Review OPPO A53 – Harga 2 Jutaan Banyak Fitur Andalan

infogadgets.info.id – OPPO kembali melucurkan seri smartphone terbarunya di tengah masa pandemi  Covid-19, yaitu OPPO A53. Koleksi smartphoe OPPO yang satu ini dijual dengan harga relatif terjangkau, Rp2 jutaan. Dengan harga itu, OPPO A53 ternyata sudah dibekali dengan sederet fitur dan spesifikasi yang terbilang lengkap dan andal.

opo A53

sponsored

Desain Menawan

Meskipun dari harganya tidak terlalu mahal, tapi OPPO A53 tampil menawan. Desainnya terlihat cukup mewah, terutama pada bodi belakangnya yang memiliki warna yang menarik berupa gradien biru dan silver, ada juga pilihan warna hitam. Ditambah lagi desain 3D curved-nya yang berkontur glossy atau mengkilap di bodi belakang, sehingga terlihat elegan.  Di bagian bodi belakakng selain terdapat triple camera juga disematkan sensor fingerprint. Pada bagian sisi-sisi bodi OPPO A53 dirancang menggunakan bahan metal coating frame yang menambah kesan menarik.

Pada bagian kanan bodi smartphone ini terdapat tombol power. Sedangkan di sisi kirinya disematkan tombol volume dan terdapat port SIM card  dan memori card. Kamu bisa memasang 2 SIM card dan 1 memory eksternal hingga kapasitas 256GB. Pada bagian bodi bawahnya, terdapat port USB-C, speaker, lubang jack 3.5mm, dan lubang microphone.

Layar Luas

OPPO A53 mengusung layar Neo-Display yang berukuran luas, yaitu 6,5 inci. Meski begitu ukuran bezel layarnya terlihat tipis. Jadi meski layarnya luas, tapi ukuran bodi smartphone ini tetap terasa ramping. Pada bagian ujung atas sebelah kiri layar, terdapat lensa kamera depan berdesain bulat kecil.

Baca juga : Keunggulan OPPO A53 Saat Dipakai Main Game Online

Untuk ketajaman layarnya memiliki resolusi 1600 x 720p (HD+) dengan kerapatan pixel 269 ppi. Dan menariknya, layar ini ternyata berkemampuan 90Hz fresh rate , plus 120Hz touch sampling rate. Ini artinya layar pada OPPO A53 mampu menampilkan gambar animasi yang berat dengan makin mulus, bisa menjalankan game dengan lancar serta memiliki tingkat presisi layar sentuh yang makin meningkat.

Hebatnya lagi, layar ini juga sudah didukung teknologi Artificial Intelligent (AI). Seperti pada fitur AI Brightness, di mana tingkat keterangan layar bisa diatur secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi berada serta kebiasaan pengguna.

Kinerja + Baterai

Kinerja OPPO A53 didukung oleh prosesor terbaru buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 460. Bahkan OPPO A53 menjadi yang pertama mengusung teknologi RAM+Memory Optimization. Berbekal prosesor dan kemampuan tersebut OPPO A53 sanggup menyuguhkan kinerja yang makin cepat, pemrosesan gambar lebih mulus, jeda (lag) performa yang makin kecil hingga mendukung frame rate yang makin tinggi. Ini karena kapasitas chace memori bisa diperbesar, sehingga jika ada aplikasi yang sudah pernah dibuka, maka selanjutnya akan lebih cepat saat dibuka kembali.

Kinerja OPPO A53 juga didukung 4GB RAM (LPDDR4x) dan 64 GB storage (UFS 2.1). Ini membuat berbagai pemrosesan berbagai aktivitas di smartphone ini bisa dilakukan lebih cepat dan tanpa nge-lag. Termasuk saat melakukan multitasking, atau membuka beberapa aplikasi sekaligus. Tidak ketinggalan, kinerjanya makin lancar juga sudah mengadopsi sistem operasi ColorOS 7.2 based Android 10. Terbukti ketika dicoba digunakan main game online serta menonton film streaming, semua berjalan dengan mulus.

Kinerja OPPO A53 juga didukung kapasitas baterai besar, yaitu 5.000 mAh. Ini membuat smartphone ini bisa bertahan lebih lama. Ketika dicoba untuk penggunaan normal (akses beberapa sosmed, browsing, video streaming, mendengarkan lagu, dan sesekali bermain game), baterai OPPO A53 bisa bertahan seharian atau kurang lebih 12 jam. Ditambah adanya teknologi Super Power-Saving Mode yang bisa mengatur konsumsi daya baterai secara pintar.  Hebatnya lagi, OPPO A53 juga sudah mendukung teknologi fast charging 18 Watt, sehingga proses charging bisa dilakukan lebih cepat.

Triple Kamera

OPPO A53 dilengkapi dengan triple camera di bodi belakang yang didukung teknologi AI-powered, Ketiganya terdiri dari 13MP Main Camera + 2MP Depth Camera + a 2MP Macro Lens. Kamera ini tentu saja sudah bisa menghasilkan foto bokeh dengan hasil yang cukup menawan. Selain itu juga mampu mengambil foto makro hingga jarak 4 cm dengan hasil yang tajam.

Didukung teknologi AI, kamera ini juga sanggup melakukan scene recognition yaitu mengenali objek yang akan difoto sehingga akan mengatur pencahayaan  melalui level color mapping algorithms. Buat kamu yang suka berkreasi pada foto dan video, OPPO A53 juga menyediakan fitur Stylish Filter. Fitur ini menyuguhkan berbagai jenis filter untuk foto dan video. Untuk kemampuan merekam videonya mencapai resolusi 1080p/30 fps.

Baca juga : Ini Yang Bikin OPPO A53 Nyaman Buat Nonton Film di Hape

Untuk kamera depannya memiliki resolusi 16 Mpix yang dilengkapi Intelligent Beautification algorithms. Ini membuat kamera bisa menangkap foto selfi lebih natural disesuaikan dengan lokasi, warna kulit wajah dan kondisi pencahayaan.  Kamu juga bisa memanfaatkan fitur AI Beuatification untuk menyesuaikan sesuai selera.

Hasil foto kamera OPPO A53 :

Spesifikasi OPPO A53

Display 6.5-inch HD+ Display 1600×720 pixels 269PPI
Platform Qualcomm Snapdragon 460
RAM 4GB
Storage 64GB

Dual Sim + MicroSD to extend the storage up to 256GB

Battery 5000mAh
fast charge 18W Fast Charge
Fingerprint Sensor Back Fingerprint Sensor
Rear Camera 2MP Macro Lens 13MP Main Camera 2MP Depth Camera
Front Camera 16MP Selfie Camera
Network 4G, VoLTE
ColorOS ColorOS 7.2
Colors Fancy Blue & Electric Black
Price Rp. 2.499.000