Review realme C15 : Lebih Dari Sekadar Baterai Bongsor

infogadgets.info.ID – Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia termasuk Indonesia, memang mempengaruhi daya beli masyarakat. Namun untuk beberapa sektor khususnya di Indonesia, ternyata daya beli masih cukup baik, setidaknya situasi ini berlaku bagi realme.

Dalam sebuah diskusi Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia menuturkan, minat beli konsumen di Tanah Air selama pandemi, ternyata tetap baik. “Ketika sudah fase new normal, daya beli konsumen di Indonesia ternyata memuaskan. Bahkan kami melihat ada peningkatan,” ungkap Palson.

Peluang tersebut langsung direspon realme dengan merilis produk baru di Tanah Air, yakni realme C15. Indonesia sendiri mendapat kehormatan sebagai negara pertama, tempat diluncurkannya realme C15.

Datang dari keluarga seri “C”, realme C15 diplot sebagai pelengkap jajaran seri Entry-Level King ala realme. Tidak ingin julukan Entry-Level King hanya sekedar menjadi tempelan belaka, realme C15 pun dibekali berbagai teknologi serba “pertama” yang membuat smartphone ini lebih istimewa, dibanding kompetitornya direntang harga 2 jutaan.

Biar kamu gak penasaran dengan kualitas realme C15, tanpa panjang lebar berikut ulasannya!!!

Desain

Saat realme C15 hadir di meja redaksi infogadgets.info.ID, bisa dikatakan tidak ada yang istimewa dari tampilan kotak penjualan smartphone ini, selain warna dasar kuning yang terbilang sudah identik banget dengan identitas brand realme.

Lalu bagaimana sejatinya desain dari realme C15?

Rancang bangun realme C15 terbilang proporsional. Bodi tidak terlalu besar, sehingga masih nyaman digenggam dengan satu tangan. Sayang saat digengam, harus diakui bobot realme C15 terbilang cukup berat. Secara keseluruhan smartphone ini memiliki dimensi 164.4mm x 75.9mm x 9.8mm dengan berat 209g.

Terlepas dari bobotnya cukup berat, tampilan bodi belakang realme C15 harus diakui begitu menggoda. Cover bodi belakangnya dirancang dengan konsep “Geometric Gradient Design”. Bentuk trapesium membagi penutup belakang menjadi 3 area dengan sudut garis yang berbeda, desain semacam ini dapat membawa warna dengan gradasi berbeda.

Desain gradien geometris ini juga menghasilkan efek visual yang teratur dan membuat tampilan realme C15 semakin berkelas. Bodi belakangnya sendiri memiliki sentuhan tekstur, alhasil realme C15 tidak licin saat digenggam.

Tampilan bodi belakang realme C15 semakin menarik dengan tata letak kamera yang kekinian. Seperti seri realme C11, tata letak kamera di bodi belakang realme C15 dibuat kotak. realme C15 sendiri tersedia dalam pilihan warna Marine Blue dan Seagull Silver.

Layar
Masih dari segi tampilan, kali ini giliran layar realme C15 yang infogadgets.info.ID coba ulik kualitasnya. Secara spesifikasi realme 15 dibekali layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan kerapatan hingga 720×1600 pixel.

Layarnya realme C15 mengusung desain Mini-drop, dimana mengadopsi proses susunan baru yang ditingkatkan berdasarkan fungsi, sehingga area poni berkurang sebesar 30,9% dibanding smartphone lain dengan konsep yang sama. Ukuran poni yang lebih kecil secara otomatis, membuat smartphone ini memiliki rasio layar lebih luas, yakni mencapai 88,7%.

Dengan konsep dan teknologi layar yang diusung, bisa dikatakan display realme C15 sudah sangat kekinian, namun bagaimana dengan performanya? Tak bermaksud berlebihan, tidak ada hal yang mengganjal saat infogadgets.info.id menguji layar realme C15. Respon layar begitu baik, tampilan warna juga terbilang nyata.

Satu lagi yang tidak boleh terlewat, lantaran realme C15 memiliki rasio layar 88,7%, membuat pandangan mata ini lebih nyaman saat mengeksplor smartphone ini dalam jangka waktu lama.

Kamera
Menu kamera menjadi senjata lain realme C15 untuk menarik hati konsumen. realme C15 mendapat kehormatan, menjadi smartphone pertama dari keluarga seri “C” yang dipersenjatai 4 lensa. Tidak sekedar banyak, keempat kamera yang tertanam di bodi belakang realme C15 hadir dengan teknologi yang berkelas.

Kamera utamanya memiliki optik 13MP dengan aperture besar f/2.2, ditambah lensa ultra wide 8MP f/2.25 dan 119 °, serta dua lensa berkualitas 2MP dengan kemampuan mengambil gambar B&W dan Retro.

Saat diuji, kemampuan keempat lensa tersebut tidak bisa dianggap remeh. Contohnya saat infogadgets.info.ID memaksimalkan realme C15, untuk mengambil gambar pemandangan. Lensa ultra wide, mampu menghasilkan gambar pemandangan yang dramatis hanya dengan satu klik.

