Home Review Review : Hape Gaming Paling “Jago” di Kelas 2 Jutaan, realme narzo...

Review : Hape Gaming Paling “Jago” di Kelas 2 Jutaan, realme narzo 20

infogadgets.info.ID – Di tengah pandemi realme tetap optimis menatap masa depan di pasar Indonesia. Hal ini terlihat dari konsistensi realme, merilis aneka produk berkualitas di Tanah Air. Buah dari konsistensi itu, produk realme semakin dipercaya konsumen di Indonesia, yang dikenal tidak mudah untuk ditaklukan.

Terbaru, seiring semakin tingginya popularitas gim mobile di Indonesia. realme meresponnya dengan merilis berbagai hape yang performa powerfull, ketika digeber bermain gim mobile. Menariknya produk-produk tersebut, bisa didapat dengan harga yang bersahabat. Seperti realme narzo 20 yang saat ini bertandang ke redaksi infogadgets.info.

Mengusung slogan “Boost The Power”, realme narzo 20 menurut infogadgets.info sepintas memiliki amunisi yang menjanjikan. Tapi bagaimana kualitasnya, apakah sekeren slogannya? Tanpa banyak basa-basi, saatnya kita ulik realme narzo 20.

Desain
Entah mengapa dalam beberapa waktu belakangan ini, infogadgets.info selalu penasaran dengan tampilan desain setiap hp baru yang dirilis realme. Pasalnya hampir semua hp baru yang dirilis realme sepanjang tahun ini, punya tampilan yang ikonik banget, terutama di bagian cover bodi belakang.

Apakah realme narzo 20 punya tampilan eksotik, seperti hp realme sebelumnya? Jawabannya iya. Untuk kesekian kali infogadgets.info dibuat kagum dengan cara realme, mengembangkan setiap desain hp terbarunya, termasuk narzo 20.

realme narzo 20 memiliki desain bodi belakang ikonik. Ketika bodi belakang Narzo 20 terkena pantulan cahaya, kamu akan menemukan gradasi “V”. Berdasarkan info yang didapat, radasi “V” di bodi realme Narzo 20 melambangkan “Victory”.

Bodi belakangnya memang masih menggunakan material plastik, hanya saja dengan teknik tekstur khusus yang diaplikasi tim realme, membuat narzo 20 tetap terlihat elegan layaknya hape kelas premium. realme narzo 20 sendiri hadir dalam dua pilihan warna, yakni Blue Blade dan Silver Sword.Sentuhan tesktur dibodi belakang, membuat hape ini tidak licin saat digengam.

Secara umum rancang bangun realme narzo 20 terbilang proporsional, nyaman digenggam, masih enak dioperasikan satu tangan, serta tidak menggangu mobilitas ketika diletakan dalam saku celana.

Layar
Masih soal eksterior, sekarang infogadgets.info bakal mengulas daya tarik realme Narzo dari sisi layar. Hape ini terlihat menggoda dengan layar 6,5. Hadir dengan 20:9, membuat layar realme narzo 20 memiliki bidang pandang yang luas.

Layarnya sendiri mengadopsi desain mini drop dengan tumpukan yang ditingkatkan, berdasarkan fungsi. Dalam pengembangannya, secara kreatif para enginer realme bisa menarik bagian dan komponen lebih dekat satu sama lain, sehingga area poni berkurang (sebesar 30,9% dibandingkan dengan dewdrop).

Imbasnya semua inovasi yang dilakukan realme pada sektor layar, membuat pandangan mata infogadgets.info begitu dimanja dengan pengalaman bermain game, audio dan video berkualitas yang tersaji di layar narzo 20.

Selain itu layar yang luas juga mengurangi gangguan visual, sekaligus memberi pengalaman tampilan fullscreen yang maksimal.

Kamera
Walau digadang tangguh ketika digeber bermain gim, realme juga tidak setengah hati dalam mengembangkan fitur kamera di narzo 20. Menu kamera sendiri, menjadi salah satu fitur andalan realme Narzo untuk meluluhkan hati konsumen di Tanah Air.

