Review Spesifikasi Nokia 8

Smartphone penerus dari Anroid Nokia telah resmi diluncuran, yakni Nokia 8. Smartphne ini memang lama ditunggu setelah HMD lama tidak meluncurkan smarthphone barunya. Nah bagaimana review spesifikasi Nokia 8? Simak detailnya berikut ini

sponsored

Desain

Nokia 8 memiliki bezel yang lebih tipis sehingga layer jadi kelihatan sangat luas dan tanpa ada frame pada sisi kanan dan kiri. Yang terlihat tebal hanya frame yang berada diatas dan bawah layar. Nokia 8 memiliki aluminium unibody dengan finishing glossy pada bagian belakan, sehingga memudahkan pengguna untk bercermin. Ini cocok banget buat kaun wanita yang suka ngaca. Proses glossy pada lapisan belakang ini memerlukan 40-tahap proses permesinan, anodisasi dan pemolesan untuk mencapainya menjadi sangat glossy. Nah, dengan model ini. Akibatnya sagat mudah meninggalkan sidik jari.

Nokia 8 terasa kokoh saat dipegang, namun sayangnya tidak diperuntukan untuk kemampuan ketahanan terhadap debu dan air. Smartphone ini masih splash-proof, dengan nilai Ingress Protection 54 (IP54).

Layar

Nokia 8 menampilkan layar IPS 5,3 inci yang dinamis dengan resolusi QHD (2560 x 1440) Smartphone ini diklaim mampu menghasilkan kecerahan 700 nits, dan dilindungi oleh Gorilla Glass 5 sehingga tetap anti gores. Nokia 8 sendiri menggunakan konsep tersebut dengan solusi energi rendah dengan baterai ahan lama dan bobot yang ringan.

Hardware

Nokia 8 dilengkapi prosesor terbaru dari Qualcomm Snapdragon SoC 835 yang dipasangkan dengan GPU Adreno 540 dan baterai 3090 mAh. Smartphoe ini tersedia versi dasar dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB dengn warna versi Glossy Blue. Ada juga versi RAM 6GB dan memori internal 128 GB. Keduanya memiliki slot kartu microSD hingga kapasitas 256GB.

Kamera

Nokia 8 juga memiliki keunggulan pada fitur kamera. Pada bagian belakang tersedia dual-kamera 13MP. Dimana salah satu lensa untuk warna, dan yang satunya untuk pengambilan foto monokrom. Ada juga kamera depan depan 13MP dengan fokus otomatis.

Dialamnya nokia juga menyiapkan aplikasi kamera khusus pada Nokia 8. Meski nampak standart tapi ada fitur menarik disana, yakni “mode bothie”.

Keunggulan lainnya dengan menggunakan kedua kamera depan dan belakang mampu melakukan perekaman video sekaligus pada kedua kamera belakang dan depan secara bersamaan. Ini adalah fiur baru yang belum bisa dilakukan oleh smartphone lainnya

Yang yang terbaik dari smartphone Nokia adalah lensa Carl Zeiss di Nokia 8. Anda pasti sudah tahu bagaimana kualitas dari lensa kamera ini

Software

Nokia 8 menjalankan Sistem Operasi Android 7.1.1, tanpa adanya lapisan interface tambahan. Tampilan ini terlihat bersih dan berjalan mulus, bahkan pihak produsen, HMD menjanjikan bahwa Android O akan disiapkan untuk smarphone flagship ini.

Nokia 8 juga merupakan perangkat mobile pertama yang menggunakan teknologi ‘OZO Nokia. Teknologi ini baru saja diimplementasikan di kamera OZO VR. Meskipun kami tidak mengetahui semua detailnya pada saat ini, HMD mengatakan bahwa teknologi OZO di Nokia 8 mampu meningkatkan kemampuan merekam audio perangkat, membawa perekaman audio 360 ° ke perekaman video 4K.