Review Meizu M6 : Harga Murah Fitur Wah!!!

infogadgets.info.ID – Jika ada anggapan cuma Xiaomi, yang berani bikin hp murah spek tinggi, rasanya pendapat itu sudah ketinggalan zaman. Pasalnya, saat ini mulai banyak pabrikan yang merilis hp murah spek tinggi, salah satunya adalah Meizu M6. Dan kali ini infogadgets.info mendapat kesempatan review Meizu M6.

Review Meizu M6
Review Meizu M6

Nah bicara hp murah spek ok, Meizu M6 layak dijadikan acuan. Bukan bermaksud berlebihan, jika melihat spesifikasi dan nilai jualnya, Meizu M6 bisa membuat Xiaomi 5A tidak lagi menjadi pilihan utama, hp 4G di rentang 1,5 juta ke bawah.

Kalau kamu nggak percaya, simak ulasan lengkapnya berikut ini!!

Review Meizu M6
Review Meizu M6

Desain dan Layar

Desain menjadi sektor pertama yang infogadgets.info eksplorasi. “Nyaman digenggam”, kalimat itu langsung terlintas saat pertama kali bersentuhan dengan Meizu M6. Rancang bangun yang tidak bongsor, membuat hp ini enak digenggam dengan satu tangan. Ketika diletakan dalam saku celana, juga tidak mengganggu mobilitas

Berbicara desain, pada review Meizu M6 sejatinya hp ini memiliki konsep yang sederhana, hanya saja dengan pemilihan material yang pas, pihak vendor bisa mengeluarkan sisi elegan hp 1 jutaan ini. Contohnya, bodi belakang nampak terlihat terbuat dari logam, walaupun sejatinya menggunakan material plastik.

Pada bagian sisinya, dijumpai berbagai tombol, mulai dari volume hingga power. Di area yang sama, juga sudah tertanan, port charger, port jack 3,5 mm, slot sim card dan memory card. Sayangnya, slot card di Meizu M6 bersifat hybrid, harus memilih antara dua kartu SIM tanpa microSD atau satu kartu SIM dengan microSD.

Baca Juga: Saingi Hp Xiaomi Redmi 5A, Meizu M6 Dijual Cuma Sejutaan

Beralih ke layar. Meizu M6 dibekali layar 5,2 inci yang beresolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS. Meski belum menggunakan konsep layar kekinian dengan ratio 18:9, secara umum spesifikasi layarnya terbilang lumayan, tidak jelek tapi juga tak mewah. Saat diuji, layarnya terbilang responsif sehingga eksplorasi berjalan lancar.

Review Meizu M6: Kamera

Fasilitas imaging, menjadi salah satu menu andalan Meizu M6, karenanya pihak vendor berusaha mempersenjatai hp 1 jutaan ini dengan kamera yang mumpuni. Meizu menyematkan kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 dan Phase Detecton Autofocus pada M6.

Untuk membantu dalam mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, dual-tone LED Flash juga telah dihadirkan tepat di bawah kamera utamanya. Kamera utama lengkapi berbagai moda penggambilan gambar, mulai dari photo, beauty, video, slow motion, pro, time-lapse, panorama, scan, HDR, dan GIF untuk membuat penggunanya berkreasi.

Selanjutnya, kamera depan smartphone ini memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 yang dikebali dengan mode beauty, photo, dan video yang dapat mengakomodasi foto selfie atau video call dengan lumayan baik.

Saat diuji pada review Meizu M6, hampir semua teknologi di sektor imaging hp ini. Mampu bekerja dengan baik. Salah satunya, teknologi Phase Detecton Autofocus, mampu mengunci objek dengan cepat. Sedangkan untuk kualitasnya fotonya, terbilang cukup memuaskan. Yang tidak boleh terlupa untuk keperluan selfie, M6 dibekali kamera 8MP dengan aperture f/2.0.

Baca Juga: HP RAM 6GB, Harga Meizu E3 Cuma 3 Jutaan

Flyme OS

Meizu menyematkan sistem operasi berbasis Android Nougat, yang dimodifikasi menjadi Flyme OS 6.2. Ini kali pertama kami melihat OS Flyme OS dari Meizu, dimana kesan pertama kali saat menggunakannya yaitu OS ini cukup simple. Tidak ada App drawer, menu shortcut lengkap saat kita menswipe dari atas ke bawah. Hanya saja untuk navigasi, masih berada di dalam layar padahal bezel bagian bawah masih cukup luas tersedia.

Dapur pacu

Saatnya mengulik sektor hardware. Dapur pacu dari review Meizu M6 ini dipercayakan pada MediaTek MT6750 Octa-core dengan kombinasi Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,5 GHz + Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1 GHz lengkap dengan GPU Mali-T860MP2.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Meizu telah menghadirkan juga RAM 2 GB dan storage internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Di atas kertas, spesifikasi hardware ini memang menarik.

Bagaimana saat diuji? Ketika melakukan review Meizu M6 menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan atau multitasking. Performa hp ini masih cukup baik. Eksplorasi berlanjut, kali ini performa M6 diuji dengan menjalankan beberapa game mobile seperti Mobile Legends dan Arena of Valor, hasilnya hp ini masih dapat berjalan dengan mulus.

Baca Juga: Review Meizu M6 : Harga Murah Fitur Wah!!!

Menu Tambahan dan Baterai

Selain menu standar yang biasa dijumpai di hp kelas 1 jutaan, M6 memiliki teknologi keamanan yang sudah kekinian. Pada review Meizu M6, terdapat sistem keamanan sidik jari yang disematkan pada tombol fisik home di bagian depannya. Selain dapat mendeteksi sidik jari dengan cepat, Meizu M6 juga mengizinkan penggunanya untuk mendaftar 5 sidik jari yang berbeda sekaligus.

Berbicara daya tahan. Meizu M6 telah dipersenjatai baterai berkapasitas 3.070 mAh. Selama proses eksplorasi, peforma baterai diuji melalui kegiatan standar sehari-hari mulai dari chat, SMS, telepon, bermedia sosial, mendengarkan musik, menonton video, bermain game, maupun browsing internet. Dengan penggunaan normal, baterai hp ini bisa betahan lebih dari setengah hari.