Dari segi spesifikasi, komposisi lensa yang tertanam di realme Narzo 20, baik kamera depan maupun belakang menurut infogadgets.info terbilang menjanjikan. Tidak kalah dengan kompetitor di kelas yang sama.

mode malam

Ketika mengeksplor bodi belakang, 3 lensa siap menjadi senjata utama untuk memuaskan hasrat fotografi kamu. Kamera utama realme Narzo 20 memiliki sensor 48MP, apertur besar f/1.8, dan lensa 6P.

mode normal

Kamera utama 48MP milik narzo 20, menerapkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer. Secara teori teknologi tersebut membuat hp ini bisa menghasilkan gambar mumpuni dalam berbagai kondisi cahaya.

bokeh

Jika ingin mengabadikan panorama dengan sudut pandang yang luar nan dramatis, hape ini dibekali lensa lebar 8MP, beraperture f/2.25 dan bidang pandang ultra-wide-angle 119°. Komposisi kamera belakang realme narzo 20, disempurnakan dengan lensa macro 2MP. Jika ingin berselfie ria, kamera depan realme narzo hadir dengan lensa 8MP.

Soal kualitas, dalam kondisi cahaya normal, hasil bidikan kamera narzo 20 dengan berbagai mode tidak perlu diperdebatkan lagi, begitu memuaskan. Ketangguhan kamera realme narzo 20 semakin terlihat, saat menggambil gambar di kondisi minim cahaya dan malam hari.

Tanpa memanfaatkan mode malam hasil foto cukup baik, warna yang terlihat masih natural. Ketika infogadgets.info mengaktifkan Mode Nightscape, kamera hape ini mampu menangkap warna yang begitu detail dengan tingkat noise yang minim.

Menurut infogadgets.info, Mode Nightscape di realme narzo 20 menjadikan hape ini, sebagai salah satu smartphone dengan kemampuan night shooter terbaik di segmennya. Untuk foto makro, kualitas bidikannya juga bisa bersaing. Yang perlu diperhatian ketika mengambil foto makro, sebaiknya jarak objek tidak lebih dari 4CM.

makro

Nah bagi kamu yang mengambil foto landskape saat berpetualang, gambar panorama hasil dibidik lensa wide 8MP milik realme narzo 20, begitu memanjakan mata. Secara umum, sepanjang pengujian infogadgets.info terbilang puas dengan hasil bidikan realme narzo 20.

Performa
Semenjak dikembangkan, realme memposisikan narzo 20 sebagai senjata baru, untuk membidik konsumen muda yang senang beraktivitas di dunia maya, salah satunya bermain gim online. Karenanya tidak heran komposisi dapur pacu yang disiapkan realme narzo 20, memungkinkan hp ini bermanuver gesit ketika digeber bermain gim online.

Dapur pacunya sendiri dikomandoi chipset Helio G85 yang bertenaga. Sebagai prosesor untuk gaming, Helio G85 meraih skor 200.000+ di Antutu Benchmark, memberikan daya yang cukup untuk pengalaman gaming yang mulus.

Untuk menghadirkan pengalaman bermain yang lebih maksimal, chipset Helio G85 mendapat tandem prosesor octa-core berkekuatan 2.0GHz, GPU ARM Mali-G52, hingga sokongan RAM 4GB, plus internal memori 64GB.

Selama pengujian dengan bermain gim mobile populer, mulai dari CODM hingga PES 2020, semua teknologi yang tertanam di dapur pacu realme narzo 20 bekerja begitu harmonis, sehingga mampu memberikan GadgetSquat pengalaman gaming yang dinamis.

Dari pengalaman yang infogadgets.info rasakan selama bermain aneka gim online, rasanya keputusan realme memposisikan Narzo sebagai “Best Value for Money Smartphone for Gaming in 2 million”, tidak berlebihan.

Fitur lain
Kemampuan gaming hape ini memang memuaskan untuk sekelas hape menengah. Di sisi lain, hape ini juga sudah dibekali berbagai menu lain yang begitu fungsional, sekaligus menambah daya saing realme narzo 20, saat bertarung dengan kompetitor di level 2 jutaan.

realme narzo 20 mengusung antar muka bawaan, yakni realme UI yang berbasis pada Android 10. realme merancang UI dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. Alhasil, realme UI akan terasa mulus dan menyenangkan untuk digunakan.

