Review Samsung Galaxy Note 20 Ultra – Makin Canggih, Makin Mewah

infogadgets.info.id – Sudah menjadi jadwal rutin setiap tahun Samsung akan merilis seri Galaxy Note terbaru. Dan akhirnya di tahun ini Samsung meluncurkan seri terbaru Samsung Galaxy Note 20 series. Ada dua tipe yang dihadirkan, yaitu Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra. Dan kali ini infogadgets.info akan review Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Review Samsung galaxy note 20 Ultra m

Hadir sebagai smartphone flagship berkelas high end apalagi dijual dengan harga cukup mahal, sudah barang tentu Samsung Galaxy Note 20 Ultra harus tampil sesempurna mungkin. Tidak hanya desain tampilannya yang harus memikat, tapi juga kemampuan fitur dan spesifikasi di dalamnya yang harus lengkap dan andal untuk mendukung berbagai macam kebutuhan penggunannya.

Desain Mewah

Kemewahan, tentu hal ini harus bisa ditunjukkan Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini karena menyandang predikat sebagai smartphone kelas atas. Dan sepertinya Samsung berhasil membuktikannya. Ini terlihat dari ketika pertama kali ingin review Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini, terlihat tampilan desain Samsung Samsung Galaxy Note yang satu ini berkesan pada pandangan pertama.

Baca juga : Pengalaman Dian Sastro Menggunakan Samsung Galaxy Note20 Series

Adalah warna Mystic Bronze yang dipilih untuk membalut bodi Samsung Galaxy Note20 Ultra. Berkat warna ini jelas terlihat kemewahan pada tampilan bodi Samsung Galaxy Note20 yang satu ini. Yang menarik kali ini Samsung tidak menggunakan bahan glossy (mengkilap), tapi memilih finishing doff sehingga tidak mudah kotor akibat tertinggalnnya bekas sidik jari pada bodi. Jadi tidak perlu repot untuk membersihkan bodi belakangnya.

Bentuk desain bodi Samsung Galaxy Note20 Ultra masih belum berubah dari seri sebelumnya. Sisi atas dan bawah bodi yang bermaterial stainless steel didesain rata, sedangkan sisi samping kanan dan kiri bodinya yang dibingkai stainless steel dibentuk membulat bahkan hingga ke bagian pinggir layar.

Tidak hanya bagian  layarnya saja yang dilapisi material Corning Gorilla Glass Victus agar tahan goresan, tapi juga bodi belakangnya. Dengan begitu tidak perlu khawatir soal ketahanan bodi smartphone ini. Saat melakukan review Samsung Galaxy Note 20 Ultra kami coba menggunakan smartphone ini dengan kebiasaan meletakkan di berbagai tempat secara sembarangan, ternyata tidak menimbulkan bekasan goresan sedikit pun.

Layaknya seri Galaxy Note sebelumnya, ukuran dimensi Galaxy Note20 dan Galaxy Note 20 Ultra masih terbilang bongsor. Begitu juga dengan bobotnya yang 208 gram cukup terasa saat menggenggam smartphone ini.

Layar Luas dan Tajam

Ukuran bodinya yang bongsor mungkin cukup berasalan, karena untuk mengakomodasi layarnya yang luas. Samsung Galaxy Note20 Ultra mengusung layar berukuran 6,9 inci. Soal ketajamannya tidak perlu ditanya, menggunakan teknologi layar Dynamic AMOLED 2X dan  berresolusi 3.096 x 1.444 pixel, menjadi jaminan berbagai konten di layar terlihat tajam dan jernih.

Review Samsung galaxy note20 Ultra c

Benar saja, saat melakukan review Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini dengan menonton streaming film hingga bermain games online, konten terlihat begitu tajam. Belum lagi dukungan high refresh rate mencapai 120Hz, juga menjadi jaminan tampilan konten di layar bisa dinikmati dengan mulus tanpa ada nge-lag sedikitpun. Terlebih lagi layar ini juga mendukung touch sampling 240Hz, ini berpengaruh pada sensitifitas sentuhan dari stylus S-Pen yang membuat layar lebih akurat dan cepat dalam merespon.

S-Pen Makin Canggih

Untuk stylush S-Pen, penempatannya kini berpindah yaitu berada di sebalah kiri di bodi bawah. Bagi pengguna Galaxy Note seri sebelumnya, mungkin hal ini memungkinkan sedikit penyesuaian, karena selama ini biasa mengambil dan menyimpan S-Pen di sebelah kanan.  Di bodi samping kanan dari Samsung Galaxy Note20 Ultra disematkan tombol Power dan tombol Volume. Port MicroUSB untuk charging dan kabel data ditempatkan di bodi bawah.

