Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12: Perbandingan Spesifikasi
Galaxy S21 vs iPhone 12

Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Sudah waktunya kami membandingkan spesifikasi Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12. Ya, keduanya merupakan perangkat flagship yang banyak dinanti para fans-nya. Karena Samsung baru saja mengumumkan Galaxy S21 barunya di acara Unpacked pada tanggal 14 Januari, dan siap bersaing dengan jajaran iPhone 12.

Seperti apa perbandingannya? berikut perbandingan yang tidak terlalu detail ini, Namun paling tidak bisa menjadi acuan Anda ketika memilih salah satunya.

Baca juga: Chip Battle: Exynos 2100 vs Snapdragon 888

Galaxy S21 vs iPhone 12

Desain

Apple tidak membuat terlalu banyak perubahan radikal pada desain iPhone 12, memilih untuk beralih dari tepi melengkung ke desain yang lebih datar yang mengingatkan pada iPhone 5. Perubahan terbesar dalam desain iPhone 12 adalah sesuatu yang tidak Anda lihat. Ada layar Cermaic Shield yang dirancang cukup kuat. Seperti Samsung yang juga menggembar-gemborkan peningkatan daya tahan juga dengan “kaca depan terkuat yang pernah ada”.

Perubahan terbesar Samsung dengan desain Galaxy S21 adalah housing kamera Contour Cut, yang secara estetika mengintegrasikan trio kameranya ke dalam sasis ponsel. Terlihat paling mencolok pada model Phantom Violet, di mana housing kamera metalik sangat berbeda dari sasis lainnya.

Tidak seperti jajaran Apple, tidak ada versi mini dari Galaxy S21, dan ketiga model memiliki layar lebih dari 6 inci. S21 akan menjadi yang terkecil dari tiga ponsel baru dengan panel OLED 6,2 inci, sedangkan S21 Plus dan S21 Ultra menampilkan layar 6,7 dan 6,8 inci.

Layar

iPhone menggunakan Layar dengan bentang 6,1 inci, akan tetapi masih menggunakan refrest rate 60Hz. Sedangkan  Galaxy S21 akan mempertahankan salah satu keunggulan terbesarnya dibandingkan iPhone 12, yakni 120Hz refresh rate yang memberikan guliran halus dan pengalaman gaming yang lebih baik.

Galaxy S21 dan S21 Plus memiliki teknologi tampilan kecepatan refresh adaptif – yang secara dinamis menyesuaikan tergantung pada aktivitas di layar Anda – untuk membantu menghemat daya baterai. Itu adalah kemampuan yang diperkenalkan Samsung dengan Galaxy Note 20 Ultra, dan itu menjadikan perangkat itu salah satu ponsel Android terbaik tahun ini.

Kamera

Keempat model iPhone 12 adalah ponsel kamera terbaik yang dapat Anda beli, baik Anda memilih lensa belakang ganda yang terdapat pada iPhone 12 mini dan iPhone 12 atau pengaturan tiga kamera pada ponsel iPhone 12 Pro. Itu karena perangkat keras hanya menceritakan sebagian cerita untuk fotografi Apple. Penggunaan chipset A14 Bionic Apple juga menghadirkan banyak fitur fotografi komputasi yang membantu setiap  bidikan yang superior.

Pendekatan Samsung tampaknya akan membanjiri persaingan dengan perangkat keras. Galaxy S21 memiliki fitur pengaturan kamera yang sama dengan Galaxy S20 – penembak utama 12MP bersama dengan sensor ultrawide 12MP dan lensa telefoto 64MP.

Galaxy 21 juga mendapatkan Space Zoom, pembesaran 30x digital, dan Zoom Lock untuk menjaga subjek Anda tetap berada di tengah, dan tetap fokus.

