Review Realme Buds Q : TWS 300 Ribuan Terbaik?

infogadgets.info.ID – Keinginan Realme untuk bisa bertaji tidak hanya di bisnis smartphone, diwujudkan brand asal Cina ini dengan ikut mengembangkan perangkat AIoT.

Realme sendiri nampak begitu agresif di bisnis perangkat AIoT. Terbaru agresifitas Realme di bisnis AIoT diwujudkan dengan merilis perangkat True Wireless Stereo (TWS), berlabel Realme Buds Q.

Kehadiran Realme Buds Q, tentu menambah koleksi TWS yang sudah dirilis Realme sebelumnya, yakni Buds Air dan Buds Air Neo.

Bagaimana performa Realme Buds Q? Biar gak penasaran, tanpa panjang lebar berikut ini ulasannya.

Desain
Saat infogadgets.info.ID pertama kali membuka kotak penjualan Realme Buds Q, harus diakui tampilan casing luaran TWS terbaru Realme ini, terbilang paling elegan dibanding produk sebelumnya. Berbalut warna hitam doff, casing Realme Buds Q memiliki desain oval melengkung tanpa sudut, layaknya bentuk cobble alias batu yang membulat

Dari sisi desain luar, bisa dikatakan Realme berhasil merancang Buds Q menjadi TWS dengan tampilan yang terbilang premium. Usut punya usut, Realme memang tidak sembarangan memukirkan konsep desain Buds Q. Pasalnya dalam merancang Buds Q, Realme berkolaborasi dengan Jose Levy, seorang seniman asal Prancis serta desainer yang telah bekerja sama dengan Hermes.

Tampilan luarnya sudah ok, tapi bagaimana dengan desain earbudnya sendiri, apakah tetap elegan dan nyaman saat digunakan? Nah saat kota casing dibuka, akan disambut oleh dua earbud berjenis in-ear monitor (IEM), pertama dari realme.

Seperti casing luarnya desain earbud Realme Buds Q, memiliki rancang bangun yang membulat, tanpa gagang atau bagian memanjang yang menjorok keluar. Bagian earbud dimodifikasi untuk dapat masuk ke rongga telinga penggunanya, layaknya TWS bermodel IEM lainnya.

Desain seperti ini memungkinkan realme Buds Q untuk terkunci di bagian telinga tanpa takut jatuh saat kita melakukan gerakan yang ekstrim. Secara keseluruhan bobotnya Realme Buds Q hanya 3,6g, lebih enteng dari kertas A4 sekalipun. Mungkin karena ringan, sehingga tidak mudah jatuh dari telinga baik ketika digunakan untuk berolahraga.

Oh ya, dengan sertifikasi IPX4, earphone ini aman terkena keringat maupun cipratan air. Selain itu dengan desain yang diusung, dari hasil eksplorasi infogadgets.info.ID kualitas audio Realme Buds Q jadi lebih fokus terdengar oleh penggunanya.

Di sisi lain, konsep desain TWS bermodel IEM, sering juga dianggap tidak nyaman, terutama untuk digunakan berlama-lama. Ada yang berpendapat membuat sakit bagian dalam telinga, ada pula yang berdalih memang lebih suka earpiece open yang berbentuk pod biasa. Tapi semuanya kembali ke selera masing-masing konsumen.

Teknologi dan konektivitas
Realme Buds Q dibekali dengan chipset R1Q yang membawa sejumlah teknologi anyar di sisi konektivitas. Hal ini akan mempermudah realme Buds Q untuk dapat terkoneksi dengan ponsel Realme atau ponsel-ponsel lainnya.

Untuk koneksi atau pairing ke perangkat ponsel misalnya, Realme Buds Q dapat terhubung melalui sebuah protokol koneksi yang instan. Dimana ponsel akan mendeteksi Realme Buds Q saat casingnya terbuka dan langsung menghubungkannya secara instan ke ponsel tersebut.