Di sebelah kirinya ada lubang speaker yang berdekatan dengan lokasi S-Pen. Soal kualitas suara dari speaker ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah didukung teknologi Dolby Atmos. Ketika dicoba memutar lagu, suara yang terdengar jernih dan lantang. Namun saying, posisinya yang berada di bodi bawah sebelah kiri, membuat speaker akan tertutup tangan saat smartphone ini digunakan untuk bermain game dalam posisi landscape.

Review Samsung galaxy note20 Ultra f

Di seri terbaru ini kemampuan S Pen dibuat semakin canggih. Samsung telah meningkatkan latency dari S Pen yang memberikan pengalaman menulis pada Galaxy Note20 layaknya menulis pada secarik kertas. Selain itu juga menambahkan beberapa gerakan baru pada Air Gesture di S Pen, kemampuan untuk membuat folder, sinkronisasi otomatis, serta Audio Bookmark pada Samsung Notes.

Latency S Pen pada Galaxy Note20 Series telah ditingkatkan hingga 26ms pada perangkat Galaxy Note20, dan 9ms pada perangkat Galaxy Note20 Ultra, semakin memberikan kenyamanan saat mencatat, mengedit foto, maupun mengedit video. Menariknya, begitu S Pen dikeluarkan, maka secara otomatis akan muncuk beberapa aplikasi/fitur yang bsia digunakan dengan menggunakan S Pen ini.

Bekerja dengan Nyaman

Sepertinya sudah menjadi ciri khas hingga kini bahwa seri Galaxy Note merupakan smartphone yang bisa diandalkan untuk kebutuhan pekerjaan. Tentu dengan berbagai fitur yang memudahkan dalam bekerja, dan di seri Galaxy Note20 Ultra semakin dimudahkan.

Seperti fitur Samsung Notes yang mengalami beberapa peningkatan. Selain fitur Handwriting to Text dan Screen-off Memo yang sudah hadir pada Note Series sebelumnya, ada fitur baru bernama Audio Bookmark. Ditambah semakin mudah untuk menkonversikan file-file pada Samsung Notes menjadi format PPT, WORD, maupun PDF dan sinkronisasi Samsung Notes antar perangkat.

Harus mencatat sesuatu secara tiba-tiba? Jangan khawatir, fitur Screen-off memo kembali hadir untuk memastikan anda tidak pernah ketinggalan momen mencatat. Saat melakukan review Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini, cukup keluarkan S Pen anda dan ketuk layar dengan menggunakan S Pen untuk langsung menulis tanpa perlu membuka lockscreen dan mencari aplikasi Samsung Notes. Catatan yang anda buat disini akan secara otomatis disimpan ke dalam Samsung Notes anda.

Disituasi kerja on the go terkadang Anda harus segera melakukan pekerjaan ataupun feedback dari tim kerja dimanapun Anda berada. Dan ada kalanya harus melakukan editing pada file PDF. Di Galaxy Note20 Anda dapat langsung import file PDF tersebut kedalam Samsung Notes. Kemudian temukan halaman yang ingin anda edit dengan menggunakan Page View dan andapun dapat dengan mudah untuk menandai tulisan, memberikan komentar, dan menaruh gambar dengan mudah dengan menggunakan S Pen. Secara alternatif, anda juga dapat menkonversikan catatan atau gambar anda ke format PDF, PPT, maupun WORD.

Ada fitur terbaru yang tersedia di Samsung Notes yaitu Audio Bookmark. Audio Bookmark merupakan fitur baru milik Samsung Galaxy Note20 Series yang menggunakan kemudahan mencatat menggunakan S Pen, dengan aktualitas dari Voice Notes. Audio Bookmark memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan yang anda buat disaat yang bersamaan.

Baca juga : Berbagai Keunggulan yang Jadi Alasan Pindah ke Samsung Galaxy Note20 Series

Apabila anda melupakan salah satu poin pada catatan anda, tidak usah khawatir, cukup tekan tombol play pada kanan atas S Notes anda, dan ketuk S Pen anda pada poin yang ingin anda ingat, maka Samsung Notes anda akan secara otomatis memainkan Voice Notes di waktu anda membuat tulisan tersebut,mempermudah anda mengingat poin-poin pembicaraan ketika anda membaca ulang catatan anda. Terkadang ketika anda mencatat dengan terburu buru, tulisan anda akan miring. Sekarang, anda dapat merapihkan tulisan tersebut dengan menggunakan fitur Auto Straightens.

Samsung Notes juga fitur baru untuk membawa pengalaman mengatur file-file yang anda miliki layaknya menggunakan PC pada perangkat Samsung Galaxy Note20 Ultra dengan fitur Folder. Kini anda dapat dengan mudah menaruh catatan-catatan pada Samsung Notes anda pada folder-folder tertentu agar lebih mudah untuk ditemukan dikemudian hari.

