Review Samsung Galaxy S20 Ultra – Ekstra Canggih Tak Hanya di Kamera

infogadgets.info.id – Samsung kembali meluncurkan seri smartphone terbarunya di kelas flagship, yaitu Samsung Galaxy S20 Series. Ada 3 seri Hp Samsung Galaxy S20 yang dirilis yaitu Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra. Kali ini infogadgets.info akan mereview salah satu diantaranya, yaitu Hp Samsung Galaxy S20 Ultra yang merupakan seri dengan harga jual yang paling mahal. Meskipun begitu Hp Samsung terbaru ini juga memiliki kelengkapan dan kekuatan spesifikasi yang berteknologi tinggi.

Bodi Kokoh Tampil Mewah

Pertama kali menggengga Hp Samsung Galaxy S20 Ultra terasa bodinya agak bongsor. Dan memang Samsung Galaxy S20 Ultra ini memiliki ukuran bodi paling yang paling besar diantara seri Samsung Samsung Galaxy S20 series lainnya.  Ini tidak lepas pengaruh dari ukuran layarnya yang juga paling lebar, yaitu mencapai 6,9 inci. Dengan aspek rasio layar 20 : 9 membuat Hp ini memiliki bodi dengan lebar yang ramping, tapi layar tetap terlihat luas karena memiliki ukuran layar lebih tinggi dari layar biasanya. Inilah mengapa bodi Hp ini terasa bongsor.

Baca juga : Trio Samsung Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip Rilis di Indonesia, Ini Harga Resminya

Ada yang terasa berbeda dari penampilan Samsung Galaxy S20 Ultra.  Hp Samsung terbaru ini tidak lagi membawa ciri khas Galaxy S maupun Note Series, yaitu berupa desain kaca yang melengkung di sisi kiri dan kanannya, yang membuat tampilan layar juga terlihat hingga di sisi kiri-kanan layar.  Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengurangi kemewahan tampilan layar Samsung Galaxy S20 Ultra. Layar luasnya tetap mengisi penuh sekujur bagian depan Hp ini. Yang membuat Samsung Galaxy S20 Ultra terlihat memiliki bezel yang begitu tipis.

Beralih ke bagian bodi belakangnya, tampak dengan jelas adanya kotak persegi yang berisi susunan 4 kamera yang dilengkapi lampu flash. Bagian kotak persegi kamera ini pun didesain dengan bentuk yang agak menonjol dari bodi belakang. Bodi belakang Samsung Galaxy S20 Ultra didesain tampilan glossy bak cermain dimana bodinya ini sudah tahan goresan. Pun begitu dengan lapisan luas dari kotak persegi empat kameranya. Apalagi bodi dari Hp Samsung Galaxy S20 Ultra secara keseluruhan terasa kokoh saat digenggam.

Layar Tajam Anti Nge-Lag

Soal ketajaman layarnya, Hp Samsung Galaxy S20 Ultra mengusung layar berteknologi Dynamic AMOLED 2.0. Ini merupakan teknologi layar generasi terbaru yang menghadirkan tampilan layar yang semakin tajam. Belum lagi layar ini memiliki resolusi tinggi mencapai 2K atau QHD+.

Selain tajam, layar Hp Samsung Galaxy S20 juga sudah mengusung refresh rate 120 Hz. Apa maksudnya? Ini maksudnya layar ini mampu menampilkan gambar bergrafis tinggi dengan mulus tanpa ada jeda alias nge-lag. Refresh rate mengacu pada hitungan berapa kali gambar pada layar di-refresh dalam satu detik. Jadi apabila 120 Hz, maka rata-rata gambar yang ditampilkan pada layar akan di-refresh 120 kali setiap detiknya. Makin tinggi ukuran refresh rate berarti gambar yang ditampilkan semakin mulus.

