Jajaran Fitur dan Inovasi Baru di Windows 10

windows-10-interface

infogadgets.info – Windows 10 telah resmi diperkenalkan. Banyak hal baru yang ditawarkan sistem operasi terbaru Microsoft itu. Windows 10 akan hadir sebagai layanan yang menawarkan pengalaman lebih aman, inovatif, dan terbaru, untuk mendukung perangkat seumur hidup. Berikut hal baru nan menarik yang ditawarkan Windows 10 kepada penggunanya.

Windows 10 Bikin Komputasi Menjadi Lebih Personal
Windows 10 menandai permulaan dari era komputasi personal, di mana teknologi menghilang dan orang-orang menjadi pusatnya. Di era ini, bukan mobilitas perangkat yang penting, melainkan pengalaman menggunakan perangkat mobile. Pengalaman harus dapat diperoleh dengan mudah dari perangkat manapun. Pengguna juga harus dapat secara alami berinteraksi dengan teknologi, seperti saat mereka berinteraksi dengan orang lain-dengan suara, gerak tubuh, ataupun tatapan. Perlindungan privasi memegang peranan penting dalam memberikanpengalaman terpercaya yang membuat orang mampu mengendalikan sendiri pengalaman mereka.

Pada hari Rabu waktu setempat, Microsoft menampilkan berbagai pengalaman baru yang ada di Windows 10, termasuk diantaranya adalah sebagai berikut:

Cortana Hadir di PC dan Tablet. Asisten pribadi Cortana, yang memulai debutnya pada Windows Phone tahun lalu, kini juga tersedia pada Windows 10 PCdan tablet untuk membantu pengguna menyelesaikan keperluan mereka sehari-hari. Cortana adalah asisten pribadi yang memiliki kemampuan untuk mempelajari preferensi pengguna agar dapat memberikan rekomendasi yang relevan, akses yang cepat terhadap informasi penting,  serta hal-hal penting yang menarik bagi individu terkait. Interaksi dapat dilakukan secara alami dan mudah melalui suara maupun ketikan, dengan fitur-fitur canggih yang dapat mengendalikan Cortana agar lebih terpercaya serta transparan.

Browser Baru “Proyek Spartan”. Windows 10akan menyediakan browser baru Microsoft, yang saat ini masih disebut sebagai “Proyek Spartan,” yang dibangun dengan tujuan untuk memiliki interoperabilitas. Melalui berbagai fitur utama yang sudah ada pada browser, penemuan dan pencarian menjadi lebih terpercaya. Beberapa fitur paling canggih yang terdapat dalam browser meliputi kemampuan untuk menambahkan keterangan di halaman web yang tengah diakses secara langsung, entah itu dengan keyboard ataupun pena, dan kemudian dapat dibagikan kepada teman-tema secara lebih mudah. Selain itu, browser juga menyediakan tampilan baca yang bebas gangguan dan mampu menampilkan artikel dalam tata letak yang disederhanakan demi pengalaman membaca yang baik bagi artikel online serta offline. Integrasinya dengan Cortana dapat digunakan untuk mencari dan melakukan hal-hal online secara lebih cepat. Semua ini ditawarkan dengan tampilan baru yang dibangun hanya untuk Windows 10.

Xbox Live dan Aplikasi Xbox Baru. Xbox pada Windows 10 memungkinkan gamer dan developer untuk mengakses jaringan game Xbox Live yang luaspada Windows10 PC serta Xbox One. Gamer dapat meng-capture, mengedit, dan membagikan momen game terbaik mereka melalui Game DVR. Mereka juga dapat bermain game baru dengan teman-teman mereka melalui perangkat apapun, yang menghubungkan jutaan gamer di seluruh dunia. Game yang dikembangkan untuk aplikasi pemrograman interface baru Windows 10, yakni DirectX12, akan menampilkan perbaikan dalam kecepatan, efisiensi, maupun kemampuan grafis. Gamer juga dapat bermain game di PCmereka, langsung dari Xbox One yang dikontrol untuk Windows 10 tablet maupun PC, di rumah masing-masing.

Office di Windows 10. Aplikasi Office di Windows 10 menawarkan pengalaman sentuh pertama yang dapat dirasakan dari perangkat apapun. Versi baru dari Word,Excel, PowerPoint, OneNote, dan Outlook dirancang untuk Windows, dikembangkan untuk bekerja melalui sentuhan, dan menawarkan pengalaman Office yang telah pelanggan ketahui serta cintai. Dengan fitur-fitur yang telah familiar di Office, pengguna dapat membuat dan mengedit dokumen Word dengan mudah. Fitur baru berupa tintadi PowerPoint, membiarkan pengguna untuk dapat membubuhi keterangan slide secara real time. Kontrol sentuh pertama baru di Excel memudahkan pengguna untuk membuat dan memperbarui spreadsheet tanpa keyboard ataupun mouse. Versi berikutnya dari Office suite desktop juga sedang dalam pengembangan. Microsoft akan memiliki lebih banyak materi lagi yang dapat disampaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Tambahan fitur dan inovasi Windows 10 yang telah disampaikan pada hari ini adalah sebagai berikut:

  • Mode Continuum. Pada perangkat 2-in-1, Windows 10 akan dapat berpindah secara mudah dari keyboard, mouse, sentuhan, maupun tablet karena Windows 10 dapat mendeteksi transisi yang memungkinkan peralihan mode secara nyaman.
  • Aplikasi universal baru. Windows 10 menawarkan aplikasi yang memberikan pengalaman baru, konsisten di seluruh kontinum perangkat, untuk foto, video, musik, peta, people & messaging, serta mail & calendar. Aplikasi-aplikasi built-in ini memiliki desain terbaru yang terlihat dan terasa sama antar aplikasi serta antar perangkat. Konten disimpan dan diselaraskan melalui OneDrive, memungkinkan pengguna untuk memulai sesuatu pada satu perangkat dan melanjutkannya di perangkat yang lain.

“Segala sesuatu tentang Windows 10–pengalamannya, diberikan sebagai layanan melalui freeupgrade– yang berarti bahwa Windows 10 bukanlah sekedar produk baru, melainkan suatu hubungan yang berkelanjutan–hal yang dapat memberikan nilai berkelanjutan bagi semua pelanggan kami,” ujar Terry Myerson, Executive Vice President, Operating Systems Group, Microsoft.

“Generasi baru dari Windows merupakan komitmen. Komitmen untuk membebaskan orang-orang dari kerumitan teknologi dan memungkinkan mereka untuk mengerjakan hal-hal luar biasa,” lanjutnya.