Wireless Samsung DeX

Fitur Samsung DeX juga menjadi salah satu ciri dari Samsung Galaxy Note. Fitur ini ini membuat smartphone Samsung ini lebih mudah bagi pengguna untuk bekerja di smartphone dan PC, Mac atau layar TV.

Di seri Galaxy Note sebelumnya untuk terkoneksi dengan perangkat lain, masih menggunakan koneksi via port USB kompatibel. Nah, di Galaxy Note20 series ini sudah bisa terkoneksi secara wireless.

Samsung DeX memudahkan kita untuk mengakses smartphone dan laptop secara bergantian, tanpa ribet. Dimulai ketika drag and drop dokumen/ foto/ video dari smartphone ke PC/ Mac hingga untuk kebutuhan presentasi. Anda bisa mempresentasikan file yang ada di smartphone dan menyambungkan ke layar TV/ laptop.

Dalam mode Samsung DeX, Anda dapat melihat lebih detail pada video, foto, dan dokumen dengan tampilan yang lebih besar sambil tetap menggunakan smartphone. Tonton film di monitor sambil memeriksa teks, atau lakukan panggilan saat me-review dokumen tanpa mengganggu fokus Anda. Dengan Samsung DeX, Anda memiliki dua layar untuk melakukan dua kali lipat lebih banyak.

Link to Windows Tersinkronisasi

Fitur ini tidak kalah penting. Link to Windows, akan lebih memudahkan saat Anda bekerja dengan menggunakan Windows 10 PC. Anda bisa dengan mudah mengakses aplikasi mobile secara langsung pada Windows 10 PC tanpa menggangu pekerjaan yang sedang dilakukan.

Apalagi beberapa fitur dari Microsoft bisa disinkronisasikan. Misalnya fitur S Notes yang tersinkronisasi dengan ke Microsoft OneNote dan Outlook. Kemudian fitur Reminder bisa tersinkronisasi dengan fitur Microsoft Outlook, To Do dan Microsoft Teams. Sehingga semua itu akan makin memudahkan pekerjaan Anda di manapun dan kapanpun.

Review Samsung galaxy note20 Ultra g

Triple Camera

Tidak hanya mempermudah pekerjaan, Samsung Galaxy Note20 Ultra ini juga bisa diandalkan untuk membuat konten kreatif dengan kualitas tinggi. Ini tidak lepas dari kemampuan tangguh yang dimiliki fitur kameranya.

Sama dengan seri Galaxy Note 10 Ultra sebelumnya, di Galaxy Note20 Ultra juga dilengkapi dengan 3 sensor kamera di bodi belakang. Triple camera ini terdiri dari 12 Mp Ultra Wide Camera + 108 Mp Wide Angle Camera + 12 Mp Telephoto. Sedangkan untuk kamera depannya (selfie camera) berresolusi 10 Mp, yang disematkan tepat di bagian layar sisi atas.

Berbekal spesifikasi tersebut, kamera pada Galaxy Note20 Pro mampu diandalkan untuk menghasilkan foto tajam berkualitas di berbagai macam kondisi. Ketika review Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini dan coba memotret di kondisi sangat gelap, dibantu fitur night mode, kamera di smartphone ini bisa menghasilkan foto yang terang dengan tingkat penangkapan cahaya yang natural dan tidak berlebih.

Begitu juga ketika memotret foto bokeh menggunakan fitur Live Focus, didapatkan hasil foto latar belakang yang buram dengan objek depan yang focus dengan sempurna. Belum lagi dukungan berbagai fitur seperti 5x optical zoom yang mampu menghasilkan foto tetap tajam meski dilakukan pembesaran maksimal. Tidak ketinggalan fitur Ultra wide-angle untuk menghasilkan foto dengan tangkapan yang lebih luas sehingga terlihat lebih dramatis.

 

Video 8K

Tidak hanya hasil fotonya saja yang berkualitas tinggi, kemampuan kamera dalam merekam video juga patut diacungi jempol. Ini karena kamera pada Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra sudah bisa merekam hingga dengan kualitas 8K. Caranya dengan menggunakan fitur Pro Video mode yang membuat hasil rekaman video yang selevel dengan para cineas professional.

Ditambah lagi dengan fitur Live Focus Video yang memberikan efek bokeh hasil video. Selain itu ada pula mode Pro Video yang dilengkapi kemampuan Pro-Grade Camera, suara, exposure, lighting, Adjustable Zoom Speed, dan syuting 120fps FHD.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, Samsung memungkinkan penggunanya untuk merekam video pada 120fps dengan kualitas gambar yang sangat mulus, ditunjang dengan layar yang memiliki refresh rate 120Hz. Saat merekam pada 120fps, kamera dari Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra mampu mengambil adegan secara mulus walaupun subjek maupun objek yang direkam melakukan pergerakan yang sangat cepat.