Biasanya layar dengan refresh rate tinggi diusung Hp yang mengandalkan fitur gaming. Di mana memang dibutuhkan refresh rate tinggi agar bisa menjalankan game dengan grafis tinggi dan berat secara mulus. Sehingga tidak terjadi jeda saat bermain game. Atau juga berguna untuk menampilkan tampilan film berresolusi tinggi dengan smooth, sehingga lebih terasa nyaman saat ditonton.

Akan tetapi, fitur refresh rate 120 Hz di Hp Samsung Galaxy S20 Ultra ini hanya bisa berfungsi jika menseting ketika resolusi layar pada Full HD. Jika masih berada di bawah resousi itu misalkan WQHD+, maka akan muncul pesan “High refresh rate isn’t supported in WQHD+. Your screen will change to standard refresh rate”.

Tidak hanya soal tampilan layar tajam dengan performa tinggi, Samsung juga memerhatikan soal sensitifitas sentuhan pada layar Samsugn Galaxy S20 Ultra. Ini dibuktikan dengan menghadirkan teknologi touch latency versi terbaru yang memiliki respon sentuhan 2 kali lebih cepat dibandingkan seri Samsung Galaxy S10 Series.

Jadi dengan berbagai keunggulan layar tersebut, wajar jika terasa puas menikmati  berbagai konten dengan tampilan layar yang memanjakan mata. Apalagi  bagi mereka yang sangat detil memerhatikan tampilan gambar.

Quad Camera

Sebenarnya Hp Samsung Galaxy S20 Ultra membawa total lima kamera, yang terdiri dari empat kamera di belakang dan satu kamera di depan. Empat kamera di sisi belakang terdiri dari : lensa utama bersensor berresolusi 108MP berteknologi optical image stabilization (OIS) , lensa telephoto periskop 48MP plus OIS, lensa ultrawide 12MP, dan lensa 3D ToF atau Time of Flight. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 40MP. Semua kelima kamera tersebut sudah didukung teknologi artificial intelligence (AI) bernama Scene Optimizer.

Kamera utama yang bersensor 108MP pada Samsung Galaxy S20 bekerja dengan cara mengubah 9 pixel menjadi 1 pixel (9-in-1). Dengan cara ini, foto yang ditangkap kamera menghasilkan detail yang lebih akurat, komposisi warna yang lebih baik, hingga mampu menghasilkan foto malam yan terang dan tajam.

Kehadiran lensa periskop pada Samsung Galaxy S20 Ultra membuat Hp ini mampu melakukan kemampuan zooming yang makin hebat. Meski melakukan zooming hingga perbesaran beberapa kali, hasil foto tetap terlihat tajam. Bisa dikatakan Samsung Galaxy S20 Ultra menyusul Huawei lewat P30 Pro dan Oppo Reno 10x Zoom yang sudah lebih dulu mengusung teknologi lensa periskop ini.

Hadirnya kemampuan zooming berkat lensa Periskop, membuat lebih leluasa untuk menangkap foto dengan zooming hingga puluhan kali. Tentu dengan hasil foto yang tetap terjaga ketajamannya. Ini berguna saat memotret objek jauh misalkan pada saat konser, pertandingan sepak bola, dan lainnya. Dan hebatnya dari lensa Periskop mampu melakukan 4x optical-zoom, 10x hybrid-zoom, dan 100x digital-zoom yang disebut Samsung sebagai “Space Zoom”. Tapi untuk zooming dengan perbesaran 10x zoom ke atas, hasil fotonya masih ada sedikit noise, tapi masih terbilang bisa dimaklumi.

Lanjut ke kamera dengan lensa ultrawide. Kamera ini mampu menangkap objek dengan sudut yang lebih lebar, dengan memiliki detail serta ketajaman warna yang baik. Hebatnya lagi kamera ini mampu menangkap foto wide tanpa adanya efek melengkung pad hasil foto.

