Review Realme 8 Pro: Kamera 108 MP yang Bisa Diandalkan

review realme 8 pro
Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

infogadgets.info – Tak berselang lama setelah memperkenalkan realme C25, realme Indonesia langsung tancap gas dengan menghadirkan realme 8 series. Dimana salah satunya adalah realme 8 Pro.

Kehadiran realme 8 Pro terasa begitu spesial, karena ini menjadi smartphone pertama dari realme yang membawa kamera 108 MP. Bahkan realme secara percaya diri menyebutnya sebagai Infinite Clarity Camera.

Tentu tak cuma menghadirkan sensor kamera berukuran besar 108 MP, seabrek fitur juga sudah disediakan realme untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air melalui realme 8 Pro.

Penasaran sejauh mana keunggulan yang ditawarkan realme 8 Pro? Yuk langsung saja simak pengalaman kami menggunakan smartphone ini, yang kami sajikan di artikel review realme 8 Pro berikut ini. Enjoy!

Desain

review realme 8 Pro
Review Realme 8 Pro

Kesan pertama kami saat melihat desain realme 8 Pro tergambar dalam dua kata: berani dan eye-catching. Desain yang dianutnya tergolong berani tampil beda dan membuatnya langsung menarik perhatian orang yang melihatnya.

realme 8 Pro hadir dalam dua balutan warna, Infinite Blue dan Infinite Black. Kebetulan unit yang kami uji merupakan varian Infinite Blue yang punya warna lebih cerah dan stylish.

Realme mengadopsi desain yang mereka sebut sebagai Infinite Bold Design. Mereka menggunakan teknologi pemrosesan AG Crystal, yang membuat desain back cover ponsel menampilkan tekstur matte tapi tetap terlihat glossy dan berkilau.

{Baca Juga: 10 HP Realme Terbaru April 2021 Mulai dari Rp 1 Jutaan}

Kami cukup suka dengan desain matte semacam ini, karena jejak sidik jari tidak akan terlihat membekas di punggung smartphone. Tampilan smartphone tetap terjaga dengan baik dan tidak akan terlihat dekil.

Di bagian belakangnya juga terukir dengan tegas slogan kebanggan realme, yakni Dare To Leap. Slogan ini terukir dengan tekstur timbul, memberikan sensasi berbeda saat disentuh dengan tangan.

Review Realme 8 Pro
Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

Desain yang diadopsi realme 8 Pro menurut kami layak untuk diacungi jempol. Ya, karena desainnya yang unik dan berani tampil beda dari smartphone kebanyakan. Cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone dengan desain anti mainstream, atau mungkin bosan dengan desain ponsel pintar yang terlihat polos-polos saja.

realme 8 Pro juga punya bodi yang tipis dan ringan. Ketebalannya hanya 1,8mm dengan berat 176 gram. Penggunaan dengan satu tangan juga masih sangat nyaman.

Realme 8 Pro
Sisi Bawah Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

Untuk urusan tombol dan port masih standar, Anda bisa menemukan tombol volume dan power di sisi kanan, dan slot SIM tray di sisi kiri. Sedangkan di bagian bawah diisi jack audio 3,5mm, mic, port USB Type C dan grill speaker.

Layar

Realme 8 Pro
Layar Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

Beralih ke bagian layar, realme 8 Pro juga telah dimodali dengan teknologi layar yang terbilang cukup mumpuni.

HP terbaru dari realme ini memiliki layar berjenis Super AMOLED dengan luas 6,4 inci dan beresolusi Full HD+. Penggunaan punch hole di sisi kiri membuat rasio layar ke bodinya semakin besar, mencapai persentase 90%.

{Baca Juga: Realme 8 Series Diresmikan, Punya Kamera 108 MP}

Panel Super AMOLED ini tentunya menawarkan kelebihan saat memproyeksikan konten pada pengguna, yang mana warna hitam dapat ditampilkan dengan lebih pekat dan warna lainnya bisa terlihat lebih cerah.

Kami cukup puas menikmati suguhan konten di layarnya saat menikmati streaming film dan serial di Netflix, atau ketika memainkan game di smartphone ini.

Realme 8 Pro
Layar Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

realme 8 Pro juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000 nits, untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang terang. 

Layar ini juga mendukung fungsi peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata jika menggunakan ponsel dalam waktu yang lama.

Meski ada dukungan fitur ini, kami tidak bosan menyarankan untuk membatasi waktu penggunaan smartphone. Gunakan secukupnya dan seperlunya, jangan sampai penggunaannya menjadi berlebihan dan mengganggu produktivitas.

{Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi Realme 8 Pro vs Realme 8, Suka Mana?}

Sayangnya, layar smartphone ini hanya memiliki refresh rate standar di 60Hz. Apabila ada dukungan refresh rate 90Hz atau 120Hz, mungkin bakal jadi lebih menarik.

Oh iya, sensor sidik jarinya juga sudah tertanam di balik layar. Sensor ini dapat bekerja dengan responsif saat membuka kunci layar. 

Sebagai opsi lain, Anda juga bisa menggunakan mengandalkan wajah Anda untuk membuka kunci layar, alias face unlock. Tinggal dipilih mana yang sekiranya lebih praktis untuk Anda.

Spesifikasi dan Performa

Review Realme 8 Pro
Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

realme 8 Pro dimotori chipset Snapdragon 720G. Prosesor ini dibuat menggunakan proses 8nm dengan Kryo 465 CPU, dua core Cortex-A76 hingga 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 1.8GHz. 

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 720G memiliki peningkatan 10% dalam kinerja CPU, 75% peningkatan kinerja GPU dan display-nya.

Kinerja dari prosesornya ini turut diperbantukan dengan kehadiran RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. realme juga menyediakan slot memori eksternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 256 GB.

{Baca Juga: Lima Toko Resmi Realme Hadir Serentak di 5 Kota Indonesia}

Kapasitas RAM ini menurut kami sudah sangat mengakomodir kebutuhan multitasking dengan sangat nyaman. Demikian juga dengan memori internal 128 GB, yang kami rasa sudah lebih dari cukup untuk menyimpan aplikasi dan file.

Sistem operasinya menjalankan Android 11 yang dilapisi dengan tampilan antarmuka realme UI 2.0. Smartphone ini juga menjadi number series pertama dari realme yang bisa merasakan realme UI 2.0.

Untuk mengukur kinerjanya, kami juga sudah melakukan benchmark dengan menggunakan tiga aplikasi: AnTuTu Benchmark, 3D Mark dan PC Mark.

AnTuTu Benchmark

Hasil AnTuTu Benchmark

Seperti biasa, aplikasi wajib yang tidak boleh dilewatkan saat uji performa smartphone adalah AnTuTu Benchmark. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengukur kemampuan dari memori, penyimpanan, hingga kemampuan dari CPU sebuah smartphone.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, unit review realme 8 Pro kami memperoleh skor sebesar 325.845 poin.

PC Mark

Hasil Benchmark PC Mark

Berikutnya beralih ke pengujian dengan aplikasi PC Mark. Aplikasi benchmark ini berguna untuk mengukur kemampuan multitasking sebuah smartphone.

Hasil benchmark yang didapat tergolong cukup baik. Realme 8 pro berhasil mengantongi skor sebesar 8.409 poin.

3D Mark

Hasil Benchmark 3D Mark

Pengujian terakhir adalah menggunakan 3D Mark, yang menguji kemampuan GPU Adreno 618 untuk mengolah grafis di realme 8 pro. Seperti biasa, pengujian kami lakukan dengan mode Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Untuk tes Sling Shot, HP terbaru realme ini berhasil meraih skor 3.675 poin. Sementara untuk Sling Shot Extreme berhasil membukukan skor sebesar 2.601 poin.

Realme 8 Pro juga dengan sudah sanggup memenuhi hasrat gaming kami untuk memainkan game-game terkini. Sebut saja Mobile Legends dan PUBG Mobile, keduanya dapat dimainkan dengan sangat lancar tanpa kendala.

Kombinasi layar dan performa dari dapur pacunya sukses memberikan pengalaman gaming yang menyenangkan.

Secara keseluruhan, kami cukup puas dengan kinerja realme 8 Pro saat digunakan sebagai daily driver. Multitasking berjalan lancar, demikian juga dengan gaming yang bisa dengan nikmat dimainkan.

Baterai

Sebagai penopang daya, smartphone ini menggendong baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Yang membuatnya menarik, Realme juga menyertakan teknologi pengisian daya 50W SuperDart Charge.

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, proses pengisian daya dari 2% sampai dengan 100% menghabiskan waktu sekitar 1 jam 37 menit saja.

Selain itu, kami juga menguji berapa lama screen on time yang ditawarkan smartphone ini. Kami menggunakan Work 2.0 Battery Life yang disediakan oleh PCMark.

Battery Test

Berdasarkan hasil pengujian tersebut, realme 8 Pro sanggup memberikan screen on time selama 18 jam 59 menit.

Dengan catatan waktu ini, tentu realme 8 Pro bisa menemani aktivitas Anda selama seharian penuh. Demikian juga dengan proses pengisian daya yang membuat Anda tidak perlu menunggu waktu lama.

