Review Moto Z : Smartphone Yang Bisa Bongkar Pasang

foto: tribunnews.com

infogadgets.info – Lenovo yang kini menguasai merk smartphone Moto, kembali menghadirkan smartphone Moto terbaru di tahun ini. Yaitu Moto Z dan Moto Z Play. Ingin tampil beda, kedua smartphone ini mengusung konsep modular. Soal spesifikasi Moto Z dan Moto Z Play terbilang tinggi. Begitu juga harganya terbilang tidak murah

Smartphone ini bisa dibongkar-pasang dengan perangkat tambahan yang bernama Mods. “Moto Z dan Z Play, hadir dengan tujuan merevolusi pasar ponsel pintar dengan teknologi modular,” ujar Adrie S. Suhadi, Country Lead lenovo Mobile Business. Sementara itu, Aymar de Lencquesaing, Chairman & President, Motorola Mobility mengatakan, penting bagi Motorola untuk merilis produk premiumnya di Indonesia. “Indonesia negara dengan pertumbuhan penjualan smartphone yang tinggi” ujarnya. Lebih lanjut Aymar menjelaskan, di Indonesia, pasar smartphone tumbuh 6 persen tahun lalu, ada sekitar 33 juta smartphone yang terjual per tahun. Indonesia juga telah naik dari pasar smartphone ke-enam di dunia menjadi ke-lima terbesar di dunia saat ini.

Sebenarnya Moto Z bukan smartphone pertama berdesain modular yang hadir di Indonesia. Tahun lalu vendor asal Korea, LG sudah memperkenalkan LG G5 dan G5 SE yang juga berdesain ‘bongkar-pasang’. Sayangnya smartphone model ini ternyata kurang mendapat respon yang bagus di pasaran.  Meski demikian , ternyata hal itu tidak menyurutkan Moto untuk merilis smartphone Moto Z.

Moto Z merupakan salah satu smartphone premium dengan desain tertipis saat ini. Dibentuk dengan material aluminum, smartphone ini sudah jika dilapisi dengan material kaca Corning Gorilla Glass 4 pada layar Super AMOLED FullHD.

Moto Z juga dibekali dengan sensor fingerprint. Sensor ini terletak dibagian depan di bawah layar. Cukup menyentuh sensor ini maka dengan cepat akan mengenali dan membuka kunci layar.

Dibekali dengan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 820,smartphone ini masih didukung pula dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Jika kurang Anda masih dapat menambahkannya dengan menggunakan memori internal hingga 2 TB.

 

Moto Z memiliki sensor lensa kamera 13MP plus kemampuan autofocus.  Juga ada mode professional yang memungkinkan anda mengatur secara manual pengaturan white balance, shutter speed, ISO, exposure compensation,  dan focus.

Moto Z juga dibekali dengan kamera depan 5 MP dengan kemampuan lampu flash. Dengan lensa wide-Angle pengguna dapat menangkap objek selfie yang lebih luas. Masih dibekali juga fitur mode Beautification yang memungkinkan hasil tangkapan foto selfie menjadi lebih bagus, karena dapat mengurangi noda atau keriput pada wajah kulit sehingga menjadi lebih halus dan terang.

foto: technologue.id

 

Moto Mods

Yang membuat smartphone ini unik adalah karena fungsi modular Moto Mods yang dimiliki oleh Moto Z. Dengan Moto Mods pengguna langsung dapat mengubah Moto Z menjadi smartphone yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Baik untuk mengambil mengambil foto, mendengarkan music, memaksimalkan daya tahan baterai hingga mengubah smartphone menjadi sebuah layar proyektor. Moto Mods yang disediakan antara lain :

 

Camera Hasselblad True Zoom

Yang pertama ada Camera Hasselblad True Zoom. Mods ini merupakan hasil kerjasama antara perusahaan produsen kamera dan perlemkapan photografi Hasselblad dan Moto yang merancang sebuah Mods untuk memakaimalkan pengalaman ber-mobile photografi.

Dengan Hasselblad True Zoom ini pengguna dapat melakukan Optical Zoom hingga 10x. Dengan Optical Zoom ini, Karena tanpa mengurangi resolusi gambar, pengguna dapat mengambil foto secara rinci dengan jarak jauh. Pengguna juga tidak perlu khawatir akan jarak dari subjek karena fokus dapat didapatkan dengan cepat dan mudah.

Dibantu juga dengan Xenon flash, tidak masalah mengambil foto pada kondisi low light. Xenon flash dapat menerangi objek dengan sempurna, sehingga tetap mendapatkan objek yang cehar dan jelas.

 

Speaker JBL SoundBoost & Insta-Share Projector

Moto Mods yang kedua Speaker JBL SoundBoost. Bagi anda yang suka mendengarkan music, Speaker JBL SoundBoost akan menakomodasi kesukaan anda dalam mendengarkan musik. Dibekali dnegan speaker dari produksen speaker ternama, pengalaman multimedia dengan suara yang menggelegar, membuat pengalaman anda mendengarkan music menjadi lebihb maksimal. Penggunaan  JBL SoundBoostakan sangat cocok buat anda yang suka mendengarkan musik didalam maupun diluar ruang. Dibekali dengan built-in kickstand akan memberikan mengalaman yang lebih nyaman baik visual ataupun audio.

Tidak hanya soal hiburan, untuk mengakomodasi pekerjaan Anda, Moto Z juga memiliki Insta-Share Projector Moto Mods. Dengan alat ini Anda dapat melakukan presentasi dimana saja dan kapan saja. Ubah smartphone anda menjadi sebuah projector hanya dengan memasangkan Insta-Share Projector Moto Mods pada konneksi yang tersedia, maka anda siap melakukan presentasi atau hanya untuk menonton film dengan layar yang lebih luas.

 

Incipio Offgrid Power Pack & Moto Style Shells

Moto Z memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar dengan 2600MAh. Untuk pengisian daya tahan baterai pengguna dapat mengisi ulang dengan cepat karena Moto Z sudah memiliki fitur TurboPower charging untuk pengisian baterai supaya lebih cepat

jika masih kurang pengguna bahkan dapat langsung mebambahkan daya tahan baterai tanpa harus meninggalkan aktivitas, dnegan menggunakan Incipio Offgrid Power Pack. Dengan Moto Mods yang satu ini, maka daya tahan baterai akan lebih panjang, dan aktivitas anda tidak akan terganggu karena kehabisan baterai.

Fitur Moto Mods tidak hanya memaksimalkan penggunaan smartphone secara fitur akan tetapi dapat menambah gaya penggunanya. Melalui Moto Style Shells, pengguna dapat mengekspresikan smartphone sesuai karakter penggunanya. Dengan Moto Style Shells, tampilan dan desain Moto Z akan semakin maksimal dan stylish.