Home Gadget Samsung Galaxy Tab S7+ vs iPad Pro vs Huawei MatePad Pro: Perbandingan Spesifikasi
Galaxy Tab S7+

Samsung Galaxy Tab S7+ vs iPad Pro vs Huawei MatePad Pro: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaSamsung merilis jajaran tablet andalan barunya dan sepertinya kali ini raksasa Korea tersebut sangat serius dalam menghadirkan tablet dengan produktivitas terbaik meski sudah menjalankan sistem operasi Android. Kami pikir tidak ada cara yang lebih baik untuk memahami potensi Samsung Galaxy Tab S7+ (varian kelas atas dari jajaran baru) daripada membandingkannya dengan tablet andalan dari produsen smartphone lain. Jika kami mengecualikan tablet Samsung, tablet terbaik yang dirilis dari merek teratas di pasar smartphone adalah Huawei MatePad Pro dan iPad Pro terbaru. Perhatikan bahwa iPad Pro 2020 hadir dalam dua varian dengan layar 11 dan 12,9 inci yang jelas mengusung harga berbeda.

Baca juga : Samsung Galaxy A31 vs Samsung Galaxy A51: Apa Perbedaannya?

Desain

Semua tablet ini hadir dengan estetika luar biasa dan desain terindah yang terlihat di pasar tablet. Semuanya menampilkan bezel yang sangat sempit di sekitar layarnya, serta desain unibody aluminium. Kami menyukai Samsung Galaxy Tab S7+ karena lebih tipis dari para pesaingnya. Apple iPad Pro lebih ringan, sedangkan Huawei MatePad Pro lebih kompak karena layarnya yang lebih kecil. Mereka semua mendukung stylus, tetapi salah satu Galaxy Tab S7+ hadir dengan fitur yang lebih canggih dan kinerja yang luar biasa, termasuk waktu respons 9 ms seperti Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Layar

Layar paling canggih milik Samsung Galaxy Tab S7+. Pertama-tama, ini adalah satu-satunya yang menggunakan panel AMOLED. Lebih lanjut, ia memiliki kecepatan refresh 120 Hz, sedangkan Huawei MatePad Pro tidak. IPad Pro juga 120 Hz, tetapi hanya dilengkapi dengan panel IPS. Panel IPS yang sangat bagus, tetapi warna yang disediakan oleh panel AMOLED dari Galaxy Tab S7+ dan sertifikasi HDR10 +-nya mampu memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Perhatikan bahwa Huawei MatePad Pro memiliki panel 10,8 inci yang lebih kecil, sedangkan Galaxy Tab S7+ mengusung layar 12,4 inci dan iPad Pro tersedia dalam dua varian dengan panel 11 dan 12,9 inci.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Di atas kertas, departemen dapur pacu paling canggih adalah milik Samsung Galaxy Tab S7+ yang didukung oleh chipset  Snapdragon 865+ baru yang dipasangkan dengan RAM hingga 8GB dan memori internal UFS 3.0 hingga 256GB. Namun meski begitu, iPad Pro mampu memberikan performa yang sangat mirip berkat optimalisasi sistem operasi iPadOS yang lebih baik. Bahkan hadir dengan fitur produktivitas yang lebih menarik dan lebih banyak aplikasi produktivitas daripada Android. Beberapa aplikasi profesional hanya tersedia untuk iPadOS, setidaknya untuk saat ini. Tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa Samsung Galaxy Tab S7 + menawarkan pengalaman desktop yang luar biasa, terutama saat terhubung ke monitor eksternal dengan fitur DeX.

Kamera

IPad Pro memenangkan perbandingan kamera. Perangkat ini memiliki pengaturan tiga kamera di sisi belakang, termasuk pemindai LiDAR yang mampu melacak kedalaman dengan cara yang sangat akurat untuk peralatan AR dan VR. Medali perak diraih oleh Samsung Galaxy Tab S7+ yang hadir dengan kamera ganda ultrawide. Huawei MatePad Pro masih hadir dengan kamera belakang yang layak, tetapi lebih rendah dari keduanya. Perhatikan bahwa dalam setiap perangkat, kami jauh dari ponsel kamera teratas dan mendekati mid-rangers dalam hal kinerja kamera.

Baca juga: Redmi 9 vs Redmi Note 9 vs Redmi Note 9 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Perangkat Samsung terbaru ini  memiliki baterai terbesar dan seharusnya memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dengan sekali pengisian daya. Setelah itu, ada iPad Pro yang masih hadir dengan baterai yang mumpuni. Tetapi Huawei MatePad Pro adalah satu-satunya yang mendukung pengisian nirkabel, serta pengisian nirkabel terbalik. Selain itu, teknologi pengisian kabelnya lebih cepat dengan daya 40W.

Harga

Samsung Galaxy Tab S7+ mulai dari Rp 12 jutaan, Huawei MatePad Pro (versi 4G) dapat dengan mudah ditemukan dengan harga kurang dari Rp 8,5 jutaan, dan iPad Pro mulai dari Rp 10 jutaan. Jika Anda memilih Huawei MatePad Pro memungkinkan penghematan banyak uang, tetapi tidak memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik di kategori tablet. IPad Pro memiliki kamera yang lebih baik, OS yang lebih menarik untuk produktivitas, dan kinerja yang luar biasa, sementara Samsung Galaxy Tab S7+ menyediakan stylus, layar, dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Berita Lainnya

Leave a Comment