Kamera

Review Realme 8 Pro
Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

Review realme 8 Pro masuk ke bagian kamera. Sebagaimana yang telah kita sebutkan di atas, sektor kamera menjadi salah satu unggulan dari realme 8 Pro berkat adanya sensor 108 MP yang diberi tagline Infinite Clarity Quad Camera.

Sensor yang besar ini juga didukung dengan sensor Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga. Penggunaan sensor ini mampu memberikan kualitas warna yang lebih tinggi dan meningkatkan ISO sebesar 15%.

{Baca Juga: Realme 8 Pro Raih Rekor MURI, Cetak Foto Raksasa dari Smartphone}

Selain itu, sensor HM2 bekerja teknologi 9-in-1 Pixel Binning, yang memungkinkan sembilan piksel yang berdekatan digabungkan sekaligus untuk mensimulasikan satu piksel besar.

Saat kami coba, skema foto 108 MP ini memungkinkan kamera utama realme 8 Pro bisa mengabadikan foto dengan detail yang tinggi, kontras yang baik dan warna yang cerah.

Bahkan saat di-zoom atau crop beberapa kali, objek yang di foto dalam mode 108 MP tersebut masih terlihat dengan sangat jelas. Mantap, realme!

Hasil Foto Mode 108 MP

Foto Realme 8 Pro
Hasil Crop dari Foto 108 MP

Tanpa mengaktifkan mode 108 MP saja, kamera normalnya sudah bisa mengabadikan foto dengan baik, walaupun di tempat yang kurang cahaya sekalipun. Ketajaman gambar, warna dan detail tetap terjaga dengan baik.

Kamera utama milik realme 8 Pro ini juga memiliki kemampuan optical zoom 3x. Menariknya, hasil foto zoom ini tetap memiliki detail yang baik dan minim noise. Dynamic range-nya juga luas dan kualitas warna yang bagus.

IMG20210401161944
Hasil Foto Zoom 3x

Jika ingin warna dari objek foto lebih terpancar lagi, tinggal aktifkan mode Chroma Boost. Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, dengan mengaktifkan mode ini dapat meningkatkan kualitas warna secara signifikan.

Berikut ini beberapa hasil foto lainnya dari kamera utama realme 8 Pro:

IMG20210119083458
Hasil Kamera Utama Realme 8 Pro

IMG20210119081839
Hasil Kamera Utama Realme 8 Pro

IMG20210119071542
Hasil Foto Kamera Utama Realme 8 Pro

Selain kamera utama tadi, realme juga memberikan tiga kamera pendukung lainnya yang terdiri dari kamera ultrawide 8 MP, kamera 2 portrait B&W 8 MP dan kamera makro 2 MP.

Untuk kamera ultra-wide, detail foto memang terlihat sedikit menurun, tetapi warna dan dynamic range-nya masih cukup bagus. Kamera ultra wide ini punya sudut pandang seluas 119 derajat.

{Baca Juga: 10 Smartphone dengan Kamera “Optical Zoom” Terbaik 2021}

Beralih ke kamera portrait, kamera ini bisa dengan mudah membuat foto bokeh. Tingkat blur pada foto juga bisa disesuaikan saat pengambilan gambar.

Kemudian ada Dynamic Bokeh. Kami menyebutnya sebagai the next level bokeh, kenapa? Karena dengan fitur ini latar belakang foto tidak hanya menjadi blur, tapi juga diberikan efek yang seolah bergerak.

IMG20210401162453
Foto Dynamic Bokeh Realme 8 Pro

Demikian juga dengan kamera makro yang bisa dengan cepat menangkap detail objek dari jarak yang sangat dekat. Kami sama sekali tidak mengalami kesulitan saat mencoba mengambil detail objek dari jarak tersebut.

IMG20210119083519
Hasil Foto Makro

Sementara untuk keperluan selfie, realme 8 Pro mengakomodir kebutuhan ini melalui kamera 16 MP. Kamera depannya ini juga bisa digunakan untuk membuat foto selfie bokeh.

Makin lengkapnya lagi ada fitur beautification yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Sentuhan yang diberikan fitur ini tampak begitu natural dan tidak terkesan berlebihan.

IMG20210401163622
Hasil Foto Selfie Realme 8 Pro

Faktor lainnya yang membuat kami menyukai kamera dari realme 8 Pro adalah, banyaknya fitur kamera yang tersedia. Fitur yang ada terbilang inovatif dan membuat penggunanya bakal betah berkreasi.

Seperti Super Nightscape yang sangat bisa diandalkan untuk mengabadikan foto di malam hari. Apalagi, fitur ini datang dengan algoritma baru.

