Review Hp OPPO A7 – Tampil Mewah Harga Terbilang Murah

infogadgets.info.id –  OPPO Indonesia  belum lama ini merilis Hp terbaru, yaitu Hp OPPO A7. Hp OPPO terbaru ini dijual seharga Rp3.299.000. Meski harganya terjangkau, Hp OPPO A7 tetap punya daya tarik baik dari sisi desain maupun fiturnya. Setidaknya Hp OPPO A7 bisa menjadi pilihan di antara beberapa Hp terbaru yang punya harga tidak jauh berbeda.

oppo a7

Tampilan Hp OPPO A7 terbilang menawan dengan penggunaan material glossy di bodi belakang. Yang lebih menarik, bodi belakang memiliki sedikit tekstur bermotif serat yang diberikan lapisan menyerupai kaca. Masih di bagian belakang, juga disematkan sensor sidik jari berbentuk oval dengan pinggiran berwarna emas. Di dekat situ terdapat dua kamera belakang yang ditemani lampu flash LED. Tersedia dengan dua pilihan warna bodi, yaitu Glaze Blue dan Glaring Gold.

Beralih ke bagian layarnya, Hp OPPO A7 mengusung layar full screen atau mendominasi sisi depan. Layar luas ini berukuran 6.2 inci dengan rasio aspek 19:9. Ketajaman tampilan layar beresolusi HD+, kerapatan layar yang mencapai 271 ppi dengan teknologi IPS. Layar juga sudah dilindungi oleh lapisan kaca 2.5D Corning Gorilla Glass 3. Mengikuti tren saat ini bagian atas layar juga terdapat poni tapi dengan bentuk waterdrop.

Baca juga : Uji Nyali Kamera Hp OPPO R17 Pro di Malam Hari

Pada sisi kiri bodi ditempatkan tombol volume yang berdempetan dengan slot kartu SIM dan kartu microSD yang tersedia secara terpisah. Sementara pada sisi kanan tertanam tombol power. Di bagian bawah bodi tersemat lubang jack audio 3,5mm yang ditemani dengan port microUSB 2.0 dan lubang speaker. Tapi sayangnya dalam paket penjualan tidak disediakan earphone.

Kinerja Boleh Lah

Untuk mendukung kinerjanya, OPPO A7 mengandalkan prosesor Snapdragon 450. Sebenarnya kemampuan prosesor ini masih terbilang mumpuni. Tapi pasalnya beberapa seri Hp terbaru lainnya sudah menggunakan chipset prosesor yang lebih baru yaitu Snapdragon 660 ataupun Snapdragon 636.

Prosesor Snapdragon 450 di Hp OPPO A7 berkekuatan octa-core 1.8GHz. Selain itu juga ditopang RAM sebesar 4GB dan memory internal berkapasitas 64GB. Untuk membuktikan kinerjanya, diuji dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Hasilnya memiliki skor cukup baik meskipun tidak terlalu superior. Selain itu kami juga uji kemampuan Hp OPPO ini dengan memainkan game berat seperti Asphalt Extreme. Hasilnya, grafis game bisa ditampilkan dengan mulus.

Ketika kinerja Hp terbaru OPPO ini diukur menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, diperoleh skor :

oppo A7

Baterai Tahan Lama

Fitur di OPPPO A7 yang patut dipertimbangkan yaitu baterainya yang memiliki kapasitas terbilang besar, yaitu 4230 mAh. Ini menjadi jaminan kalau Hp terbaru ini bisa bertahan lebih lama. Setidaknya ini terbukti dari penggunaan OPPO A7 secara normal, ternyata bisa bertahan hingga seharian penuh.

Tapi sayangnya, OPPO A7 tidak dilengkapi dengan fitur pengisian baterai cepat (fast charging). Dengan menggunakan charger bawaan (daya 2 Ampere), mengisi daya full dari baterai dari keadaan low-bath, butuh waktu sekitar 2 jam. Tapi itu terbilang tidak terlalu lambat, apalagi kapasitas baterai Hp ini kan cukup besar.

Dilengkapi Dual Kamera

Hadir sebagai Hp zaman now, pastinya Hp OPPO A7 sudah membawa dual kamera di bodi belakang. Kamera ganda ini terdiri dari kamera utama 13MP, f/2.2 dan kamera 2 MP. Pastrinya kamera ganda ini bisa menghasilkan efek bokeh. Untuk mendapatkan efek bokeh, pengguna harus menggunakan mode portrait. Yang menarik, pengguna bisa menentukan seberapa besar efek bokeh yang diinginkan.

Kamera ganda di Oppo A7 itu juga dilengkapi dengan fitur pendukung seperti mode pro, HDR, Portrait, Panorama. Juga ada fitur Sticker, yang bisa menambahkan berbagai efek gambar pada foto. Tak lupa pula, juga disediakan efek Beauty yang bisa membuat hasil foto wajah terlihat lebih cerah dan halus.

Hp oppo A7

Untuk kualitas hasil foto dual kamera, terbilang sangat baik. Hasil foto pada siang hari terlihat tajam dengan pencahayaan dan detil yang baik. Untuk foto malam hari, meski tidak setajam foto siang hari, tapi hasil fotonya masih terbilang cukup bagus.

Baca juga : Begini Cara Kerja Teknologi Fast Charging VOOC Buatan OPPO

Beralih ke kamera depan, Oppo A7 membawa kamera selfie dengan kekuatan 16 megapiksel. Kamera ini tidak dilengkapi lampu flash. Tapi saat di kondisi kurang cahaya, bisa menggunakan cahaya pada layar (screen flash). Untuk hasil foto selfienya, terlihat cukup tajam. Apalagi juga sudah dilengkapi dengan efek Beauty, membuat foto selfie bisa diatur lebih cerah. Kamera depan ini juga dimanfaatkan untuk fitur face unlock, yaitu mengunci layar dengan menggunakan pemindai wajah pengguna.

Soal kemampuan merekam video, sudah bisa mencapai resolusi full HD. Tapi sayangnya, kamera tidak dibekali fitur Image Stabilizer, sehingga kalau merekam dalam kondisi agak bergoyang, hasil videonya terlihat kurang stabil.