Home GadgetHome Appliances Samsung Luncurkan QLED 8K TV pada CES 2020
QLED 8K

Samsung Luncurkan QLED 8K TV pada CES 2020

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Samsung Electronics  memperkenalkan generasi terbaru jajaran QLED 8K pada CES 2020 di Las Vegas, yang menawarkan teknologi layar masa depan. Salah satunya seri terbaru Q950TS QLED 8K, yang merupakan TV pertama di industri yang menghadirkan audio surround-sound, resolusi nyata 8K dalam wujud ultra tipis yang menawan.

Ditambah lagi, kemampuan rangkaian fitur pintar oleh Tizen, menjadikannya sangat mudah bagi konsumen dalam menggunakan voice commands dan mengakses fitur baru seperti Tap View, Digital Butler dan Samsung Health.

“Resolusi 8K memiliki potensi untuk mentransformasi industri. Ukuran layar lebih dari 75 inch adalah segmen yang paling cepat bertumbuh di pasar dan segmen tersebut adalah tempat dimana resolusi 8K paling berperan,” jelas Joe Stinziano, Head of Consumer Electronics Business Samsung Electronics America.

Baca juga : LG TV 8K Dengan Prosesor AI Debut Perdana di CES 2020

Jajaran Samsung 8K 2020 mendemonstrasikan kekuatan potensial ini. Ia menghadirkan kemampuan imersif tak terhingga dan fitur pintar tak tertandingi yang dapat mendayagunakan pengguna untuk lebih mudah mengejar passion mereka dan lebih komprehensif daripada sebelumnya.

Pembaruan sepenuhnya pada desain TV, Q950 mengeliminir bezel di sekitar layar untuk menciptakan sebuah rasio screen-to-body mencapai hampir 99%, yang terbesar di pasaran. Saat menyaksikan dari jarak 3 hingga 4,5 meter jauhnya, konsumen dapat menikmati efek infinity screen. Q950 hanya setipis 15 milimeter untuk keseluruhan layar.

Jajaran QLED 8K 2020 mengadopsi resolusi 8K yang hadir telah memenuhi ketentuan 8K Associations Certified Test Specifications dan juga CTA 8K Ultra HD Display Definition.

Pada waktu yang bersamaan, jajaran QLED 8K menjadi yang pertama kali pada industri yang mendukung pemutaran konten 8K asli. Pada 2020, konsumen dapat menikmati video AV1 codec yang direkam dalam format 8K pada TV QLED 8K. Seluruh TV Samsung pada rangkaian 8K 2020 akan memiliki kemampuan ini secara build in.

Q950 juga memiliki AI ScaleNet yang memastikan koneksi streaming yang mulus dengan mengoptimalkan bandwidth jaringan yang tersedia.

Untuk Suara Q950 dilengkapi dengan speaker di setiap sudut layar, yang memiliki sub-woofers di bagian belakang. Ketika dikombinasikan dengan Object Tracking Sound+, yang menggunakan software AI untuk mampu menandingi kecepatan suara audio dengan pergerakan object pada layar, Q950 dapat menghasilkan 5.1 channel surround sound yang jelas dan tajam.

Q950 juga dapat menyesuaikan volume dialog sebagai respon untuk suara latar seperti blender atau vacuum cleaner. Active Voice Amplifier (AVA) membantu 40% dari konsumen U.S yang mengatakan bahwa suara-suara seperti ini cenderung mengganggu ketika menonton TV, dengan mendeteksi jenis suara tersebut dan secara otomatis meningkatkan kejernihan suara.

Q950 juga secara unik mampu menggunakan built-in speaker yang tertanam di dalamnya sebagai audio channel tambahan ketika terkoneksi dengan soundbar Q Series 2020 seperti Q800, yang telah mendapatkan penghargaan Best of Innovation CES 2020. Q-Symphony memadukan audio dari kedua device secara bersamaan untuk menciptakan suara yang dinamis dan multimensi.

Q950 memiliki Universal Guide yang baru dan makin berkembang yang menggunakan algoritma berbasis AI untuk menganalisa tipe konten yang ditonton konsumen, demikian pula dengan channel layanan dan TV yang paling sering digunakan, untuk menawarkan rekomendasi yang telah disesuaikan dengan kebiasaan serta selera konsumen yang spesifik.

Baca juga : Padukan Teknologi dan Seni, Samsung Luncurkan The Frame 2019 & The Serif 

Sebagai tambahan, banyak konsumen yang menggunakan smartphone ketika menonton konten pada TV mereka meskipun sulit untuk melihat keseluruhan cerita pada dua device sekaligus. Multi-View memastikan para konsumen tersebut tidak akan melewatkan apapun pada kedua layar dengan memproyeksikan layar smartphone pada TV dan menampilkan jendela terpisah pada konten TV. Dengan 14 layout berbeda, pengguna dapat menyesuaikan pengalaman menonton mereka, mulai side-by-side hingga picture-in-picture bersamaan dengan opsi lainnya.

Untuk menciptakan lebih banyak pengalaman yang lebih efisien bagi konsumen, Q950 juga menawarkan kemampuan mirroring pada smartphone dan mengontrol device yang terdapat di rumah. Tap View memungkinkan konsumen untuk mirror layar smartphone pada TV hanya dengan menyentuh dua device bersamaan. Bersama dengan Digital Butler, konsumen dapat mengontrol lebih banyak device daripada sebelumnya dengan menggunakan teknologi infrared untuk mendeteksi dan mengontrol device non-IoT di dalam rumah.

Berita Lainnya

Leave a Comment