Foto di malam hari bisa diambil dengan tingkat noise yang cukup minim. Hasil fotonya terlihat cerah dengan detail yang masih tampak jelas.

IMG20210401201927
Hasil Foto Night Mode

Fitur unik berikutnya ada AI Color Portrait. Dengan fitur ini, orang sebagai subjek foto akan diberi warna sesuai warna aslinya. Tetapi, latar belakang akan dijadikan hitam putih.

Untuk menghasilkan foto semacam ini biasanya perlu melalui proses editing, tapi dengan realme 8 Pro sama sekali tidak perlu melewati tahap editing sama sekali. Seru bukan?

IMG20210401162826_01
Hasil Foto dengan Fitur AI Color Portrait

Untuk perekaman video, kamera Realme sudah bisa merekam video maksimal 4K di 30fps dan juga 1080p di 120fps slow motion.

Kami cukup menyukai komposisi warna yang dihasilkan dari videonya. Ditambah lagi ada dukungan Video Stabilization dan Max Video Stabilization untuk meredam getaran saat mengambil video.

Hanya saja, saat mengaktifkan fitur stabilisasi gambar ini sudut pandang jadi sedikit lebih sempit. Meski demikian, video yang direkam akan terlihat lebih halus dan sangat minim getaran.

VID_20210402075405
Hasil Video Tanpa Mode Ultra Steady

VID_20210402075320
Hasil Video dengan Mengaktifkan Mode Ultra Steady

Fitur video lain yang ada di realme 8 Pro antara lain: Starry Time Lapse yang digunakan untuk mengambil foto langit berbintang dan dijadikan time lapse, kemudian ada Time Lapse Tilt Shift yang dapat membuat video di dunia nyata seolah seperti miniatur.

Kedua fitur ini memerlukan tambahan aksesoris berupa tripod, karena perlu waktu beberapa menit untuk proses perekamannya.

Kesimpulan

Review Realme 8 Pro
Realme 8 Pro (Foto: Surya/infogadgets.info)

Memegang titel sebagai smartphone realme pertama yang memiliki kamera 108 MP, hasil jepretan foto maupun video yang dihasilkan realme 8 Pro terbukti memuaskan.

Ditambah lagi, banyaknya fitur dan mode kamera yang tersedia membuat berkreasi mengabadikan momen dengan realme 8 Pro jadi hal yang menyenangkan.

Rasanya tidak salah jika menyebutnya sebagai salah satu HP dengan kamera terbaik yang hadir di tahun 2021 ini.

{Baca Juga: Realme 8 Series akan Mendarat di Indonesia 7 April}

Selain kamera, masih ada fitur lain yang tak kalah menarik dimiliki realme 8 Pro, seperti layar yang sudah menggunakan panel Super AMOLED, serta desain yang menarik.

Performa dari Snapdragon 720G juga bisa diandalkan. Kinerjanya makin maksimal berkat baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung SuperDart Charge 50W.

Jangan lupa, HP dengan harga Rp 4 jutaan ini juga memiliki NFC, yang menambah lengkap rentetan fitur yang dimiliki.

Jadi, apakah smartphone ini layak untuk dibeli? Saran kami, apabila dana Anda mencukupi dan memang tertarik dengan ponsel ini, segera beli dan jangan tunggu lama lagi.

Kelebihan

+ Desain bagus dan tampil beda

+ Layar Super AMOLED Sudah Full HD+

+ Kamera 108 MP

+ Fitur Kamera Melimpah

+ Baterai Tahan Lama

Pengisian Baterai Cepat

+ NFC

Kekurangan

Refresh Rate Layar Masih 60Hz

TELSET RATING: 8.5/10

SPESIFIKASI REALME 8 PRO
RilisMaret 2021
Network2G, 3G, 4G
OSRealme UI 2.0 based on Android 11
ChipsetQualcomm Snapdragon 720G
CPUOcta-core @ 2.3GHz
GPUAdreno 618 GPU
RAM6GB, 8GB LPDDR4x
Storage128GB UFS 2.1
Dimensi160.6 x 73.9 x 8.1 mm, 176 g
Layar6.4-inch Super AMOLED, 2400 x 1080p, 60Hz refresh rate, 180Hz touch sampling rate
Kamera Utama108MP, 8MP ultrawide, 2MP macro, 2MP B&W sensor
Kamera Depan16MP
Beterai4500mAh, 50W SuperDart Charge, 65W fast charger
WarnaInfinite Blue, Infinite Black, and Illuminating Yellow
HargaRp 4.499.000
Previous article15 Game Open World PC Ringan Terbaik, Cocok untuk Ngabuburit
Next articleHarga Resmi Realme 8 dan Realme 8 Pro di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here