalam event BrewFest 2020, Urban Coffee & Tea Festival di Senayan City Jakarta, Jumat (21/02/2020)

Evani mengatakan, pengusaha kopi saat ini harus melek bahkan memanfaatkan teknologi digital. Misalkan ada platform yang bisa dimanfaatin seperti Grab dan Gojek yang bisa membantu kita meningkatkan revenue dalam hal pengorderan.

“Contohnya kalau selama ini kita berdagang dengan menunggu orang datang untuk mendapatkan revenue. Tapi sekarang kita juga bisa memanfaatkan platform tersebut untuk mempermudah pelanggan memesan tanpa harus repot-repot dateng ke coffee shop dan langsung mendapatkan pesenan mereka di mejanya,” ungkap Evani saat di wawancarai infogadgets.info secara khusus.

lebih lanjut, pemanfaatan digital selanjutnya dalam hal pembayaran. Seperti diketahui anak muda sekarang malas membawa uang cash, atau membawa kartu debet dan kredit. Jadi dengan adanya metode pembayaran digital seperti OVO, Gopay itu sangat membantu pelanggan dan pengusaha coffee shop.

Selanjutnya kita juga ada teknologi digital lainnya yang bisa membantu day-to-day pengoperasian cafe secara struktur dan terprogram. “Jadi perogram tersebut bisa dijalankan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan dan tentunya memudahkan dalam pemantauan,” ungkapnya

Terakhir, kita juga dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, whatsapp, dll yang bisa kita manfaatkan untuk promosi sehingga biaya yang dikeluarkan dapat ditekan dan tentunya revenue akan meningkat.

Di event yang sama Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood Indonesia juga mengatakan, saat ini pengusaha kopi harus memanfaatkan teknologi digital seperti Grabfood yang kita miliki.

Baca juga : Facebook Cafe Hadir di Jakarta

“Grabfood dapat menghubungkan antar konsumen dan para merchants sehingga memudahkan konsumen untuk pemesanan makanan atau minuman,” unkapnya.

BrewFest 2020, merupakan acara yang mempertemukan para pelaku bisnis, pemilik brand hingga pemain baru untuk berkumpul dan bertukar informasi yang digagas oleh Toffin Indonesia berkolaborasi dengan Cikopi.com. Brewfest 2020, merupakan festival Coffee and Tea pertama di Indonesia.

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment