Review OPPO Enco W11 Toys Story Edition – Earphone TWS 500 Ribuan

infogadgets.info.id – Earphone TWS atau True Wireless Stereo kian menjadi tren belakangan ini. Bisa dikatakan tren ini diawali dari penggunaan perangkat AirPods buatan Apple yang kian marak. Earphone TWS ini sukses menggeser tren headphone, seperti Beats, yang sempat digandrungi banyak orang. Ukurannya yang mungil serta penggunaannya yang tidak ribet, karena tanpa kabel alias secara wireless, menjadi diantara daya tariknya.

earphone tws oppo enco w11

Tapi tidak hanya itu saja yang menjadi keunggulan earphone TWS, setidaknya apa yang ditawarkan oleh OPPO Enco W11. Yup..ada keunggulan lain yang dibawa perangkat earphone TWS buatan OPPO yang satu ini. Salah satunya ada bonus berupa casing karet dengan tampilan salah satu karakter Toys Story, yaitu Alien.

Casing ini bisa dipasangkan pada wadah kapsul tempat menyimpan earphone. Pilihan sih, buat yang suka dengan tampilan lucu, bisa memasang casing karakter Toys Story ini, apalagi juga bisa menjaga wadah kapsul tidak tergores. Apalagi juga didesain dengan adanya gantungan sehingga lebih leluasa membawa kapsul earphone TWS ini. Tapi risikonya, begitu sudah dipasang, agak sulit untuk dilepas. Ini lantaran cara memasangnya dengan menempelkan menggunakan slotip.

Baca juga : OPPO A92 Disney and Pixar’s Toy Story Dijual di Tokopedia

Cangkang capsul earphone OPPO Enco W11 ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Tapi juga sekaligus sebagai tempat untuk melakukan charging atau isi ulang baterai earphone ini. Itulah mengapa pada wadah cangkang ini, terdapat port USB-Type C dan juga lampu indikator. Oiya, earphone yang tersimpan dalam wadah kapsul ini tidak akan bergerak meski digoyang-goyangkan. Ini lantaran juga ‘rekatkan’ dengan magnet, sehingga tidak akan bergeser.

Ok, sekarang kita bahas perangkat earphone OPPO Enco W11. Berbeda dengan AirPods, OPPO Enco W11 tampil lebih minimalis tanpa ada bagian ‘ranting’ yang menjulur ke bawah. Meski OPPO juga pernah mengeluarkan model seperti ini, yaitu pada OPPO Enco Free.

Bentuk earphone OPPO Enco W11 ini sendiri bulat oval ya ng ketika dikenakan di telinga terlihat seperti sumbatan. Ukuran earphone ini terlihat pas di telinga. Menariknya, OPPO menyediakan tiga pasang earbud atau karet penahan earphone ini, dengan ukuran yang berbeda, yaitu S, M dan L. Earbud ini bisa dipasang dan disesuaikan dengan ukuran lubang telinga agar terasa nyaman saat menyumpalkan earphone ini. Tidak perlu khawatir saat menggunakan earphone TWS ini ditelinga, karena earbud-nya akan menahan dengan sempurna sehingga tidak akan lepas meski penggunanya bergerak aktif.

Baik, jika sudah nyaman mengenakan earphone ini di telinga, saatnya mencoba kenyamanan suara yang dihasilkan earphone ini. Tapi, sebelumnya kita koneksikan dulu earphone ini ke perangkat music player, seperti smartphone, melalui Bluetooth. Ternyata proses koneksi bisa dilakukan dengan mudah. Begitu kedua earphone ini dikeluarkan dari cangkangnya dan dikenakan di telinga, koneksi Bluetooth nya langsung dikenali di smartphone, tentunya Bluetooth di smartphone sudah On. Kemudahan koneksi ini, lantaran OPPO Enco W11 ini sudah dilengkaip dengan teknologi Bluetooth Simultaneous Transmission.

Ketika sudah terkoneksi via Bluetooth, sebelumnya ada baiknya kita perhatikan bagaimana cara mengoperasikan earphone TWS ini. Hanya berbentuk dua bulatan mungil, maka pengoperasian earphone OPPO Enco W11 ini juga hanya bisa dilakukan pada badan earphone ini. Caranya dengan menggunakan metode sentuhan (tap) atau OPPO menyebutnya Intelligent Touch Controls, karena memang tidak ada tombol apapun yang disediakan. Caranya :

  • 1 kali tap pada bodi earphone untuk Play atau Pause lagu
  • 2 kali tap untuk mengubah track lagu
  • 3 kali tap untuk mengaktifkan fitur Voice Assistance
  • 1 kali tap dan tahan agak lama pada earphone sebelah kanan, berfungsi untuk menaikkan volume.
  • 1 kali tap dan tahan agak lama pada earphone sebelah kiri untuk menurunkan volume.

Setelah mencoba membiasakan hingga mahir mengoperasikan earphone ini secara sentuhan, sekarang saatnya menikmati seperti apa kualitas suara yang dihasilkan. Jika selama ini pengalaman menggunakan earphone biasa selalu mengeluh suara bass-nya tidak terdengar, akan beda ketika menggunakan OPPO Enco W11 ini. Didukung dengan teknologi Enhanced Bass, suara bass dari lagu yang diputar menjadi terdengar. Tidak hanya itu, jika mendengarkan lagu dengan aransemen yang ramai dengan bunyi alat music, dengan menggunakan earphone ini setiap detil suara alat music tersebut jelas terdengar.

Tidak hanya itu, ketika OPPO Enco W11 ini digunakan saat menelpon, suara terdengar jelas meski di kondisi ramai. Ini karena earphone ini sudah dilengkapi dengan teknologi Noise Reduction. Soal daya tahan baterainya, dari keadaan batarei full OPPO Enco W11 ini bisa bertahan selama sekitar 20 jam hingga baterai habis.

Keunggulan laind dari OPPO Enco W11 yaitu sudah ‘mengantongi’ sertifikasi IP55. Ini membuat earphone ini tahan dari percikan air dan juga debu. Jadi tidak perlu khawatir saat sedang berolahraga di outdoor lalu tiba-tiba turun hujan, dan kebetulan sedang menggunakan earphone ini. Untuk harganya, earphone TWS ini dibandrol dengan harga cukup murah, yaitu Rp50 Ribuan.