Selanjutnya ada kamera dengan lensa 3D ToF. Dengan kamera ini memungkinkan untuk memotret foto portrait atau bokeh. Kamera ini mampu mendeteksi mana objek utama yang harus difokuskan dan mana bagian background foto yang di-blur. Hasilnya, sebuah foto bokeh yang dramatis. Apalagi ditambah adanya fitur Live Focus, yang memungkinkan untuk mengatur efek blur pada background sesuka hati.

Untuk keperluan foto selfie, Samsung Galaxy S20 Ultra sudah menyediakan kamera 40MP. Dengan resolusi sebesar ini, sudah jadi jaminan kualitas foto selfie yang dihasilkan. Kamera selfie ini juga mampu memotret dengan mode wide untuk menghasilkan foto dengan jangkauan lebih lebar. Saat dalam mode Wide, resolusi foto akan dipadatkan menjadi 10MP.

Hasil foto selfie terlihat tajam dengan warna yang cerah. Ini juga berkat adanya fitur Auto HDR. Tidak ketinggalan ada beberapa pilihan filter dan pengaturan Beautify untuk memercantik foto selfie.

Ada satu lagi fitur kamera menarik yang dibawa Samsung Galaxy S20 Ultra, yaitu Single Take. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan untuk mengaktifkan seluruh fitur dan sensor kamera secara bersamaan, dan mampu mengabadikan momen sampai 14 foto dan 2 video hanya dalam satu pengambilan gambar.

Sesaat setelah melakukan shoot menggunakan fitur Single Take, dalam beberapa detik smartphone ini akan memproses seluruh foto dan video yang diambil. Hasilnya, akan terlihat berbagai jenis foto maupun dan video, seperti Best Photo, Boomerang, video pendek, video ala TikTok, foto monokrom, foto wide, dan lainnya.

Hebatnya lagi, seluruh foto dan video yang dihasilkan dari fitur Single Take memiliki tampilan yang tetap terjaga bagusnya. Baik itu ketajamannya, detilnya, komposisi warnanya, hingga fokusnya yang terbilang baik. Termasuk hasil foto maupun video dari objek yang bergerak cukup cepat, terlihat tidak blur.

Video Tajam

Dengan kemampuan kamera yang sudah diuraikan sebelumnya, ini juga berdampak pada kemampan merekam videonya. Bagaimana tidak, kamera di Samsung Galaxy S20 Ultra sudah mampu merekam video hingga resolusi 8K @24fps! Selain itu, juga tersedia opsi perekaman video 4K @30fps dan 60fps serta Full HD @30fps dan 60fps. Bahkan kulitas video ini juga mampu dihasilkan dari kamera depannya.

Belum lagi dukungan fitur Super Steady yang membuat tidak usah khawatir ketika merekam video dalam kondisi bergerak. Fitur ini akan bertanggung jawab membuat hasil video tetap terlihat stabil. Tapi sebenarnya juga tidak perlu khawatir ketika lupa mengaktifkan fitur Super Steady, karena sebenarnya kamera di Hp Samsug Galaxy S20 Ultra sudah didukung Optical Image Stabilizer (OIS) yang fungsinya juga untuk membuat rekaman video terlihat stabil, tapi secara hardware.

Main Game

Tidak afdol rasanya jika Hp secanggih ini tidak dites kemampuannya untuk bermain game online. Ini karena beberapa fitur yang dibawa Samsung Galaxy S20 Ultra sudah bisa membuat Hp ini mampu diandalkan sebagai Hp gaming berforma tinggi.

Bukan cuma fitur Game Launcher saja, Samsung Galaxy S20 Ultra juga dilengkapi dengan fitur Game Booster Plus. Fitur ini memungkinkan para penggemar game online untuk melakukan penyesuaian performa smartphone untuk setiap game yang dijalankan. Disediakan lima pilihan pengaturan performa, yakni Battery Saving, Balance, Max FPS, High Quality, dan Custom. Di sini kita bisa mengatur performa, kualitas grafis, maksimal FPS (frame per second) , hinga intensitas cahaya, saat ingin bermain game online.

