Review Samsung Galaxy J7+: Smartphone Lengkap Buat Para Milenial

samsung galaxy j7+
samsung galaxy j7+

GadgetDquad.id – Generasi milenial atau saat ini sering disebut juga “Kids Zaman Now”, menjadi pasar potensial bagi para pelaku bisnis, termasuk di industri hape. Jangan heran kalau sekarang ini banyak vendor merilis smartphone baru, yang mengusung berbagai fitur spesial buat para milenial.

Nah, buat kamu yang ngakunya anak milenial, tapi masih belum mendapatkan smartphone idaman yang kekinian, ponsel terbaru buatan Samsung yang satu ini bisa dijadikan kandidat, yaitu Samsung Galaxy J7+.

Samsung Galaxy J7+ diusung Samsung dengan segudang teknologi maupun fitur kekinian, yang siap membuat para milenial jatuh hati. Supaya nggak penasaran berikut hasil eksplorasinya.

Desain

Penampilan Samsung Galaxy J7+ memiliki konsep desain yang tidak berbeda jauh dengan generasi seri J7 sebelumnya. Hape ini hadir dengan desain yang elegan. Bodi ponsel ini nampak kokoh dengan sudut dan tepian membulat. Pemilihan bodi berbahan alumunium menjadikan tampilan Samsung Galaxy J7+ semakin menggoda. Hape pintar ini sangat pas saat berada dalam genggaman, hal ini menandakan Samsung Galaxy J7+ memiliki konstruksi bodi yang proporsional.

Samsung Galaxy J7+ menerapkan desain unibodi. Pada sisi kanan hape ini terdapat lubang speaker dan tombol power. Sedangkan sisi kirinya ada tombol volume dan slot SIM card berkonsep hybrid, yang salah satu slotnya juga bisa untuk kartu microSD. Di tepian bawah, ponsel ini meletakan port micro USB dan audio jack.

Layar

Samsung Galaxy J7+ membawa layar sentuh berukuran 5.5 inci. Layar tersebut dirancang dengan rasio 19:6, sehingga area pandang pada layar jadi lebih luas. Namun dengan rasio layar itu bodi Samsung J7+ tetap proporsional, tidak bonsor seperti ponsel berlayar 5 inci pada umumnya.

Layar sentuh ini sudah menggunakan teknologi Super AMOLED. Resolusinya mencapai Full HD dengan kerapatan piksel mencapai 401ppi. Performanya dalam menampilkan detil gambar serta warna tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, tetap terlihat tajam meski digunakan langsung di bawah sinar matahari. Apalagi layar hape ini juga sudah mendukung ‘Blue light filter’ teknologi yang tidak membuat mata cepat lelah dan mengurangi efek pancaran layar yang bisa merusak mata.

samsung galaxy j7+
samsung galaxy j7+

Kamera

Salah satu ciri generasi milenial yaitu , selalu mengabadikan berbagai momen dalam bentuk video maupun foto. Karenanya tidak berlebihan jika fasilitas imaging, didapuk menjadi salah satu menu milenial andalan Samsung Galaxy J7+. Ini dibuktikan dengan disediakannya kamera dengan lensa ganda berresolusi 13 MP dan 5 MP yang tertanam di bodi bagian belakang.

Samsung Galaxy J7+ menjadi seri J pertama yang sudah dipersenjatai kamera ganda. Kamera ganda di hape ini menggunakan sensor Sony. Untuk yang beresolusi 13MP bertipe Sony IMX258 dengan bukaan F1.7 dan yang 5MP menggunakan lensa Sony IMX241 dengan aperture F1.9.

Faslitas dual kamera membuat kamu bisa menghasilkan foto dengan background buram alias foto bokeh, yang saat ini sedang jadi tren dikalangan milenial. Menariknya lagi di Samsung Galaxy J7+ juga dibekali fitur Live Focus. Dengan fitur Live Focus ini kamu bisa mengatur tingkat bokeh secara manual dan langsung pada tampilan bidikan kamera di layar.  Uniknya lagi, untuk mempercantik dan membuat hasil foto jadi terlihat beda, tersedia beragam stiker bawaan yang bisa ditempelkan.

