Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy Z Flip vs Motorola Razr : Perbandingan Spesifikasi
Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip vs Motorola Razr : Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Motorola mungkin salah satu produsen yang menciptakan trend ponsel lipat yang termasuk sukses dengan seri Razr beberapa tahun silam. Kali ini Motorola menciptakan bentuk baru yang lebih mewah sebagai suksesor dari Razr dengan berbagai kelebihan yang dihadirkan.

Setelah Razr, bahkan Samsung datang dengan ponsel yang dapat dilipat yakni Galaxy Z Flip. Sama seperti Motorola Razr, lipatannya menjadi dua dan memiliki layar eksternal yang menampilkan notifikasi dan hal-hal penting lainnya.

Baca juga : Mewah, Begini Tampilan Galaxy Z Flip Edisi Thom Browne

Tetapi filosofi desain mana yang terbaik dan mana yang dapat terbaik dalam hal spesifikasi? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kami memutuskan untuk membuat artikel perbandingan spesifikasi antara Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr.

Desain

Motorola Razr kali ini bisa dibilang kebangkitan ponsel lipat yang ikonik, yang merupakan salah satu perangkat yang sukses  di era feature Phone. Jadi desainnya pasti lebih menarik daripada Galaxy Z Flip, setidaknya menurut kami. Galaxy Z Flip tidak diragukan lagi merupakan ponsel yang elegan dan mengingat bahwa layarnya yang dapat dilipat dapat ditempatkan di beberapa sudut bahkan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih inovatif, tetapi Motorola Razr adalah yang paling menakjubkan dalam hal estetika. Lapisan resistant Ultra Thin Glass ditemukan pada Samsung Galaxy Z Flip yang seharusnya membuat tampilan lebih tahan lama, tetapi di sisi lain, itu memudahkan goresan.

Layar

Layar lipat internal terbaik adalah yang terpasang pada Samsung Galaxy Z Flip. Ini memiliki resolusi yang lebih tinggi, kualitas gambar yang lebih baik, dapat dibuka di berbagai sudut (dan tidak hanya datar) dan bahkan memiliki fitur HDR10 +.

Tetapi ketika menyangkut tampilan eksternal, Motorola Razr menang. Galaxy Z Flip hanya memiliki layar mini 1,1 inci yang hanya dapat menampilkan notifikasi dan beberapa hal lainnya, sementara Motorola Razr memiliki layar eksternal 2,7 inci yang lebar yang memungkinkan untuk mengambil foto narsis, menjawab panggilan dan melakukan banyak tugas canggih lainnya. Anda dapat menggunakan sebagian ponsel saat dilipat, dan Anda tidak dapat melakukannya dengan Samsung Galaxy Z Flip.

Baca juga : Dibandrol Rp 21 Jutaan, Pre Order Galaxy Z Flip Ludes Dalam 66 Menit

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Mengenai perangkat keras, Motorola Razr merupakan ponsel di segmen mid-ranger. Ini didorong oleh chipset Snapdragon 710 dipasangkan dengan RAM 6GB dan 128GB penyimpanan internal. Tidak ada yang istimewa untuk perangkat yang harganya lebih dari Rp 15jutaan. Galaxy Z Flip merupan ponsel flagship dengan dapur pacu Snapdragon 855+ yang dipasangkan dengan RAM 8 GB. Lebih jauh, tidak seperti Motorola Razr, Galaxy Z Flip memiliki OS Android 10. Namun sayangnya, tidak satu pun dari perangkat ini yang mendukung konektivitas 5G. Motorola Razr bahkan tidak memiliki slot SIM: perangkat ini bergantung pada teknologi eSIM. Samsung Galaxy Z Flip tentunya jauh lebih unggul untuk perangkat keras dan perangkat lunak.

Kamera

Galaxy Z Flip adalah ponsel kamera yang jauh lebih baik daripada Motorola Razr. Ponsel lipat Ini tidak memungkinkan pemotretan selfie melalui kamera belakang ganda seperti Motorola Razr, tetapi memiliki kamera selfie 10 MP yang cukup bagus. Di sisi belakang, Galaxy Z Flip dilengkapi dengan kamera ganda termasuk OIS dan sensor ultrawide. Motorola Razr hanya memiliki satu sensor tunggal dan dapat dianggap sebagai ponsel kamera kelas menengah.

Baterai

Bahkan di sisi baterai, Samsung Galaxy Z Flip lebih unggul dengan baterai dengan kapasitas 3300 mAh. Keduanya memiliki fitur pengisian daya 15W cepat, tetapi Samsung Galaxy Z Flip adalah satu-satunya dengan pengisian Qi wireless charging. Motorola Razr memiliki baterai 2510 mAh. Kami memang belum menguji baterai Galaxy Z Flip, tetapi mengingat kapasitasnya, pasti akan jauh lebih baik.

Harga

Anda membutuhkan sekitar Rp 21 jutaan untuk membeli Samsung Galaxy Z Flip. sedangkan Motorola Razr, di pasar Eropa dibandrol kisaran harga Rp. 15 jutaan. Pandangan kami tidak ada keraguan, Galaxy Z Flip adalah ponsel lipat yang lebih maju berkat perangkat keras yang lebih baik, kamera yang lebih baik, dan masa pakai baterai yang lebih lama.

Bahkan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih canggih saat dibuka (tetapi tampilan eksternal Motorola Razr memungkinkan melakukan lebih banyak saat ponsel dilipat). Tetapi jika kita berbicara tentang desain saja, maka efek nostalgia yang disediakan oleh Motorola Razr tidak memiliki saingan.

Berita Lainnya

Leave a Comment