Desain antar muka realme UI sederhana tapi tidak membosankan, terinspirasi oleh gaya hidup sehari-hari dari generasi muda. Untuk mencapai real design dalam efek visual, realme UI dirancang dengan mempertimbangkan 4 hal – warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi.

Soal keamanan realme narzo 20 sudah menempatkan sensor sidik jari, plus sensor pengenalan wajah. Saat diuji, cukup dengan satu sentuhan maupun pandangan, semua fasilitas keamanan tersebut bisa langsung aktif.

Hape ini mendukung tiga slot kartu, 2 untuk SIM card dan 1 slot MicroSD hingga 256GB. realme narzo 20 juga sudah dilengkapi Mode Fokus. Saat “Mode Fokus” aktif, otomatis mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu), mencegah notifikasi baru menumpuk.

Daya tahan
Melalui narzo 20, realme sekali lagi menegaskan jika pabrikan asal Cina ini begitu memperhatikan kualitas daya tahan. Baterai berkapasitas 6000 mAh,menjadi pondasi daya tahan realme Narzo 20. Tidak sekedar besar, baterai 6000 mAh tersebut diklaim memiliki daya tahan yang ekstra.

Setidaknya dari hasil pengujian realme Lab, Narzo 20 dapat bertahan selama 45 hari dalam mode siaga. Saat digeber main gim online secara ekstrem, baterai 6000 mAh tersebut, mampu membuat realme Narzo 20 bertahan kurang lebih 11 jam.

Saat infogadgets.info mengujinya langsung dengan cara nonton YouTube serta main CODM masing-masing 1 jam lamanya, baterai realme Narzo 20 berkurang sekitar 15% dari total 100%. Dari fakta tersebut, bisa dikatakan realme narzo 20 adalah smartphone untuk gaming terbaik di segmen Rp 2 jutaan.

Tidak cukup sampai disitu, agar baterai di realme narzo 20 semakin awet, pihak vendor juga sudah menyematkan beberapa menu tambahan. Salah satu menu tambahan di area daya tahan, adalah “Super Power Saving Mode”.

Saat Super Power Saving Mode aktif, kamu dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif.

Tidak cukup sampai disitu, hal lain yang memberi rasa nyaman adalah kemampuan baterai realme narzo 20 yang bisa diisi dengan cepat. realme narzo 20 dilengkapi dengan 18W Quick Charge, hanya butuh 30 menit untuk mengisi baterai sampai 29%.

Kesimpulan
“realme pinter banget manjain anak muda” kalimat itu terlintas selama menguji Narzo 20. Ya, menurut infogadgets.info realme Narzo 20 memang mengetahui sekali selera hp anak muda masa kini.

Kinerja Narzo 20 yang gesit selama pengujian, menurut infogadgets.info menjadi bukti bahwa hape 2 jutaan juga memiliki performa tidak kalah kelas dari produk yang lebih mahal. Situasi ini tentu menjadi jawaban, kepada anak muda yang selama ini suka ngeluh soal kinerja hp 2 jutaan yang standar.

Selain itu saat digeber stimultan main gim, prosesor gaming Helio G85 kinerjanya tidak mengecewakan. Ini tentu menjadi nilai plus lain dari narzo 20, di mata generasi muda yang saat ini memang sedang gandrung dengan aktivitas gim mobile.

Hal lain yang perlu diperhatikan, daya tahan narzo 20 yang terbilang awet, dijamin bisa membuat anak muda yang kenal dinamis, tidak perlu repot mencari colokan charger. Merujuk berbagai keunggulan yang dimiliki, realme Narzo 20 layak banget jadi hp incaran gamer muda yang menginginkan smartphone kencang dengan harga 2 jutaan. realme narzo 20 ini sudah bisa didapatkan di tautan ini (https://shopee.co.id/product/109598751/4058446491/?utm_campaign=p109598751_ss_id_othr_other&utm_content=1111&utm_medium=seller&utm_source=others)