Selain itu, algoritma kalibrasi distorsi yang disesuaikan oleh realme, mampu memperbaiki distorsi yang dihasilkan pada foto ultra-wide-angle tradisional, membuat foto-foto bidang lebar lebih nyata dan menakjubkan.

Untuk membuat pengalaman fotografi lebih menarik, kamera di realme C15 juga dibekali fitur dan moda pengambilan gambar yang lengkap. Salah satunya yang begitu kekinian, yakni Super Nightscape Mode.

Hasil foto mode Super Nightscape Mode

Fitur yang satu ini begitu memanjakan infogadgets.info.ID, saat melakukan hunting foto di malam hari. Hasil foto menggunakan Super Nightscape Mode terbilang memuaskan tidak kalah untuk bersaing dengan kompetitior di level yang sama.

Hasil foto mode bokeh

Dua lensa yang tak boleh dilupakan: lensa B&W dan Retro yang memberikan dua efek artistik khusus. Kedua lensa ini dapat mereproduksi foto dengan gaya film retro dan menambah tekstur pada hasil akhir.

hasil foto mode normal

Sementara itu, bagi kamu yang suka foto selfie, realme membekali C15 lensa depan 8MP. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu kamu mengambil foto selfie lebih luas. Secara keseluruhan memberikan kamu pengalaman kamera terbaik di segmennya.

Performa
Berbicara performa, tentu tidak lepas dengan komposisi dapur pacu yang diusung realme C15. Dari data yang didapat, komposisi dapur pacu realme C15 dikomandoi chipset Mediatek Helio G35.

Mediatek Helio G35 adalah prosesor delapan-inti 64bits yang dibuat dengan proses produksi 12nm, serta memiliki kecepatan hingga 2,3Ghz. Prosesor tersebut juga mengadopsi struktur Cortex A53. Berdasarkan komposisi tersebut, bisa dikatakan realme C15 menjadi salah satu smartphone paling ngebut di kelasnya.

Perlu dicatat Mediatek Helio G35 dikenal sebagai prosesor gaming, terutama bagi entry level smartphone. Prosesor ini diklaim, sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula, karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan.

Ketika infogadgets.info.ID menguji realme C15 dengan memainkan berbagai gim mobile populer, seperti CODM hingga PUGB, kinerja hape ini terbilang memuaskan. Semua gim yang dicoba berjalan lancar tanpa dijumpai lag, tampilan grafis juga cukup memuaskan, apalagi mengingat realme C15 adalah smartphone kelas harga dua jutaan.

realme C15 sendiri tersedia dalam 3 tipe, yakni RAM 3GB/internal 64GB, RAM 4GB/internal 64GB dan RAM 4G/internal 128GB. Perlu diketahui, realme C15 menjadi seri C perdana yang dianugrahi internal memori 128GB. Masih soal penyimpanan data, realme C15 memiliki 3 slot, dua slot untuk simCard, 1 slot untuk eksternal memori.

Menu Khas
Seperti smartphone realme lainnya, seri C15 juga dibenamkan antar muka bawaan, yakni realme UI. Untuk seri C15, sudah mengadopsi realme UI berbasis Android 10. realme UI dirancang dengan pendekatan preferensi dan estetika anak muda. realme UI bekerja secara mulus dan menyenangkan ketika digunakan.

Selain tampilan UI yang anak muda banget, smartphone ini juga memiliki menu-menu khas dan sangat membantu penggunanya dalam berbagai aktivitas. Contoh jika ingin santai sejenak, menikmati koleksi musik favorit atau menonton video, kamu bisa mengaktifkan Dual Mode Music Share.

Dual Mode Music Share, sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama, pada waktu yang sama dari perangkat yang sama. Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan.

Fitur menarik lainnya adalah “Mode Fokus”. Saat Mode Fokus aktif, kamu bisa mengisolasi diri dari dunia luar. Sistem secara bersamaan akan memainkan beberapa musik yang menenangkan. Mode ini akan mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu), mencegah notifikasi baru menumpuk.

Menu lain yang juga bisa dimaksimalkan diantaranya, fitur Tangkapan Layar 3-Jari, Perlindungan Informasi Pribadi, hingga Mode Gelap. Sedangkan untuk fasilitas keamanan tambahan, realme C15 dipersenjatai pemindai sidik jari yang tertanam di bodi belakang.

Baterai
Seperti sempat disinggung di awal, banyak teknologi serba pertama yang tertanam di realme C15, beberapa diantaranya terdapat disektor daya tahan. Hal ini tidak lepas dari slogan yang diusung realme C15, yakni “6000 mAh with 18W Quick Charge”.