Salah satu peningkatan yang dibawa Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya, yaitu kemampuan audio ketika merekam video. Kemampuan ini ada pada Pro Grade Video mode, sebuah fitur untuk menghasilkan video profesional.

Melalui fitur ini pengguna bisa mengatur fokus rekaman video terhadap arah datangnya suara. Ada tiga pilihan penangkapan audio saat merekam video dengan fitur Pro Grade Video, yaitu Rear, Front, dan Omni. Kemampuan menangkap arah audio ini karena adanya tiga mikrofon yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note20 Ultra yang mengitari bodi dari smartphone tersebut. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengatur tinggi rendah audio pada rekaman video dengan menambah atau mengurangi volumenya.

Ada juga fitur Controlling Zoom Speed yang kami temukan saat review Samsung Galaxy Note 20 Ultra, pengguna bisa merekam video layaknya sebuah film professional. Apalagi fitur ini bsia digunakan dengan pengaturan yang sederhana. Controlling Zoom Speed. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan zoom ketika merekam video.

Misalnya ingin merekam video dengan efek bokeh atau efek blur pada latar belakang subjek atau objek yang direkam, pengguna bisa melakukan zoom secara perlahan untuk fokus pada subjek atau objek yang direkam. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa merekam video dengan tampilan zoom yang dramatis, seperti melakukan zoom secara cepat ke arah wajah orang yang ingin disorot.

Selain itu, kamera pada Samsung Galaxy Note20 Ultra juga menyediakan kemampuan menciptakan video slow-motion hingga 24fps. Menariknya pengguna tidak hanya bisa merekam video slow-motion, tapi juga bisa membuat video slow-motion dari video biasa. Caranya dengan menggunakan fitur editor video yang sudah disediakan. Di dalamnya ada fitur Speed Control yang bisa mengubah video berkecepatan standar menjadi slow-motion. Hasil video pun akan tetap mulus walaupun kecepatan diatur menjadi 4x lebih lambat.

Performa Meningkat

Soal performanya, Samsung Galaxy Note20 Series sudah didukung chipset terbaru, yakni Exynos 990 7nm. Ditambah lagi dukungan RAM 8 GB ROM 256 GB dan ada juga pilihan RAM 8 GB ROM 512 GB. Kapasitas memori juga bisa ditingkatkan hingga 1 TB melalui slot memori eksternal.

Samsung Galaxy Note20 Ultra menggunakan RAM dengan kapasitas 8GB menggunakan teknologi LPDDR5 yang telah ditingkatkan dari seri sebelumnya yang menggunakan teknologi LPDDR4x. LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/s 50% lebih cepat apabila dibandingkan dengan kecepatan LPDDR4X yang berada di 4266 Mb/s. Dan yang menarik, kecepatan yang lebih cepat pada RAM LPDDR5 bahkan menggunakan daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi terhadap performa yang akan berpengaruh kepada kemampuan sebuah perangkat untuk melakukan multi-tasking, serta pengimplementasian fitur-fitur pintar pada perangkat.

Review Samsung galaxy note20 Ultra k

Baterai Lebih Besar

Yang juga tidak kalah penting, yaitu soal daya tahannya yang berkaitan dengan kapasitas baterai. Samsung Galaxy Series dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar. Samsung Galaxy Note20 Ultra baterainya berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar jika dibandingkan seri Galaxy Note 10 dengan baterai 3.500 mAH dan Galaxy Note10+ memiliki baterai 4.300 mAh.

Tidak hanya itu, di Samsung Galaxy Note20 Ultra juga didukung teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang akan mengorganisir penggunaan daya baterai sehingga menjadi lebih hemat. Samsung Galaxy Note sudah mendukung fast charging 25W. Saat review Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan dicoba mengisi daya, hanya butuh 30 menit untuk bisa mengisi daya hampir 50%, sementara hingga penuh perlu waktu sekitar 90 menit.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Note20 Ultra menjadi seri dengan spesifikasi paling tinggi dibandingkan Galaxy Note20 dan Galaxy Note20+. Dan masih sama dengan Galaxy Note10 Series,  Samsung Galaxy Note20  Series masih menyasar segmen pasar yang sama, yaitu tidak hanya para pekerja professional, penikmat hiburan multimedia tapi juga para konten creator bahkan para gamer.

Galaxy Note20 Ultra untuk varian storage 256 GB dibanderol dengan harga Rp. 17.999.000,00 sementara varian storage 512 dibanderol dengan harga Rp. 19.999.000,00.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra