Review Realme U1: Kinerja Lancar, Selfie Lebih Bersinar

Realme U1 tidak hanya punya spesifikasi mumpuni dikelasnya, tapi punya kamera selfie resolusi tinggi.

Gadgetsquad.ID – Hp Realme terbaru yang diklaim mampu memberikan pengalaman selfie terbaik telah hadir di Indonesia, yaitu Realme U1. Realme U1, tidak hanya dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni dikelasnya, Realme U1 juga kini lebih mengedepankan untuk mereka yang suka foto selfie dengan resolusi tinggi. Berikut review Realme U1.

Desain

Secara desain Hp Realme U1 memiliki bentukan yang mirip hp terbaru saat ini yang ada dipasaran. Mugkin kalau dilihat sekilas hampir mirip dengan Honor 9i. Memiliki layar luas dengan notch pada bagian atas.

Light Pillar Design back cover, 13 lapis atom level mikro, memberikan kesan transparan, nyaman digenggam dan tahan goresan. Untuk menghasilkan efek light pillar ini, Realme membuat injection molding dilakukan berulang kali, dan 13 lapis laminasi level mikro dibuat dengan proses yang tidak sederhana. Setiap lapis dipanaskan dengan temperature tinggi untuk menyatukannya secara atomik. Light pillar cover ini membawa kesan transparan, trendi, dengan kualitas yang tinggi.

Bagian ini jadi membuat hp kelihatan glosy, sehingga mudah meninggalkan sidik jari. Dengan mudahnya kotor pada bagian ini, maka disarankan untuk menggunakan jelly case yang sudah tersedia pada paket penjualannya.

Realme U1 memiliki dimensi yang terbilang kompak, dengan berat yang hanya 168g dan desain 2.5D curved glass yang disatukan dengan sangat presisi memberikan kenyamanan untuk digenggam. Membawa pilihan warna baru Fiery Gold, Ambitious Black and Brave Blue, membuat pengguna bisa lebih leluasa Realme U1 memilih produk sesuai karakter.

review realme u1 (5)

Baca juga: Dijual Rp2 Jutaan, ini Spesifikasi Lengkap Realme U1

Layar

Realme U1 hadir dengan layar 6.3-inci FHD dewdrop full screen dengan rasio screen-to-body 90.8%. Meski memiliki layar yan luas, namun demi kenyamanan penggunanya Realme U1 masih terasa seperti 5.5-inci saat digenggam.

Realme U1 membawa layar 19.5:9 dengan resolusi FHD+ 2340×1080 pixel (409 pixel per inch) dengan contrast ratio 1500:1 dan tingkat kecerahan layar 450nit.

Layar ini mampu menampilkan tampilan layar tajam dengan tingkat kedalaman warna yang maksimal, apalagi saat kamu menikmati konten multimedia. Tidak hanya dari sisi tampilan, layar Realme U1 juga cukup responsif saat kami melakukan multitasking.

Realme U1 memiliki bingkai layar yang tipis, hanya 2.05mm di bagian atas yang dioptimalisasi untuk menanamkan berbagai sensor, 1.7mm bezel kiri dan kanannya serta bezel di bagian bawah hanya memiliki lebar 5.2mm. Dengan dezel yang semakin ramping, maka layar menjadi lebih luasnya saat dipasangkan pada dimensi 157x74x8mm.

Apalagi layarnya juga masih dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, jadi layar lebih tahan terhadap goresan dibandingkan dengan ponsel lain.

Interface

Realme U1 hadir dengan basis Android 8.1 dengan Color OS 5.2 AI System yang memiliki beragam fungsi seperti fasy screenshot: screenshot dengan tiga jari dan long screenshot, mendukung fitur edit and share.

Realme U1 dibekali dengan fitur Full Screen Multitasking dengan Smart Sidebar dan Game Sidebar. Fitur ini akan muncul saat bermain game. Dengan fitur ini maka akan memudahkan pengguna untuk menangani banyak apps, beralih antara apps, mengirimkan konten, dan menangani informasi dengan lebih efisien.

review realme u1 (4)

Baca juga: Compare Realme U1 vs Xiaomi Mi A2 , Sama-sama Jagokan Kamera Selfie

Hardware

Realme U1 merupakan hp pertama di dunia dengan MediaTek Helio P70. Menggunakan CPU octa-core (Cortex-A53 quad-cores dan Cortex-A73 quad-cores) dengan proses fabrikasi 12nm yang mampu mengurangi konsumsi daya hingga 15%.

Pada GPU menggunakan ARM Mali-G72 untuk alih sektor pemrosesan grafis dimana kombinasi ini mampu menghasilkan clock speed hingga 2.1GHz. Dengan performa yang tinggi, ponsel ini dapat bekerja dengan sangat efisien dan sangat mulus dimana 13% lebih efisien daripada Helio P60.

P70 dilengkapi dengan intelligent task scheduling system CorePilot 4.0 yang memungkinkan manajemen baterai yang lebih baik. Melalui pengaturan suhu yang dapat mengatur dirinya sendiri, pemantauan pengalaman pengguna, dan penjadwalan mode hemat energi, P70 mengoptimalkan manajemen daya untuk mendukung pengalaman pengguna yang lebih stabil.

Untuk kapasitas penyimpanan, Realme U1 hadir dengan RAM 4GB dan ROM 64GB, mendukung tambahan microSD hingga 256GB. Realme U1 sendiri menawarkan pilihan 3GB+32GB dengan harga yang lebih terjangkau.

Hasilnya, performa hp ini cukup mengagumkan. karena pada skor Antutu mampu mendapatkan skor 130 ribuan. Tidak hanya itu, hp ini juga mampu menjalankan beberapa game esport kekinan, seperti PUBG, AOV dan Mobile legend.

review realme u1 (1)

Fitur Khas Realme U1

Didalamnya Realme menyediakan fitur Clone phone pengguna jadi tidak memerlukan kabel data dalam memindahkan data dari perangkat yang lama ke perangkat baru cukup melalui Scan QR code. Memproses transmisi data dengan cepat, dan menampilkan real-time display dari proses cloning.

Ada juga fitur Clone apps yang memungkinkan penggunaan dua akun media sosial secara bersamaan, misalnya WhatsApp atau facebook. Berkat fitur Smart play, video yang saat diputar juga masih dapat tetap mengeluarkan suara ketika layar menampilkan posisi background atau padam.

Realme juga menyediakan fitur Optimized screen recording, yakni fitur yang menampilkan waktu dan ukuran perekaman sehingga pengguna dapat mengetahui secara real time. Kualitas screen recording dapat diatur pada tingkat 720p atau 480p.

Baca juga: Realme U1 Akan Hadir dengan Kamera Selfie Terbaik Saat ini

Realme U1 sudah memiliki optimalisasi spesial untuk games yang tren: Optimalisasi untuk permainan yang sedang hits seperti PUBG dan AOV. Mode high frame rate dapat dibuka pada AOV, HD image quality dan high frame rate juga dapat dirasakan pada PUBG.

Selain pemindai sidik jari dan fitur standart keamanan HP Android. Realme U1 juga dibekali Facial Unlock yang nampu mengidentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan presisi yang tinggi. Pengguna cukup mengarahkan perangkat menghadap ke wajah, maka smartphone akan ter-unlock secara instan. Ketika pencahayaan kurang baik seperti pada malam hari, unlocking dapat tetap dilakukan berkat layar yang terang. Facial unlock dapat bekerja dalam 0.1 detik.

Fitur keamanan lainnya di Realme U1 juga menyediakan SmartLock, yang terdiri dari beberapa pilihan seperti trusty places, Trusty devices dan On-body detection

Ralme juga memiliki fitur Smart Life yang terdiri dari Smart driving, Sistem akan mengetahui secara otomatis ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit.

review realme u1 (3)

Baterai

Untuk kekuatan baterainya, Realme U1 dibekali kapasitas baterai 3500mAh, dikombinasikan dengan CorePilot 4.0 yang dibawa oleh Helio P70 yang dapat mengontrol konsumsi daya dan fitur AI, membuat baterai Realme U1 dapat bertahan tanpa pengisian ulang saat digunakan sepanjang hari.

