Review Realme Band : Bikin Motivasi Hidup Sehat Membuncah

infogadgets.info.ID – Pasca merilis perangkat TWS beberapa waktu lalu, Realme secara resmi meramaikan persaingan produk berbasis IoT (internet og thing). Nah tidak ingin sekedar dicap aji mumpung, lantaran popularitas Realme yang mulai dikenal di bisnis ponsel. Vendor asal Cina ini resmi menambah koleksi gadgetnya dengan merilis Realme Band.

Sesuai dengan namanya, Realme Band ada sebuah gelang pintar yang mengusung fitur kesehatan sebagai salah satu daya tarik utamanya. Jika melihat kondisi saat ini, dimana tuntutan hidup sehat semakin tinggi, lantaran pandemi Covid-19. Realme band dengan fitur yang diusung, bisa menjadi tandem untuk memulai gaya hidup sehat.

Mampukah Realme Band, memotivasi penggunanya agar memiliki gaya hidup lebih sehat? Berikut ulasannya.

Desain
Sebelum melangkah lebih jauh, sektor pertama yang akan diulik tentu dari segi tampilan. Sepintas tampilan Realme band tidak berbeda dengan produk sejenis. Bentuknya melengkung, layaknya sebuah gelang dengan model yang ergonomis. Menariknya, bodi realme Band terbuat dari bahan polimer yang ringan dan tentunya ramah lingkungan. Berdasarkan data teknis, berat perangkat ini hanya sekitar 20 gram saja.

Hal lain yang menarik dari segi desain, adalah keberania Realme menghadikan pilihan warna beragam kepada produk gelang pintar perdananya. Jika kamu tidak mau terlihat mencolok, Realme Band warna hitam bisa jadi pilihan. Namun jika ingin terlihat lebih kekinian, sebaiknya pilih Realme Band dengan warna Hijau atau Kuning yang begitu menggoda. Kebetulan, infogadgets.info kali ini mengulik Realme band berwarna dasar hijau, yang nampak sangat pas jika padankan dengan tampilan bergaya army.

Realme Band sendiri hadir dengan dukungan tali (strap) berukuran lebar 16mm dan dapat dilepas. Panjang talinya juga bisa disesuaikan dengan ukuran 152-227mm. Strap ini terbuat dari bahan TPU yang diklaim cukup kuat, tahan aus, tahan digin, tahan minyak, tahan air dan tahan cuaca. Kerennya, band ini juga antibakteri, antijamur serta radiasi anti-ultraviolet.

Layar
Masih disektor tampilan. Tampilan Realme Band nampak semakin premium dengan hadirnya layar warna berukuran 0.96 inci (2,4 cm). Layar ini mendukung 65.000 warna beresolusi 80×160 piksel, serta mampu menampilkan 64 huruf. Untuk sebuah gelang pintar layar Realme Band terbilang luas, sehingga mata lebih nyaman memantau notifikasi dan informasi penting dari smartphone, atau sebagai penampil detil monitoring fitur kesehatan.

Smartband perdana realme ini juga dilengkapi tombol sentuh yang memungkinkan layar bisa diakses dengan mudah dan intuitif. Untuk menampilkan halaman layar tinggal men-tap tombol sentuh virtual tersebut. Selama diuji sisi minus layar Realme Band sedikit terasa saat mengeksplor di bawah sinar matahari yang terik, karena tampilan di layar sulit untuk diperhatikan. Selebihnya, secara umum performa layar Realme Band bekerja sangat baik serta terbilang responsive.

Layar cerdas realme Band juga menyertakan 5 tampilan khusus. Pengguna bisa dengan mudah mengatur serta menyesuaikan tampilan layar melalui aplikasi realme Link. Satu lagi yang cukup menarik, realme Band juga telah dibekali user interface (UI) yang cukup interaktif.

Menu kesehatan komplit
Seperti sempat disinggung di awal, Realme Band bisa menjadi perangkat bagi kamu untuk memulai gaya hidu sehat. Hal ini tidak lepas dengan kemampuan Realme Band, yang dibekali fitur pemantau aktivitas kesehatan yang lengkap. Salah satunya kemampuan Real Band mendeteksi detak jantung dengan optik PPG. Sensor ini sudah dioptimalisasi untuk memonitor heart rate dengan presisi, secara real time dalam 24 jam. Tingkat akurasinya sendiri, diklaim ebgitu akurat.

Fitur kedua yang juga cukup penting dari realme Band adalah kemampuan untuk melakukan “Sleep Quality Monitor”. Sleep Quality Monitor juga bisa dimanfaatkan untuk menjadwalkan kapan waktunya untuk tidur, dan kapan seharusnya bangun. Fitur ini juga akan menampilkan berapa lama idealnya seseorang itu harus tidur dalam satu hari.

Tidak hanya tidur, realme Band juga bisa mendeteksi berapa lama penggunanya berdiam atau duduk. Fitur “Idle Alert” ini akan secara otomatis mengingatkan pengguna untuk bergerak atau jalan-jalan. Fitur ini juga mampu memonitor sekaligus mengingatkan pengguna untuk minum air secara teratur, agar pengguna terhindar dari dehidrasi dan akan selalu tetap sehat.

Menu lain yang menjadi primadona Realme band tentu saja kemampuannya untuk menjadi tandem, saat kamu melakukan aktifitas olah raga. Realme Band menyertakan fasilitas “Sport Tracker”, yang mendukung 9 mode olahraga seperti kriket, yoga, berjalan, lari, hiking, mendaki, bersepeda, spinning dan fitnes. Pengguna bisa mengatur dan menyimpan 4 dari 9 mode olahraga di Realme Band. Untuk mengatur jenis olahraga yang akan dipilih, pastikan kamu terlebih dahulu mengunduh aplikasi realme Link ke hp.

Kemampuan lain
Tidak hanya fitur kesehatan, Realme Band juga memiliki menu fasilitas Smart Notification. Fitur ini memungkinkan kamu menerima seluruh notifikasi dari aplikasi di hape milik mu, ke layar Realme Band. Kerennya notifikasi nampak kece, karena tampil sesuai ikon aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger dan juga SMS.

Realme Band ternyata sudah mengantongi sertifikasi IP68. Ini menandakan bahwa Realme Band tahan terhadap kotoran, debu, pasir, dan air. Namun perlu diperhatikan, kemampuan tahan air ini hanya bisa bertahan di kedalaman hinngga 1,5 meter saja ya.

Konektivitas dan Aplikasi Realme Link
Realme Band bisa digunakan mandiri tanpa harus terhubung ke ponsel. Tapi jika kamu menikmati fungsi maksimal dari Realme Band, kamu wajib menghubungkan Realme Band ke ponsel dengan versi Android 5 keatas. Proses pairing bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, berkat dukungan koneksi Bluetooth versi 4.2 yang dimiliki realme Band.

Sempat dibahas sebelumnya, untuk memudahkan pengaturan Realme Band, kamu sebaiknya mengunduh aplikasi Realme Link. Antarmuka dari aplikasi Realme Link juga terbilang cukup informatif. Layar beranda langsung menampilkan empat informasi inti secara terperinci dan intuitif: penghitungan langkah, tidur, detak jantung, dan informasi perekaman gerakan. Untuk mengkostumisasi tampilan, juga bisa dilakukan melalui aplikasi Realme Link

Baterai dan harga
Realme Band dibekali baterai berkapasitas 90 mAh (BIS). Nah, berbeda dengan kompetitor di kelas yang sama, Realme Band memiliki cara berbeda untuk mengisi ulang daya tahan. Dalam paket pembelian tidak ditemukan charge, untuk mengisi ulang tinggal menyambung Realme Band langsung ke port USB, tanpa perlu kabel pengisian daya. Lebih simpel dan nyaman.

Berbicara harga, digadang sebagai salah satu gelang pintar paling bersaing saat ini, dana yang dibutuhkan untuk bisa merasakan semua fitur menarik yang dimiliki Realme Band, ternyata terbilang murah meriah. Untuk bisa memotivasi gaya hidup sehat dengan Realme Band, cukup merogoh kocek Rp.399.000