Review Mi True Wireless Earphone 2S, Nyaman Pakai Lama

Beberapa waktu yang lalu Xiaomi baru saja meluncurkan tiga produk terbarunya di ranah IoT (Internet of Things) ke pasar Indonesia dan salah satunya adalah Mi True Wireless Earphones 2S yang merupakan TWS dengan fitur environmental noise cancellation.

pun berkesempatan mencoba langsung TWS baru ini, selama kurang lebih dua minggu. Lalu, seperti apa rasanya menggunakan earphone nirkabel ini? berikut ulasannya:

Unboxing

Inilah yang ada didalam paket penjual Mi True Wireless Earphones 2s

Desain

Secara desain, Mi Trus Wireless Earphone 2S hampir mirip dengan generasi sebelumnya yakni, Mi True Wireless Earphones 2 Basic. Hanya saja pada bagian atas dan bagian bawahnya berbentuk sedikit bundar di kedua sisinya. Dengan bahan plastik polikarbonat, build dari TWS ini bisa kami bilang cukup kokoh. Hal tersebut bisa dibuktikan saat membuka dan menutup charging case-nya, kami tidak menemukan kesan ringkih. Selain itu, dengan berat satu earphone hanya 4,5 g dan memiliki desain ringkas dan ringan, menjadikannya lebih mudah dan nyaman saat dikenakan. Dengan hal tersebut tidak membuat telinga pegal atau bahkan terasa pusing saat digunakan berlama-lama.

Bicara kenyamanan pakai memang relatif, menurut kami Earphone ini enak dipakai dan tidak mengganggu telinga. Setelah digunakan beberapa jam, posisinya juga sangat konsisten di awal tidak merosot. Bahkan kami coba tes menggunakannya saat kepala menoleh ke kanan dan ke kiri dengan cepat, posisi earphone di telinga tidak lepas.

Konektivitas dan kualitas suara

Soal proses pairing, Mi Trus Wireless Earphone 2S mengandalkan konektivitas Bluetooth 5.0 yang kompatibel untuk smartphone Android maupun iOS yang mampu menghadirkan kecepatan transmisi yang lebih cepat dan stabil. Saat casing dibuka, koneksi bluetooth langsung terdeteksi dan pairing bisa dilakukan dengan cepat.

Apabila perangkat sudah pernah tersambung satu sama lain, TWS ini akan otomatis tersambung ketika tutup casing dibuka. Saat diajak jalan-jalan di jarak tertentu, koneksi tersendat sehingga suara yang dihasilkan terputus-putus. Semakin jauh, kurang lebih tujuh meter, konekti benar-benar terputus.

Earphone TWS terbaru Xiaomi ini juga menawarkan pengalaman audio dengan kualitas yang unggul berkat 14,2mm large audio driver dan dukungan Bluetooth audio codec (LHDC dan AAC) serta dukungan environmental noise cancellation untuk mengurangi gangguan dari suara sekitar.

Alhasil, saat kami memutar lagu favorit dari aplikasi musik di smartphone, suara dari earphone ini bisa keluar dengan sangat baik. Audio keluar yang dihasilkan cukup jelas, dengan hentakan bass yang cukup tebal. Selain itu, saat kami coba untuk menonton video YouTube dan bermain game online, mengenai “ latensinya “ tidak ada masalah atau tidak ada delay suara. 

Fitur

Generasi penerus dari Mi True Wireless Earphones 2 Basic ini telah diupgrade dengan Chip Dual-Core memiliki teknologi transmisi sinkron binaural baru yang mengirim sinyal suara ke earphone kiri dan ke kanan secara bersamaan, sehingga efektif dalam mengurangi latensi suara, sekaligus meminimalkan interferensi, dan koneksi lebih stabil antara earphone kiri dan kanan.

Selain itu, fitur yang cukup menarik adalah touch control atau kontrol sentuh. Mi True Wireless Earphones 2s dibekali dengan gesture kontrol yang memudahkan penggunaanya. Dengan fitur tersebut memutar lagu bisa dilakukan dengan mudah, untuk pause atau play cukup ketuk dua kali earphone di sebelah kanan atau cukup lepas salah satu earphone. Menerima panggilan telepon masuk cukup ketuk dua kali pada earphone. Sedangkan untuk menggunakan Google Assistant cukup ketuk earphone di sebelah kiri sebanyak dua kali.

Dan sebagai info tambahan, perlu diketahui bahwa casing Mi True Wireless Earphone 2S ini sudah mendukung pengisian daya secara nirkabel. Dudukan ini kompatibel dengan pengisian daya nirkabel standar Qi, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengisi daya perangkat.

Daya Tahan

Sedangkan untuk daya tahan hidupnya, TWS besutan Xiaomi ini membenamkan baterai yang dijanjikan mampu membuat Mi True Wireless Earphones 2S menyala hingga 5 jam, atau hingga 24 jam jika ditambahkan dengan daya dari casing-nya. Sebagai gambaran, saat kami coba memutar lagu selama satu jam tanpa henti, baterai dari kedua earphone hanya berkurang 10% dari kondisi baterai penuh (100%).

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp. 800 ribuan, menurut kami Mi True Wireless Earphone 2S ini menawarkan desain yang sederhana tapi menawan. Fitur dengan kualitas suara yang cukup baik serta dukungan environmental noise cancellation untuk mengurangi gangguan dari suara sekitar. Apalagi, gesture kontrolnya juga sangat memudahkan penggunanya, nyaman di gunakan waktu yang lama dan kapasitas baterai cukup untuk mendukung aktifitas seharian.