Performa

Satu area di mana Galaxy S21 mungkin mengalami persaingan sengit. Pasalnya penggunaan chipset A14 Bionic di dalam iPhone terbaru ini merupakan  prosesor seluler berkinerja terbaik yang telah teruji, dan ini menjadi standar tinggi untuk chipset lainnya.

Di dalam Galaxy S21 menggunakan Qualcomm Snapdragon 888 dan ada juga yang menggunakan Exynos 2100. Sementara  Qualcomm  menjanjikan memberikan peningkatan 25% dalam kinerja keseluruhan dibandingkan Snapdragon 865; Demikian pula, GPU Adreno 660 harus meningkatkan kecepatan rendering grafis hingga 35% dibandingkan chipset sebelumnya.

Itu mungkin tidak cukup untuk mengalahkan iPhone 12 dalam tes pembandingan, karena angka Snapdragon 888 Qualcomm sendiri untuk tidak mengalahkan iPhone 12.

Baterai

Masa pakai baterai bisa menjadi salah satu area di mana Samsung dapat menjelaskan perbedaan mencolok antara ponselnya dan iPhone 12. Model baru Apple (kecuali untuk iPhone 12 Pro Max) berjuang dengan masa pakai baterai yang boros. Mungkin itu tidak mengherankan mengingat ini adalah ponsel 5G pertama Apple dan 5G dapat membebani baterai perangkat. Dengan pengalaman dua tahun membuat handset 5G, seharusnya Samsung bisa menguasai manajemen daya dengan Galaxy S21.

Jangan berharap perubahan besar dalam kapasitas baterai pada jajaran Galaxy S21. S21 memiliki daya 4.000 yang sama seperti yang ditemukan pada pendahulunya, dan Galaxy S21 Plus mendapat penambahan kecil dari baterai S20 Plus 4.500 mAh menjadi baterai 4.800 mAh. Diperkirakan bahwa chipset Snapdragon 888 yang lebih hemat daya dan modem 5G terintegrasi akan membantu meningkatkan masa pakai baterai pada ponsel S21, meskipun baterainya sendiri tidak jauh lebih besar.

Secara mengejutkan, Samsung mengikuti salah satu keputusan Apple yang lebih kontroversial dengan iPhone 12. Ponsel Galaxy S21, seperti iPhone baru, dalam paket pembelian tanpa pengisi daya, yang menurut Apple lebih ramah lingkungan.

Perangkat Lunak dan Fitur Khusus

Galaxy S21 akan menggunakan Android 11 yang sudah diinstal sebelumnya, tetapi pembaruan di masa depan akan dilakukan dengan seiiringnya waktu. Samsung telah meluncurkan kebijakan baru untuk mendukung perangkatnya dengan tiga pembaruan Android, tetapi itu biasanya tertinggal dari rilis Google beberapa bulan. Android 11 baru saja diluncurkan ke flagships Galaxy saat ini, misalnya, meskipun pembaruannya keluar pada bulan September.

Pengguna iPhone tidak memiliki masalah itu, tentu saja, karena pembaruan iOS tersedia pada waktu yang sama untuk semua orang. Itu berarti iPhone 12 menjalankan perangkat lunak iOS 14 terbaru, dan ketika iOS 15 keluar nanti tentunya akan bekerja di setiap model iPhone 12.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 vs Samsung Galaxy Note 20: Perbandingan Spesifikasi

Kesimpulan

Banyak yang harus terjadi sebelum pemenang muncul dalam duel Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12, yang terpenting adalah proses peninjauan dan pembandingan. Dari apa yang muncul sejauh ini, ponsel Samsung menampilkan layar yang menyegarkan dengan cepat, lensa telefoto yang ditingkatkan, dan masa pakai baterai yang berpotensi lebih baik.

iPhone masih memiliki kamera dan prosesor pengaturan kelasnya sebagai argumen yang mendukungnya dan pembaruan iOS yang mulus tetap menjadi fitur yang tidak bisa ditawarkan ponsel Android.

Berita Lainnya

Leave a Comment