Penggunaan chip R1Q True Wireless ini juga mampu menciptakan koneksi yang cepat dan stabil antara smartphone dengan realme Buds Q. Selain koneksi yang tidak ribet, juga latensi audio tercatat sangat cepat, melalui mode gaming, untuk bermain game atau menonton film.

Bekerja sama dengan Bass Boost driver dinamis 10mm, chipset ini mampu menghasilkan suara yang jernih, berkarakter lebih ke arah bass untuk pengalaman mendengarkan musik sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kualitas Audio
Seperti sempat disinggung sebelumnya, hadirnya Bass Boost driver dinamis 10mm membuat audio yang keluar dari Realme Buds Q, kental dengan ambience bass. Dan saat diuji, infogadgets.info.ID merasakan hal yang sama, dimana warna suara yang dihasilkan Realme Buds Q nge-bass banget.

Tapi jangan takut, jika tidak terlalu suka dengan audio yang cenderung ngebass, kamu dapat memasang aplikasi realme Link dari Google Play Store. Melalui aplikasi, kamu bisa mengubah warna suara dengan equalizer sesuai dengan selera

Selain itu dengan aplikasi ini, dapat terlihat kapasitas baterai masing-masing earbud (sayangnya tidak untuk case), mengaktifkan mode gaming sampai mengatur pintasan sentuh masing-masing earbud. Mulai dari double tap, triple tap sampai sentuh dan tahan. Opsinya beragam, mulai dari kontrol lagu sampai munculkan asisten suara.

Beralih ke pengujian dengan game, Realme Buds Q memiliki mode gaming. Untuk mengaktifkan mode gaming, pengguna hanya perlu menekan dan tahan kedua earbud sampai terdengar suara mesin mobil.

Jika diaktifkan, latensinya bisa ditekan hingga hanya 119ms saja. Sehingga masih nyaman untuk digunakan bermain gim multiplayer yang membutuhkan komunikasi atau mengandalkan suara presisi. Hasilnya, saat diuji dengan bermain PUBG Mobile, audio yang terdengar dari Realme Buds Q terbilang detail.

infogadgets.info.ID dapat mendeteksi keberadaan lawan lewat langkah-langkah kaki yang muncul dari arah yang akurat, sehingga kita dapat mengantisipasi lawan dan memenangkan permainan.

Nah, terakhir. Saat digunakan untuk bertelepon, baik di Realme Buds Q maupun di si penerima telepon, suara terdengar jelas. Realme Buds Q mampu melakukan ini dengan baik. Bahkan dengan single noise cancellation pada Mic, suara yang ada di sekitar pengguna tidak ikut terkirim ke lawan bicara. Menjadikan percakapan kita lebih jernih dan tidak dibuat kesal karena suara yang terlalu berisik.

Daya Tahan dan Harga
Berdasadarkan data yang didapat, Realme Buds Q sudah dibekali baterai berkapasitas 400 mAh di casingnya dan 40 mAh di tiap earpiece. Merujuk pada komposisi tersebut, Realme Buds Q diklaim bisa stand by hingga 20 jam. Ketika digunakan secara aktif, Realme Buds Q pun bisa bertahan selama 3 jam untuk bertelepon secara nonstop dan 4,5 jam untuk mendengarkan musik sampai akhirnya.

Melalui TWS Buds Q, Realme kembali membuktikan jika mengembangkan perangkat dengan desain elegan dan dibekali teknologi mumpuni, tidak harus selalu dijual dengan harga murah. Yup, pasalnya harga Realme Buds Q begitu ramah dikantong, untuk mendapatkannya konsumen cukup merogoh kocek 300 ribuan saja.

Kesimpulan
Realme Buds Q menjadi bukti nyata jika Realme tidak main-main untuk merambah pasar AIoT. Dari segi tampilan, teknologi, kualitas hingga harga, Realme Buds Q bisa jadikan salah satu kandidat utama, untuk dijadikan tandem yang menjanjikan untuk smartphone dan teman yang pas menemani berbagai aktivitas keseharian kamu.