Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy S21 vs Asus Zenfone 8: Perbandingan Spesifikasi
Asus Zenfone 8

Samsung Galaxy S21 vs Asus Zenfone 8: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan utama, malah kadang orang yang tidak bisa berpergi tanpanya. Pada saat yang sama, masih ada perusahaan yang merilis flagships dengan bentuk kompak salah satunya ASUS yakni Asus Zenfone 8 keluar. Ini adalah flagship pertama yang sangat kompak yang menawarkan spesifikasi yang mumpuni. Tapi apakah ini flagship kompak terbaik yang bisa Anda dapatkan tanpa menghabiskan banyak uang? Untuk memberi tahu Anda, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan flagship kompak lainnya Samsung Galaxy S21.

Baca juga: Chip Battle: Exynos 2100 vs Snapdragon 888

Asus Zenfone 8

Desain

Kami suka desain Samsung Galaxy S21 yang terlihat sangat elegan dan futuristik, jelas terlihat lebih baik daripada Asus Zenfone 8, bahkan dengan rasio layar-ke-tubuh yang lebih tinggi dan bodi lebih tipis. Namun di sisi lain, Asus Zenfone 8 jauh lebih ringkas dibandingkan Samsung Galaxy S21 5G. Kedua ponsel tahan air dan tahan debu dengan sertifikasi IP68, dan keduanya memiliki kaca belakang yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus. Apakah Anda lebih suka smartphone yang paling indah atau yang paling ringkas?

Layar

Samsung Galaxy S21 dan Asus Zenfone sangat dekat dalam hal kualitas layar. Tapi Samsung Galaxy S21 adalah smartphone yang sedikit lebih baik. Perangkat ini memiliki panel AMOLED dengan tingkat kecerahan lebih tinggi dan dilihat dari spesifikasinya, kami juga berpikir akan mereproduksi gambar dengan lebih baik. Perangkat ini juga merupakan panel yang lebih lebar dan dilengkapi dengan pembaca sidik jari dalam layar ultrasonik yang lebih baik. Tetapi Asus Zenfone 8 tetap menjadi ponsel dengan layar yang luar biasa yang  memiliki resolusi Full HD+, Tingkat kecerahan yang tinggi, sertifikasi HDR10+, dan kecepatan refresh 120 Hz, serta pembaca sidik jari dalam layar. Dengan diagonal yang lebih kecil (hanya 5,9 inci), lebih mudah digunakan dengan satu tangan.

Spesifikasi & Software

Samsung Galaxy S21 dan Asus Zenfone 8 ditenagai oleh platform mobile Snapdragon 888 dan untuk pasar Indonesia menggunakan Exynos 2100, yang merupakan prosesor terbaik yang dirilis oleh Qualcomm san samsung. Tetapi Asus Zenfone 8 dapat mengandalkan konfigurasi memori yang lebih baik, dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256GB. Di sisi lain, Samsung Galaxy S21 memberikan pengalaman perangkat lunak yang lebih canggih dengan One UI berbasis Android 11. Dan kami pribadi lebih suka memiliki perangkat lunak yang lebih baik daripada lebih banyak RAM.

Kamera

Samsung Galaxy S21 memiliki pengaturan kamera yang unggul, terdiri dari sensor utama 12 MP dengan OIS, kamera telefoto 64 MP yang memukau dengan zoom optik dan OIS, dan kamera ultrawide 12 MP. Perangkat juga menyediakan kamera depan 10 MP yang luar biasa yang merekam video 4K. Sayangnya, Asus Zenfone 8 tidak memiliki sensor telefoto: ia hanya memiliki kamera utama 64 MP dan sensor ultrawide 12 MP. Di panel depan, Anda mendapatkan lubang dengan kamera selfie 12 MP.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Asus Zenfone 8 dan Samsung Galaxy S21 memiliki kapasitas baterai yang sama. Bodinya yang ringkas tidak dapat memuat baterai besar, jadi mereka mengirim hanya dengan 4000 mAh. Tapi mereka cukup untuk sehari penggunaan moderat. Masa pakai baterai mereka harus serupa karena komponennya juga serupa. Namun ada perbedaan penting: Samsung Galaxy S21 mendukung pengisian nirkabel, sedangkan Asus Zenfone 8 tidak.

Harga

Samsung Galaxy S21 dibanderol dengan harga sekitar Rp 12 jutaan di pasar global (untuk varian 12/128 GB), sedangkan Asus Zenfone 8 mulai dari Rp 11 jutaan. Pada akhirnya, Samsung Galaxy S21 adalah ponsel yang unggul karena tampilannya yang lebih baik, pengisian daya nirkabel, dan kamera yang luar biasa. Namun Asus Zenfone 8 lebih ringkas dan bahkan lebih terjangkau, sehingga masih masuk akal untuk memilihnya bagi banyak orang.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment