Home GadgetSmartphone Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Huawei P40 Pro+ vs Oppo Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi
Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Huawei P40 Pro+ vs Oppo Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Samsung Galaxy Note20 Ultra saat ini salah satu smartphone paling mahal di pasaran namun dengan spesifikasi dan  fitur luar biasa. Tetapi apakah Samsung benar-benar merilis smartphone terbaik paruh kedua tahun 2020 atau Anda benar-benar bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik di pasar? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami memutuskan untuk membandingkannya dengan flagships papan atas lainnya yang dapat Anda temukan di pasar. Kami memilih Huawei P40 Pro+ dan Oppo Find X2 Pro untuk perbandingan ini karena keduanya termasuk perangkat Android termahal dan tercanggih, sama seperti Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Baca juga: Samsung Galaxy Note20 Ultra vs Galaxy S20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Mengingat materialnya yang unik (tersedia dalam versi keramik dan versi kulit vegan), Oppo Find X2 Pro memiliki desain paling menarik. Perangkat ini memiliki tampilan yang lebih minimalis dan lebih kompak dari pada Samsung Galaxy Note20 Ultra. Namun dalam hal kualitas pembuatan, Samsung Galaxy Note20 Ultra memenangkan pertempuran dengan kerangka baja tahan karat dan perlindungan Gorilla Glass Victus baru dari Corning. Sedangkan Huawei P40 Pro+ memiliki desain yang paling kompak dari ketiganya dan menawarkan desain keramik seperti Find X2 Pro, tetapi dengan modul kamera yang lebih besar dan lubang punch yang lebih besar.

Layar

Tampilan paling menarik dari segi kualitas gambar adalah milik Oppo Find X2 Pro. Galaxy Note20 Ultra ini hadir dengan spesifikasi tampilan yang sangat mirip, namun panel 10-bit Oppo Find X2 Pro dapat menggunakan 120 Hz meski sedang menggunakan resolusi Quad HD+, sedangkan jika ingin menggunakan 120 Hz dengan Galaxy Note 20 Ultra, Anda terpaksa beralih ke 1080p. Namun perlu diketahui bahwa Galaxy Note20 Ultra mendukung S Pen yang merupakan nilai tambah yang sangat besar untuk produktivitas. Lebih lanjut, perangkat ini memiliki pembaca sidik jari dalam layar ultrasonik yang lebih baik. Sayangnya, Huawei P40 Pro+ memiliki resolusi layar yang lebih rendah dan kecepatan refresh yang lebih rendah: masing-masing Full HD + dan 90 Hz. Tapi Anda mendapatkan sistem pengenalan wajah 3D.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Perangkat keras paling canggih milik Samsung Galaxy Note20 Ultra jika kami mempertimbangkan versi AS-nya. Ini didukung oleh Snapdragon 865+ baru yang dipasangkan dengan RAM 12GB dan penyimpanan UFS 3.0 hingga 512GB. Tetapi jika kami mempertimbangkan versi lain yang ditenagai oleh Exynos 990, maka Oppo Find X2 Pro jauh lebih baik dengan Snapdragon 865 dan RAM 12GB-nya. Huawei P40 Pro+ lebih rendah dari keduanya dengan Kirin 990 dan RAM 8GB. Lebih lanjut, perhatikan bahwa Huawei P40 Pro+ tidak menyertakan layanan Google dalam varian globalnya karena larangan AS.

Kamera

Ini adalah pertarungan yang sangat sulit karena semua perangkat ini adalah ponsel dengan kamera terbaik. Sayangnya, kami masih belum sempat menguji Samsung Galaxy Note20 Ultra secara menyeluruh, sehingga kami tidak dapat memberikan Anda keputusan yang pasti. Di atas kertas, Huawei P40 Pro+ terlihat paling memukau dengan zoom optik 10x, OIS ganda, dan sensor utama 50 MP. Tetapi Samsung Galaxy Note20 Ultra dan Oppo Find X2 Pro sangat dekat.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 Ultra vs Galaxy Note 20: Apa Bedanya?

Baterai

Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki baterai 4500 mAh yang lebih besar, tetapi harus mengelola layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi, dibandingkan dengan Huawei P40 Pro+. Jadi tidak pasti apakah itu akan bertahan lebih lama dari Huawei P40 Pro+ dengan sekali pengisian daya. Oppo Find X2 Pro masih dekat dalam hal daya tahan baterai dan memiliki teknologi pengisian daya tercepat, sedangkan Huawei P40 Pro + memiliki teknologi pengisian nirkabel tercepat.

Harga

Oppo Find X2 Pro dihargai kisaran Rp 18 jutaan secara global, Huawei P40 Pro+ mulai dari Rp 17 jutaan dan Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki harga Rp 17,5 jutaan. S Pen membuat perbedaan nyata di sini, itulah sebabnya kami pikir banyak orang akan menggunakan Galaxy Note20 Ultra. Huawei P40 Pro+ memiliki kamera yang berpotensi lebih baik tetapi tampilan yang lebih rendah, sementara Oppo Find X2 Pro memiliki tampilan yang luar biasa dan desain yang sangat orisinal. Mana yang akan Anda pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment