Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy Note20 Ultra vs Galaxy S20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Samsung Galaxy Note20 Ultra vs Galaxy S20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Siapa bilang flagships baru selalu lebih baik dari yang lama? Tidak salah dan tidak juga benar. Samsung sudah secara resmi meluncurkan Galaxy Note20 Series secara golobal. Salah satu yang menonjol sudah pasti Galaxy Note20 Ultra yang membawa banyak fitur baru, tetapi tidak semua dari spesifikasinya lebih unggul dengan pendahulunya Samsung Galaxy S20 Ultra .

Ini juga tidak berarti bahwa Galaxy S20 Ultra lebih baik daripada Galaxy Note20 Ultra, tetapi itu tergantung pada jenis pengguna Anda jika Anda mencari flagship baru.

Perbandingan spesifikasi ini akan menyoroti semua perbedaan utama antara Samsung Galaxy Note20 Ultra dan Samsung Galaxy S20 Ultra dan, semoga, ini akan membuat Anda memahami mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda.

Baca juga: Redmi 9 vs Redmi 9A vs Redmi 9C: Perbandingan Spesifikasi

Galaxy Note20 Ultra

Desain

Di bawah sudut pandang desain, Samsung Galaxy Note 20 Ultra yang lebih berorientasi produktivitas memenangkan pertempuran. Perangkat ini memiliki rasio layar-ke-tubuh yang lebih tinggi dan hadir dalam varian warna matte yang indah yang disebut Mystic Bronze yang kami anggap pasti lebih indah daripada semua varian warna Samsung Galaxy S20 Ultra. Bahkan modul kameranya lebih elegan, dan kualitas pembuatannya lebih tinggi. Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki fitur perlindungan Gorilla Glass Victus baru dari Corning. Kedua ponsel tahan air dengan sertifikasi IP68. Meskipun hadirnya slot untuk S Pen, Samsung Galaxy Note20 Ultra lebih tipis dan ringan dari Galaxy S20 Ultra.

Layar

Hanya ada sedikit perbedaan dalam hal kualitas tampilan, jadi kami tidak terlalu fokus di sektor ini. Tetapi ada perbedaan penting yang akan membuat pengguna produktivitas memilih Samsung Galaxy Note20 Ultra: dukungan S Pen. Dengan S Pen, Anda dapat menulis tangan dan menggambar dengan akurasi yang sangat tinggi berkat digitizer aktif untuk stylus, Anda dapat mengontrol smartphone dari jarak jauh melalui Bluetooth dan bahkan dapat melakukan Air Gestures. Tombol fisik khusus S Pen juga memungkinkan pengambilan foto dari jarak jauh. Layar Samsung Galaxy Note20 Ultra sedikit lebih lebar karena itu Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki aspek rasio yang lebih tinggi.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Pada versi Snapdragon, Samsung Galaxy Note20 Ultra sebenarnya menawarkan chipset yang lebih baik dari Samsung Galaxy S20 Ultra. Ini didukung oleh Snapdragon 865+ yang menawarkan peningkatan 10% dalam kinerja CPU dan GPU, dibandingkan dengan Snapdragon 865 yang ditemukan pada Galaxy S20 Ultra. Namun dalam versi Exynos Galaxy Note20 Ultra dan Galaxy S20 Ultra memiliki SoC yang persis sama: Exynos 990.  Kedua ponsel menjalankan Android 10, tetapi Samsung Galaxy Note20 Ultra hadir dengan lebih banyak fitur produktivitas seperti DeX nirkabel dan integrasi yang dalam dengan layanan Microsoft.

Kamera

Bagian kamera Samsung Galaxy S20 Ultra lebih unggul dari yang ada di Galaxy Note20 Ultra. Kedua ponsel hadir dengan sensor utama 108MP yang sama, namun Galaxy S20 Ultra memiliki kamera periskop yang lebih baik dengan resolusi 48MP, serta kamera depan yang lebih baik dengan resolusi 40MP. Dengan Galaxy S20 Ultra, Anda bahkan mendapatkan tambahan kamera ToF 3D 0,3 MP yang tidak ada pada Note20 Ultra.

Baca juga: Samsung Care+: Cara Samsung Melindungi Desain Mewah Galaxy Note20 Series

Baterai

Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra lebih besar dan itu berarti menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama, mengingat kedua ponsel hadir dengan perangkat lunak yang sama dan spesifikasi serupa. Meskipun lebih besar, namun tetap mengisi daya lebih cepat berkat teknologi pengisian daya yang lebih cepat (daya 45W melawan 25W dari Note 20 Ultra).

Harga

Galaxy Note20 Ultra memiliki harga mulai Rp 17 jutaan, sedangkan Samsung Galaxy S20 Ultra mulai dari Rp 17 jutaan juga, tetapi sebenarnya jauh lebih terjangkau berkat harga yang sudah turun. Jika Anda adalah pengguna produktivitas dan lebih suka memiliki S Pen, Galaxy Note20 Ultra sebenarnya adalah pilihan yang lebih baik. Jika tidak, Samsung Galaxy S20 Ultra adalah ponsel unggulan karena kamera yang lebih baik dan masa pakai baterai yang lebih lama. Perhatikan bahwa di versi Exynos memiliki perangkat keras yang sama dan tampilan yang mirip dengan Galaxy Note20 Ultra, sedangkan di versi Snapdragon, hanya memiliki prosesor yang sedikit lebih baik.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment