Review Samsung Galaxy A01 : Nama Besar Samsung Jadi Modal Utama?

infogadgets.info.ID – “Satu untuk sejuta gaya” kalimat tersebut menjadi slogan Samsung, untuk Galaxy A01 yang baru saja rilis di Indonesia. Melalui Galaxy A01, Samsung mempertegas jika pabrikan asal Korea Selatan ini, konsisten bertarung di semua lini.

Yup, jika sebelumnya Samsung sedang getol memboyong seri flagship ke Tanah Air melalui trio Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip, seri Galaxy A01 justru datang dari kelas entry level smartphone.

Dalam peluncurannya, Galaxy A01 digadang pihak Samsung menjadi penerus seri J2 Prime yang sempat menjadi primadona di kelas entry level beberapa waktu silam. So! mampukah Galaxy A01, menjadi primadona baru di kelas pemula? Berikut ulasannya

Desain
Saat dikenalkan kehadapan media, pihak Samsung menuturkan jika salah satu daya tarik Galaxy A01 yakni dari segi desain. Nah, saat infogadgets.info melihat Galaxy A01 untuk kali pertama, bisa dikatakan tampilan hape ini jauh dari kesan mewah.

Tampilannya memang tidak mewah bahkan cenderung standar, tapi saat tangan ini menggenggam Galaxy A01, baru terasa hape ini memiliki keistimewaan dari segi desain.

Bodi Galaxy A01 sangat kompak, sehingga sangat nyaman digengam dengan satu tangan. Mantabnya lagi, cover body belakangnya dibuat dari material mate sehingga tidak licin saat digenggam.

Dengan kombinasi bodi proporsional plus material mate yang mantab digenggam, Galaxy A01 adalah jawaban dari Samsung buat kamu yang selama ini, tidak nyaman dengan hape berbodi bongsor berbalut material glossy nan licin.

Secara keseluruhan Galaxy A01 memiliki dimensi 146.2 x 70.9 x 8.3 cm dengan bobot 149 gram.

Layar
Walau datang dari kelas pemula, tampilan layar Samsung Galaxy A01 tetap kekinian. Galaxy A01 memiliki layar berkonsep Infinity V, dimana pada bagian atas terdapat notch kecil tempat tertanamnya lensa kamera depan. Layarnya sendiri memiliki bentang 5,7 inci, berjenis TFT dengan resolusi 720 x 1520 piksel .

Menariknya tampilan layar Galaxy A01, hadir dengan user interface One UI 2.0, yang menawarkan interaksi lebih natural karena semua menu terbagi atas (dua) viewing area. Dimana di area atas untuk informasi, sedangkan sisi bawah tempat berinteraksi.

Komposisi layar hp ini memang tidak mewah, namun untuk bersaing di level pemula terbilang sudah cukup. Selama proses pengujian, layar Galaxy A01 juga terbilang responsive.

Kamera
Sebagai hp kelas pemula, jangan berharap Galaxy A01 dibersenjatai lensa kamera kelas wahid. Akan tetapi bukan berarti kualitas hasil bidikan kamera Galaxy A01, bisa dipadang sebelah mata.

Untuk komposisi menu imaging, Samsung menyematkan dua kamera utama dengan lensa 13MP dan 2MP, serta satu kamera depan dengan lensa 5MP.

Saat dieksplorasi, lensa 13MP ternyata punya bukaan f2.2, alhasil kualitas foto Galaxy A01 terutama dalam kondisi cahaya normal cukup tajam dan cerah. Saat menguji menu live fokus, lensa depth sensor 2MP bekerja dengan apik, sehingga bisa menghasilkan gambar bokeh yang natural

Kamera depan 5MP juga memungkinkan pengguna untuk mengambil swafoto dengan latar bokeh, serta untuk keamanan dengan metode pengenalan wajah atau face recognition.

Dari hasil eksplorasi, bisa dikatakan kualitas kamera Galaxy A01, terbilang lumayan untuk bersaing di segmen entry level.

Dapur Pacu
Dapur pacu smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 439, berpadu dengan RAM 2GB dan ROM 16GB. Tersedia pula satu slot kartu memori microSD yang terpisah dari SIM Card 1 dan 2, yang mendukung kapasitas hingga 512GB.

Spesifikasi ini diklaim Samsung sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari para pengguna entry level smartphone yang umumnya mengakses media sosial dan aplikasi perpesanan, serta mengakses video dan musik streaming. Saat di uji, klaim pihak Samsung bisa dipertanggung jawabkan.

Baterai
Hape 4G ini, dipersenjatai baterai berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas baterainya terbilang tidak besar, hanya saja pihak Samsung optimis kapasitas baterai tersebut sudah memadai untuk mendukung aktivitas seharian. Tentunya dengan catatan penggunaan normal.

Untuk harga, Samsung Galaxy A01 memiliki nilai jual yang ramah dikantong pengguna pemula. Untuk memdapatkan Samsung Galaxy A01, kamu cukup merogoh kocek Rp 1.499.000.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01
Layar : TFT 5,7 inci, (720 x 1520 piksel)
Dimensi : 146.2 x 70.9 x 8.3 mm Bobot 145 gram
Chipset : Qualcomm SDM439 Snapdragon 439
GPU : Adreno 505
RAM : 2 GB
Storage : 16 GB
SIM Dual SIM
Kamera Depan : 5 MP (f/2.2)
Kamera Belakang : 13 MP (f/2.2), 2 MP depth (f/2.4)
Baterai : 3.000 mAh
Sistem Operasi : Android 10
Fitur Pendukung : microUSB 2.0, 3.5mm jack Konektivitas Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 b/g/n
Warna : Black dan Blue Harga Rp 1,5 juta