Dari slogan tersebut, sudah terlihat apa saja teknologi serba pertama yang hadir disektor daya tahan realme C15. Yup, seri C15 menjadi smartphone pertama realme yang ditanamkan mega baterai berkapasitas 6000 mAh. Kemudian, realme C15 juga menjadi smartphone perdana di jajaran seri-C realme yang dibekali fitur pengisian cepat 18W.

Selanjutnya, realme C15 ditasbihkan pihak vendor sebagai smartphone pertama di keluarga seri C, yang memiliki kombinasi baterai mega 6000mAh dengan 18W Quick Charge. Fakta-fakta tersebut tentu sangat menggoda, namun apakah kualitas sektor daya tahan realme C15, setangguh yang digembar-gemborkan realme?

Berbicara kapasitas baterai, tidak bisa dipungkiri baterai 6000mAh, menjadikan realme C15 sebagai salah satu smartphone dengan catu daya terbesar yang edar di pasaran saat ini. Sedangkan dari segi kualitas, menurut hasil tes di realme Lab, seri realme C15 sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby).

Dengan fakta tersebut, realme mengklaim jika daya tahan seri realme C15, jauh lebih baik dari beberapa smartphone flagship. infogadgets.info.id pun mencoba membuktikan klaim tersebut, dengan menguji realme C15 menjalankan berbagai fitur secara intens dan simultan. Hasilnya daya tahan baterai realme C15 memang tangguh.

Contohnya saat hape ini diuji bermain PUGB hampir 2 jam lamanya, kapasitas baterai hanya berkurang sekitar 15% dari 100%. Awetnya daya tahan baterai realme C15, tidak lepas dari teknologi yang dikembangkan pihak vendor, diantaranya App Quick Freeze, Screen Battery Optimization serta Super Power Saving Mode.

Terkait kemampuan Quick Charge 18W, fasilitas yang satu ini menurut infogadgets.info.id, menjadi penyempurna kualitas realme C15 di sektor daya tahan baterai. Kamu tidak perlu takut waktu terbuang banyak, saat mengisi baterai realme C15 yang begitu besar. Ketika diuji, kurang lebih hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi 25% daya.

Kerennya lagi, tidak hanya memiliki baterai bongsor 6000mAh dan fitur pengisian cepat 18W, realme C15 juga memiliki kemampuan OTG reverse charging. Fasilitas ini tentu sangat membantu, jika di tengah aktivitas ada gadget kamu yang low batt.

Kesimpulan
Melalui jajaran seri “Entry-Level King”, realme nampaknya terus membuktikan misinya, untuk mengubah stigma jika smartphone entry level, selalu hadir dengan kualitas maupun fitur yang seadanya.

realme C15 menjadi bukti paling baru, bagaimana sebuah smartphone kelas harga dua jutaan disuntik teknologi kekinian dan tentunya powerful, sesuai kebutuhan konsumen.

Menariknya lagi, realme C15 juga dianugrahi berbagai teknologi baru serba pertama yang terbilang revolusioner untuk smartphone di kelas harganya, seperti mega baterai 6000mAh dengan kemampuan pengisian cepat 18W.

Berkaca dari sederet teknologi baru, serta kualitasnya yang memuaskan selama proses pengujian. Rasanya sangat layak jika realme C15 untuk menjadi target utama, bagi konsumen yang mencari smartphone baru direntang dua jutaan. realme C15 sudah bisa dipesan disini (https://bit.ly/realme-C15)

Spesifikasi lengkap realme C15

Prosesor MediaTek Helio G35 12nm proses produksi Cortex A53 2.3Ghz
RAM & Memori Internal 3GB+64GB , 4GB+64GB, 4GB+128GB

Kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB

Layar

 

6,5 inci (16,5cm) Fullscreen, Resolusi HD+ 720*1600, Rasio Layar 88,7%
Warna Marine Blue, Seagull White
Baterai 6000mAh, 9V2A pengisian daya

Lubang Micro USB , Mendukung OTG reverse charging

Kamera 13MP Ultra-wide Quad Camera

Utama:

13MP

PDAF

f/2.2 Aperture

HDR

Chroma Boost

Slo-mo

5P Lens

Ultra-wide Angle ; 8MP, f/2.25, FOV 119°

B&W Lens:2MP, f/2.4 Aperture

Retro Lens:2MP, f/2.4 Aperture

Video : 720p / 1080p, 30fps

Kamera Depan AI ; 8MP , 5P Lens, AI Beauty , HDR, Panoramic, View, Timelapse

Konektivitas Mendukung 2.4G Wi-Fi, Mendukung Bluetooth 5.0
Ukuran & Berat Ukuran: 164.4mm*75.9mm*9.8mm

Berat: 209g

Sensor

 

GPS/Beido/Glonass, Magnetic Induction Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor, Accelerometer Sensor, Fingerprint
Sistem Operasi realme UI berdasarkan Android 10
Paket Penjualan realme C15

9V2A Adapter *1

Kabel MicroUSB *1

Kartu Garansi *1

Panduan Cepat *1

Alat Pelontar Kartu SIM *1

Lapisan Pelindung Layar *1