Review Xiaomi Mi 10 : Sanggup Bersaing dengan Hape Kelas Atas Lainnya

infogadgets.info.ID – Selama ini Xiaomi terbilang sukses mencuri perhatian konsumen dengan sederet ponsel murah meriah, namun dibekali teknologi mumpuni. Seiring berjalannya waktu, Xiaomi pun mencoba merubah image tersebut yang selama ini kadung. Lambat laun Xiaomi mulai merilis hape untuk kelas menengah hingga seri kelas atas atau flagship. Sayang hape flagship Xiaomi kebanyakan hanya rilis di luar Tanah Air. Namun keresahan konsumen di Tanah Air tersebut berakhir, ketika vendor asal Cina ini merilis seri Xiaomi Mi 10.

Baca juga : Naksir Xiaomi Redmi Note 9 Pro dan Note 9? Ini Perbedaannya !

Nah sebelum kamu jatuh cinta dengan Xiaomi Mi 10, simak dulu apa saja kelebihan dan kekurangan smartphone terbaru Xiaomi ini. Berikut ulasannya :

Desain

Eksplorasi infogadgets.info.ID terdapat hp flagship ala Xiaomi ini, diawali di area desain. “Mewah”, kalimat tersebut bisa dikatakan sudah cukup mengambarkan, bagaimana penampilan apik dari Xiaomi Mi 10. Begitu dibuka dan dikeluarkan dari kotaknya, Mi 10 langsung memancarkan aura sebagai hape level premium.

Hape ini hadir dengan konsep edge di sisi belakang dan depan. Hingga tulisan ini dibuat, menurut kami Xioami Mi 10 merupakan hape dengan desain terkeren dan termewah yang pernah dibuat Xiaomi.

Tampilan mewah Mi 10 semakin terlihat, ketika mata ini mengalihkan pandangan ke bodi belakang. Kamu akan mendapatkan bodi glowing berlapis kaca dengan warna dasar yang begitu menggoda. Saat bodi belakang Mi 10, terpapar cahaya akan menghadirkan gradasi warna yang menambah sisi glamour pada tampilan jagoan Xioami ini.

Sebagai info, unit yang infogadgets.info.ID dapatkan memiliki warna dasar Coral Green. Pada area belakang, terdapat empat kamera belakang dengan satu lensa kamera yang memiliki bingkai terpisah. Pada area terpisah itu, terdapat komponen kamera dengan kemampuan tertinggi.

Saat dipegang, bodi Xiaomi Mi 10 memang terasa cukup besar dan berbobot. Namun jika sudah lama berinteraksi, kamu pasti akan terbiasa dengan ukuran bodi Mi 10. Tampilan Mi 10 memang begitu mewah dan menggoda, namun bukan berarti sempurna.

Bodi belakang yang berkilau memang begitu menggoda, hanya saja tampilan yang terlalu glowing membuat Mi 10 gampang sekali terlihat kotor oleh bekas sidik jari, serta lebih licin saat digenggam. Dalam paket penjualan memang terdapat case, hanya saja tampilan mewah Mi 10 akan berkurang saat hape ini menggunakan case pelindung.

Masih mengekplor sektor bodi, di bagian sisi kanan terdapat tombol power dan pengatur volume. Sedangkan slot sim card terdapat di sisi bawah, bersanding port USB-C dan lubang speaker. Sayang Mi 10 sudah menghilangkan port jack audio 3.5 mm.

Layar

Layar depan Xiaomi Mi 10 berukuran 6.7 inci, menggunakan panel Super AMOLED dan resolusi 1080 x 2340 piksel. Rasio layar ke bodi mencapai 89,8 persen membuatnya masuk ke dalam salah satu smartphone dengan konsep bezel-less. Layar sudah berlapis Corning Gorilla Glass 5, sedangkan secara performa ia mendukung refresh rate 90Hz.

Layarnya sendiri mengusung konsep poni punch hole, ini memberi kesan pengalaman penggunaan lebih luas, karena kamera depan seperti tidak memakan ruang di layar. Secara umum tidak banyak hal yang bisa dikritisi di sektor layar Mi 10, lantaran konsep, teknologi serta performa saat diuji terbilang memuaskan.

User Interface

Masih mengulas dari segi tampilan, kali ini yang coba infogadgets.info.ID eksplor, yakni dari segi antar muka. Xiaomi Mi 10 mengadopsi OS Android 10 yang dikemas dalam MIUI 11. Sama seperti jajaran ponsel Xiaomi lainnya, MIUI 11 menyediakan beragam kustomisasi menarik, hingga beberapa fungsi khusus yang hanya ada di MIUI.

Salah satu fitur yang menarik adalah menu Always on Display. Saat Mi 10 masuk dalam mode standby dengan menu Always on Display aktif, maka layar tetap bisa menampilkan informasi esensial dan beberapa tampilan visual khas. Xiaomi sudah menyediakan beberapa tampilan visual yang cukup artistik, atau bahkan menciptakan signature sendiri.

Tak lupa dengan beberapa fungsi lainnya yang bisa membuat mode ini lebih fleksibel. Sejauh pengalaman penggunaan, mode ini tak terlalu menguras baterai. Tak lupa dengan fitur manajemen untuk mengoptimalkan performa Mi 10.

Fitur menarik lain yang dihadirkan MIUI 11 adalah fasilitas Game Booster. Saat mode Game Booster aktif, otomatis fitur ini akan meningkatkan performa game, prioritas bandwidth jaringan, kualitas audio, dan responsivitas sentuhan di layar. Tersedia dashboard dengan desain menarik yang akan memberikan informasi, seputar performa perangkat dan game di tengah permainan.

Kamera

Saatnya infogadgets.info.ID mengulik fasilitas imaging. Kemampuan kamera menjadi salah satu daya pikat utama yang selalu digembar-gemborkan Xiaomi, saat memperkenalkan Mi 10. Hal itu tidak berlebihan, pasalnya harus diakui fasilitas kamera masih menjadi salah satu alasan utama konsumen, ketika membeli hape baru.

Untuk bertarung di level premium, Xiaomi melengkapi Mi 10 dengan teknologi imaging yang speksifikasinya begitu menjanjikan. Xiaomi Mi 10 mengandalkan empat kamera belakang dengan komposisi lensa 108MP wide, 13MP ultrawide, 2MP macro, dan 2MP depth. Kamera 108MP ini yang merupakan salah satu keunggulan utama Mi 10.

Komposisinya kamera Xiaomi Mi 10 memang begitu memesona, apalagi bagi kamu yang hobi fotografi. Namun bagaimana dengan kualitasnya?

Saat diuji, pada kondisi pencahayaan standar lensa 108MP yang dimiliki Mi 10 mampu menghasilkan foto dengan baik. Dukungkan menu HDR yang bisa aktif secara otomatis, membuat hasil foto lebih tajam dengan warna yang nyata layaknya objek aslinya.

Mode malam

Kamera Xiaomi  Mi 10 semakin teruji saat mengambil gambar dikondisi minim cahaya. Mi 10 bisa menangkap cahaya dari beberapa objek, sehingga dapat membantu memberikan akurasi kepada sejumlah objek lainnya yang lebih gelap. Namun ketika pencahayaan sangat minim, akan menemukan noise atau buram saat mode malam atau mode standar diaktifkan.

Mode bokeh

Jika membandingkan dengan produk kompetitor, kemampuan kamera Mi 10 termasuk yang lebih baik. Ini berkat dukungan kecerdasan buatan, yang Xiaomi tampaknya mulai memikirkan perannya di kamera. Untuk kamera depan Xiaomi Mi 10 menggunakan lensa 20MP.

Mode normal minim cahaya

Kamera di Mi 10 juga bisa diandalkan untuk membuat konten video. Saat diuji kamera di Mi 10 bisa push membuat video 1080p pada kecepatan 30fps dengan kualitas 8K. Agar kegiatan membuat konten video semakin seru, terdapat berbagai fitur yang bisa dimaksimalkan seperti video stabilizer, mode makcro, slow mo, hingga menu VLOG.

Selama pengujian, menurut infogadgets.info.ID kemampuan Mi 10 menghasilkan gambar video terbilang memuaskan. Minimal untuk membuat konten video yang akan dipublikasikan di YouTube, kemampuan dan hasil video Mi 10 gak kalah dengan kamera miroless.

Performa

Berbicara performa tentu tidak bisa dilepaskan dengan komposisi dapur pacu yang diusung Mi 10. Merujuk dari data yang ada, hape flagship ala Xiaomi ini mempersenjatai dirinya dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 865. Hal tersebut menandakan Mi 10 sebagai smartphone flagship yang hadir pada tahun 2020.

Lebih jauh chipset Qualcomm Snapdragon 865 mendapat tandem RAM 8GB dan memori 256GB. Berkaca dari komposisi yang diusung, sudah sepatutnya konsumen berharap performa Mi 10 akan menjanjikan.

Merujuk hasil pengujian dengan PCMark dan 3DMark menunjukkan Mi 10 merupakan smartphone yang mampu menghasilkan skor yang sangat tinggi, mengalahkan smartphone gaming sekalipun. Selisih skor bisa mencapai 1.000 poin untuk pengujian 3DMark, dan 2.000 poin untuk PCMark.

Faktanya, saat infogadgets.info.ID menggeber Mi 10 dalam berbagai situasi, mulai dari mengeksplor menu unggulan, hingga menguji beberapa fitur secara bersamaan atau multitasking, semuanya lancar jaya. Tidak cukup sampai disitu saja, infogadgets.info.ID juga menguji performa Mi 10 dengan bermain game online COD mobile.

Hasilnya tidak mengecewakan, COD Mobile dapat berjalan tanpa ada leg pada pengaturan dan framerate tertinggi. Pengalaman gaming yang baik selama bermain COD Mobile, tidak lepas dari teknologi layar yang sudah mendukung refresh rate 90Hz.

Aktivitas bermain gim online semakin nyaman, lantaran corong speaker yang tertanam dibodi hape ini juga mampu menghasilkan audio berkualitas. Sedikit catatan, jika digeber lebih dari satu jam bermain gim online selevel PUGB Mobile dan sejenisnya, batere Mi 10 jadi sedikit panas.

Baterai

Xiaomi Mi 10 menggunakan baterai 4.780 mAh, menjadikannya masuk dalam deretan hape flagship dengan kapasitas catu daya terbesar yang edar saat ini di pasaran. Berdasarkan pengukuran dengan PCMark, baterai 4.780 mAh mampu membuat Mi 10 bertahan hingga 14 jam.

Nah, saat diuji dengan penggunaan normal dimana infogadgets.info.ID memaksimalkan 10 untuk menunjang berbagai aktivitas, mulai bekerja hingga hiburan. Hape ini bisa bertahan seharian penuh.

Baterai ini juga telah mendukung pengisian daya cepat 30W, ditambah pengisian perangkat lain secara nirkabel 5W. Dengan kecepatan tersebut, pengguna tak perlu khawatir harus membawa charger saat beraktivitas di luar rumah, karena daya baterai bisa masih tersisa hingga 40 persen ketika sudah pulang kembali ke tempat tinggal

Kesimpulan

Di lihat dari segi harga, dimana Mi 10 dilego nyaris 10 juta, tidak salah jika hape ini masuk dalam jajaran smartphone flagship. Selain itu fitur yang diusung Mi 10 juga sudah mencerminkan, jika jagoan Xiaomi yang satu ini siap bersaing di level premium.

Menariknya lagi, Mi 10 sudah dibekali kemampuan mengakses koneksi 5G, kemampuan ini tentu sangat berguna di masa depan, ketika fasilitas 5G sudah tersedia secara komersil di Indonesia

Jika berkaca dari hasil pengujian, infogadgets.info.ID menilai Xiaomi Mi 10 merupakan salah satu smartphone tercanggih yang hadir tahun ini. Tapi apakah layak Mi 10 menjadi pilihan utama bagi kamu yang sedang mencari hp flagship?

Ini tentu kembali kepada konsumen masing-masing. Satu yang pasti, Mi 10 bisa menjadi bukti setidaknya kepada loyalis Xiaomi di Indonesia, jika pabrikan asal Tiongkok ini menepati janjinya untuk merilis hp flagship di Tanah Air.

Spesifikasi Xiaomi Mi 10

Prosesor : Qualcomm Snapdragon 865
GPU : Adreno 650
OS : Android 10 + MIUI 11
RAM : 8GB
Memori Internal : 256GB
Kamera
Belakang : 108MP+13MP+2MP+ 2MP
Depan : 20MP
Baterai : 4.780 mAh
Layar : 6,67 inci Super AMOLED 1080 x 2340 pixel
Harga : Rp9.999.000