Fitur Gaming Booster Plus juga berfungsi untuk menampilkan informasi penting di sudut layar saat sedang beramin game. Beberapa informasi yang bisa muncul antara lain seperti FPS, persentase performa CPU dan GPU, sampai temperatur. Tidak hanya itu, juga ada fitur Daily Limits. Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu yang tidak ingin sampai ketagihan bermain game online. Di fitur ini kamu bisa mengatur batas waktu maksimal saat bermain game setiap harinya. Bahkan fitur ini juga bisa menampilkan beberapa info saran ketika sedang bermain game, misalnya info pengingat waktu tidur, waktu belajar hingga  mengingatkan jika perlu juga beraktivitas di luar ruangan.

Performa Tinggi

Tergolong sebagai Hp flagship terbaru, salah satu yang menjadi jaminan keunggulan dari Samsung Galaxy S20 Ultra yaitu performanya. Bisa dibilang Samsung Galaxy S20 Ultra menjadi salah satu Hp Android dengan performa tertinggi saat ini. Ini dikarenakan memiliki performa tinggi dengan dukungan prosesor Exynos 990 dengan fabrikasi proses 7nm+.

Hp Samsung terbaru ini memiliki SoC (System on Chip)  dengan delapan otak alias octa-core. Secara teknis Octa Core ini terdiri dari 2-core di kecepatan 2.73 GHz Mongoose M5, 2-core di kecepatan 2.5 GHz Cortex A76, dan 4-core di kecepatan 2.0 GHz Cortex A55.

Performa Samsung Galaxy S20 Ultra juga didukung chip pengolahan grafis Mali G77 MP11 untuk tampilan grafisnya. Belum lagi dukungan RAM 12GB LPDDR5 dan storage 128GB UFS 3.0. Tidak ketinggalan  sistem operasi One UI 2.0 berbasis Android 10.

Untuk membuktikan seberapa hebat performa Hp Samsung Galaxy S20 Ultra ini, kami mengujinya dengan menggunakan aplikasi benchmark PCMark. Aplikasi ini mengukur performa soal  tugas yang dilalukan Hp secara umum, seperti mengolah data, multitasking, dan lainnya. Dalam pengujian yang kami lakukan, Samsung Galaxy S20 Ultra mencatat skor 10.381 poin. Itu terbilang catatan skor yang tinggi. Bahkan PCMark menyebutnya sebagai salah satu perangkat powerful saat ini.

Baterai Tahan Lama

Berbagai fitur hebat dan performa berat yang bisa dijalankan dengan mulus, tidak lepas dari dukungan baterai sebagai pensuply daya. Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali dengan baterai berkapasitas 5,000 mAh.  Kami coba menguji daya tahan baterai ini, salah satunya dengan cara menonton video YouTube berkualitas Full HD atau 1080p tanpa henti. Ternyata Hp Samsung yang satu ini bisa bertahan hampir 24 jam alias seharian penuh. Tidak hanya itu, juga ada dukungan fast charging 45W. Ini membuat proses pengisian baterai bisa berlangsung lebih cepat. Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, mengisi baterai dari keadaan lowbath sampai penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S20 Ultra kami nilai layak menjadi salah satu smartphone terbaik yang hadir di tahun ini. Ini karena beragam fitur, spesifikasi dan kemampuan yang dibawa smartphone terbaru dari Samsung ini. Dan memang wajar, karena Samsung Galaxy S20 Ultra memang ditujukan sebagi smartphone seri flagship.  Di mana berbagai kebutuhan sehari-sehari sudah bisa diakomodir dengan maksimal oleh smartphone ini. Mulai dari kebutuhan hiburan, bekerja, fotografi, gaming dan lainnya.  Dan sudah bisa diduga, Samsung Galaxy S20 Ultra memang jdai seri paling atas dibandingkan seri Galaxy S20 dan S20+.