Intelligent task scheduling system dapat mengatur strategi penghematan daya dengan mengurangi konsumsi daya yang tidak penting, tanpa mengurangi fungsi ponsel.

Konektivitas

Realme U1 mendukung dual SIM, dual 4G dan dual VoLTE. Kedua SIM dapat digunakaan bersamaan pada koneksi jaringan 4G dan VoLTE. Pada koneksi WLAN, Realme U1 menawarkan koneksi 5GHz yang lebih baik dan lancar daripada 2.4GHz.

Kamera Selfie mumpuni

Realme U1 merupakan smartphone dengan kemampuan foto selfie yang cukup mumpuni. Karena kamera depan Realme U1 memiliki resolusi 25MP yang mampu mengambil foto selfie dengan kontrol noise dan color recovery yang lebih baik.

Hasilnya membuat setiap detail foto selfie akan terlihat mengesankan. Saat berfoto di tempat dengan kondisi low-light, 4-in-1 pixel synthesis technology dapat memberikan sensitivitas cahaya setara 1.8um dan secara signifikan meningkatkan cahaya yang efektif, memastikan kualitas gambar yang terang dan stabil.

Apalagi prosesor Helios P70 miliknya juga sudah mendukung HDR real-time preview dan gambar HDR dalam format RAW. Pengurangan noise multi-frame meningkatkan kinerja memotret sebesar 20%, memperkuat mode burst, dan membawa deteksi wajah AI yang tepat dan pengenalan scene yang lebih baik (automatic exposure, automatic focusing, automatic white balance).

Didalamnya masih menyediaan fitur Super Vivid Mode 2.0, beauty upgrade, dan smart group photographing recognition, jadi mampu membedakan pria dan wanita melalui kamera. Dengan 296 titik identifikasi, fitur ini dapat menghasilkan kecantikan yang lebih dipersonalisasi.

Nah, fitur ini juga mampu mempercantik wajah dan anggota tubuh secara bersamaan sehingga menghasilkan efek yang sempurna dan konsisten. Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil gambar hingga empat orang dalam satu frame, dengan hasil beautification yang disesuaikan dengan jenis kelamin masing-masing.

Tidak hanya kamera depan yang bagus, kamera belakang Realme U1 juga sama baiknya. Memiliki dual rear camera, dengan konfigurasi 16MP+2MP yang efektif untuk gambar yang gelap, buram, dengan performa bokeh yang lebih kuat.

Baca juga: Harga Realme U1 Dibanderol Antara Realme 2 dan 2 Pro, Berapa?

Kamera sekunder bekerja untuk mengukur jarak spasial pada objek dalam mode portrait. Efek pencahayaan mode portrait: Gunakan depth-of-field untuk menghaluskan dan AI Beautify dalam ruang 3D, membentuk gaya potret cahaya eksklusif. Dengan pilihan natural light, film light, tone light, edge light and bi-color light, memberikan pengalaman pengguna yang berbeda untuk mengambil foto portrait.

Kamera ini memiliki AI scene recognition. Jadi hp ini bisa mengenali 16 scene foto dan 100 kombinasi scene sehingga memudahkan untuk memilih exposure yang tepat, dynamic-range dan rasio kontras yang lebih baik. Mode pemotretan yang tepat kemudian dicocokkan dan digunakan untuk menyajikan foto keseluruhan yang lebih baik.

Untuk merekam video penggunanya akan dimanjakan dengan fitur Slow-Motion. Karena Realme U1 mendukung perekaman video slow-mo 90fps/720P untuk merekam momen indah dalam hidup dengan lambat.

‘Selain itu, buat kamu yang sudah lebih mahir memainkan efek pada kamera. U1 juga menyediakan Mode Pro. Pengguna dapat menyesuaikan parameter seperti white balance, exposure, focusing, ISO, dan shutter speed, untuk mewujudkan efek foto unik yang diinginkan oleh pengguna dan memenuhi keinginan hasil foto yang maksimal.

Hasil Kamera Realme U1: