Review MSI GS75 Stealth : Laptop Tipis Performa sadis

infogadgets.info.ID -Ada banyak merek laptop gaming di pasaran, salah satunya MSI yang memang fokus pada produk gaming.

Salat satu laptop andalah MSI adalah GS75 Stealth yang merupakan laptop kencang dengan dengan desain yang ringkas.

Dilengkapi dengan spesifikasi prosesor Intel Core i7 generasi sembilan, grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 Max-Q Design, RAM 32 GB, dan penyimpanan SSD NVMe berkapasitas 1 TB, laptop ini masih mampu melahap semua game-game dengan grafis tinggi sekelas game AAA.

Bagaimana review lengkapnya? ikuti penjelasan berikut ini

Desain
MSI GS75 Stealth terlihat seperti laptop mainstream berukuran 17 inci, yang beda adalah di bagian luar yang didesain dengan lekukan futuristik. MSI hanya menampilkan logo MSI ditengah cover berwarna hitam metalik.

Laptop MSI yang satu ini didesain dengan engsel dan pingiran cover dan touchpad berwarna emas. Perpaduan hitam dan emas memberikan kesan mewah dan elegan, komposisinya juga pas dan tidak berlebihan.

Dari sisi ukuran MSI GS75 Stealth terbilang ringkas untuk sebuah laptop gaming. Tebalnya hanya 18,95 mm dengan bobot 2,28 kilogram saja, Jadi masih oke nih dibawa bepergian.

Konektivitas
Dari sisi koneksi MSI GS75 Stealth menawarkan konektivitas yang lengkap. Dimulai dari sisi kiri ada port LAN, USB type-A Gen2, slot Micro SD, mikrofon dan headphone. Dan disebelah kanan ada port HDMI, USB type-C Thunderbolt, USB type-C Gen1, dan dua port USB type-A Gen2.

Layar
Dengan layar seluas 17,3 inci resolusi 1920 x 1080 akan memberikan kenyamanan pengguna saat digunakan untuk main game. Dengan kecepatan refresh hingga 240 Hz, tentunya laptop ini manawarkan refresh rate yang termasuk tinggi.

Asyik diajak bermain game dengan grafis tinggi, karena layarnya sudah mendukung render gambar yang sangat cepat tiap detiknya.

Keyboard dan Touchpad
Beralih pada tombol keyboard yang dimiliki laptop ini. MSI membenamkan per lampu RGB, sehingga mampu menampilkan lampu yang berwarna pada backlit keyboard.

Semuanya preset tampilan bisa diatur pada aplikasi SteelSeries Engine 3. Aplikasi SteelSeries Engine 3 bisa mendeteksi game yang sedang dibuka. Aplikasi ini bisa menyesuaikan tampilan cahaya pada keyboard, seperti game bergenre FPS atau MOBA akan memiliki tampilan warna LED yang berbeda.

Untuk tampilan kamu juga bisa mengaturnya dengan leluasa. Defaultnya menggunakan tampilan Gold Splash. Tapi kamu juga bisa menggunakan 8 preset bawaan yang menawarkan tampilan berbeda-beda.

Touchpad laptop ini sudah mendukung sentuhan Multi-Touch. Total ada sembilan sentuhan yang bisa digunakan pengguna ketika mengoperasikan laptop ini tanpa dukungan mouse.

Performa
MSI juga menyediakan aplikasi untuk memonitor kinerja laptop, namanya MSI Dragon Center. Kamu bisa melihat bagaimana persentase kinerja prosesor, GPU, Memory dan Storage Disk.

Selain itu MSI Dragon Center juga memiliki beberapa fitur optimalisasi melalui System Tuner.

Dengan fitur ini kamu memilih beberapa preset, seperti mode Performance, Theater, Meeting, dan dua Profile yang bisa di custom.

Tidak hanya itu, MSI Dragon Center juga bisa mengoptimalkan sistem, meliputi tampilan layar, audio, dan pencahayaan keyboard. MSI mengandalkan Game Sense untuk mendeteksi game yang sedang dimainkan, kemudian memberikan pengaturan yang tepat.

MSI memiliki laptop gaming berukuran ringkas dan sangat tipis, namun membawa spesifikasi monster yang siap melahap gim-gim populer Anda.

Saat dicoba memainkan beberapa game seperti Dota 2 dan PES 2020, laptop ini dapat menjalankannya dengan baik. Tapi dengan catatan sebelum mulai bermain, preset Performance dengan shift Turbo dan Fan Speed Auto harus diaktifkan untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Memiliki desain yang tipis membuat laptop gampang panas, tapi laptop ini memiliki pendinginan yang cukup baik dan bisa menyesuaikan suhu pada laptop.

Idealnya saat akan bermain game, laptop ini dipakai pada ruangan yang menggunakan pendingin udara. Karena jika laptop ini digunakan pada ruangan tanpa bantuan pendingin udara, panas yang dihasilkan terasa cukup signifikan dan membuat tangan mudah berkeringat.

Tidak hanya dari sisi layar yang bagus atau prosesor dan RAM yang tersedia, laptop ini juga dibekali SSD NVMe dengan kapasitas 1 TB, yang membuatnya lancar dan kencang.

Baterai
saat digunakan bermain game, laptop ini tergolong tahan lama. Karena kami dapat menggunakannya untuk bermain game selama 3 jam 55 menit. Ketika memutar video terus menerus, di mana laptop ini dapat bertahan selama 6 jam 10 menit.

Pada pengaturan kinerja baterai pengguna juga bisa mengatur berdasarkan setingan yang berbeda, seperti, Eco, Comfort, Sport dan Turbo. Masing-masing berfungsi layaknya Windows Power Setting, namun dengan sedikit sentuhan yang berbeda.

Dengan banderol harga Rp40 jutaan, laptop gaming ini tampaknya akan cocok untuk gamer enthusiast. Laptop tipis ini memiliki kemampuan hebat dan bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai judul gim bertaraf AAA.

Berbagai fitur yang dimilikinya memudahkan pengguna untuk langsung menggunakan laptop ini tanpa harus banyak mengatur sana sini.

Keunggulan
Desain keren
Material solid
Performa kencang
Port konektivitas lengkap

Kekurangan
Audio kurang bagus

Spesifikasi MSI GS75 Stealth 9SF
CPU        Intel Core i7-9750H
OS        Windows 10 Home
Layar        17,3-inci, 1080p, 240Hz
Grafis        NVIDIA® GeForce RTX™ 2070 With Max-Q Design, 8GB GDDR6
Memory        DDR4
2 Slots
32 GB
Storage        1 TB SSD NVMe
Webcam        HD type ([email protected])
Koneksi        Killer Gb LAN
Killer ac Wi-Fi + Bluetooth v5
Audio        2x 2W Speaker
Audio Jack        1x Mic-in
1x Headphone-out (HiFi) Audio Jack
I/O Port        1x RJ45
1x Micro SD Card Reader
1x (4K @ 60Hz) HDMI
1x Type-C (USB3.2 Gen2 / DP / Thunderbolt™3)
1x Type-C USB3.2 Gen1
3x Type-A USB3.2 Gen2
Baterai        4-Cell
Li-Polymer
82
AC Adapter        230W Slim adapter
Dimensi        396.1 x 259.5 x 18.95 mm
Bobot        2.28 kg
Harga        Rp43.499.000
Monster yang low-profile