Soal kualitas foto, hasil jepretan kamera ganda Samsung Galaxy J7+ terlihat teang dengan detil gambar yang tajam. Efek bokehnya juga terlihat natural, tidak berkesan hasil editan aplikasi. Untuk mode kameranya sendiri, Samsung Galaxy J7+ menyertakan beberapa pilihan, seperti Auto yang cocok digunakan untuk pemula yang tidak ingin ribet, HDR, HDR (Rich Tone), Night, Food, Panorma serta Pro.

Tidak hanya untuk foto, Dual Camera di hape ini juga bisa dimanfaatkan untuk merekam video. Resolusi video bisa mencapai Full HD 1080p dengan kecepatan 30fps. Hasil rekamnya cukup mulus dengan gambar yang stabil. Bahkan masih tetap jelas saat merekam video di lokasi yang agak-agak minim cahaya.

Bagi penggemar selfie, terdapat kamera depan 16 MP yang memiliki aperture F1.9 . Kamera depan ini menggunakan sensor bawaan Samsung.  Serupa di kamera utama, kamu juga bisa memanfaatkan stiker untuk membuat foto selfie lebih unik. Saat selfie di lokasi minim cahaya, kamera depan Galaxy J7+ sudah dibekali LED flash, sehingga hasil foto tetap terlihat terang.

Untuk yang hobi bikin video selfie, kamera depan Galaxy J7+ juga sudah mendukung resolusi Full HD 1080p. Kualitas video di kamera depan pas banget buat para milenial yang suka atau sedang belajar menjadi vlogger.

samsung galaxy j7+
samsung galaxy j7+

Fitur Unik

Samsung Galaxy J7+ menyisipkan beberapa fitur khas besutan Samsung.  Sebut saja Samsung Notes, Samsung Health, Secure Folder dan yag tidak kalah menarik, adalah asisten pribadi andalan Samsung, yakni Bixby yang juga menjadi fitur andalan di Samsung Galaxy S8.

Untuk membuka Bixby di Samsung Galaxy J7+, kamu harus menggeser home screen paling ujung kiri ke arah kanan layar. Bixby di Samsung Galaxy J7+ bisa menampilkan informasi umum seperti news, prakiraan cuaca serta aplikasi yang terkait Galaxy J7+. Fasilitas lain yang tidak kalah unik, yakni adanya teknologi Signal Max. Dengan teknologi tersebut, Samsung mengklaim Samsung  Galaxy J7+ mampu menangkap sinyal lebih maksimal.

Kinerja

Samsung Galaxy J7+ disokong prosesor Octa-core 2.4 GHz dengan chipset MediaTek MT6757 dan GPU Helio P20. Secara performa, chipset MediaTek ini tidak jauh beda dengan Qualcomm Snapdragon 625. Untuk menopang kemampuan hardware-nya, Samsung Galaxy J7+ dibenamkan RAM 4 GB serta memori internal 32GB.

Terdapat juga, memori eksternal microSD yang lokasinya menyatu dengan salah satu slot SIM card. Artinya, jika ingin menggunakan slot tersebut untuk kartu memori tambahan, maka harus mencopot salah satu simcard. Slot memori eksternal ini mendukung hingga kapasitas 256 GB. Untuk sistem operasinya hape ini mengadopsi platform OS Android Nougat 7.1

 

Koneksi dan Baterai

Samsung Galaxy J7+ memiliki kemampuan Dual SIM Dual Standby. Kedua slot ini mendukung jaringan 4G semua frekuensi LTE yang digunakan operator seluler tanah air (FDD LTE dan TDD LTE).

Untuk daya tahan hidupnya, Samsung Galaxy J7+ dibekali baterai lithium berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas tersebut sudah lumayan besar, jika dibanding hape sekelas yang rata-rata masih menjejalkan baterai di bawah 3.000 mAh.