Review ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro: Cuma Jago Selfie? Nggak Juga!!!

 

sponsored

infogadgets.info.ID – Setelah Asus Zenfone 4 Max Pro, ASUS kembali rilis varian baru untuk pengguna yang suka selfie, yakni ASUS Zenfone 4 Selfie dan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Apa saja keunggulan pada kedua smartphone ini dan apa perbedaan antara keduanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Desain

Kedua smartphone ini memiliki bentuk yang sangat mirip. Jika dibandingkan berbedaannya terdapat ketebalan dan berat bodi. ASUS Zenfone 4 Selfie sedikit lebih tebal dibanding ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Namun begitu, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro lebih berat dibandingkan ASUS Zenfone 4 Selfie.

Keduanya sama-sama memiliki desain yang elegan dan memiliki tampilan premium

Posisi dua kamera depan juga berbeda. Dimana ASUS Zenfone 4 Selfie, dua kamera selfie ditempatkan pada posisi yang agak berjauhan. Sedangkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro menempatkan dua kamera depan pada posisi yang berdampingan.

Perbedaan lain juga dapat dilihat pada posisi port jack 3,55mm. ASUS Zenfone 4 Selfie, memposisi port jack 3,55mm dibagian atas. Sedangkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro menempatkan port jack 3,55mm diposisi bawah.

Kedua Asus Zenfone 4 Selfie sama sama berpenampilan bezel layar yang tipis. Terutama pada sisi kanan dan kiri layar. Di bagian bawah layar terdapat tombol Home di bagian tengah. Keduanya juga sama-sama menggunakan Home yang juga berfungsi sebagai fingerprint sensor.  Kecepatan fingerprint sensor ini sangat responsif dan cepat. Tidak sampai 1 detik, tombol ini mampu mngenali sidik jadi dengan cepat. Disamping tobol ini tersedia tombol Back dan Recent Apps, sayangnya keduanya tidak dilengkapi dengan backlight. sehingga tidak dapat digunakan ditempat gelap.

Layar

Keduanya sama-sama dibekali dengan layar 5,5 inci, Tapi ASUS Zenfone 4 Selfie Pro memiliki resolusi yang lebih baik dibandingkan ASUS Zenfone 4 Selfie. Tidak hanya itu, layar di ASUS Zenfone 4 Selfie Pro juga sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 5 untuk menghindari resiko tergores.

Namun begitu keduanya sama-sama memiliki tampilan yang jelas meski digunakan di luar ruang saat kondisi terik. Asus menyuntikan tampilan ZenUI 4.0, pada sistem operasi Android 7.1.1 Nougat kedua di smartphone ini. Kedua layar juga memiliki respon layar yang juga baik.

Kamera

Pada ZenFone 4 Selfie, Asus menawarkan konfigurasi kamera ganda di depan 20 megapixel dan 8 MP yang masing masih memiliki aperture f2.0 dan wide angle 120 derajat. Untuk membantu hasil foto di kondisi low light. Sedangkan Asus ZenFone 4 Selfie Pro mengandalkan konfigurasi kamera dengan sensor Sony IMX362 24 megapixel DuoPixel dengan aperture f/1.8 dan kamera kedua 5 megapixel wide angle 120 derajat.

Meski keduanya memiliki kemara yang berbeda, tapi sama-sama dibekali fitur-fitur pendukung yang menarik seperti Portrait Mode dan Beauty Mode.

Jadi kamera ASUS ZenFone Selfie Pro jelas lebih baik dibandingkan ASUS ZenFone Selfie. Bilang aja intinya keduanya memiliki kualitas yang sama baiknya, namun Asus Zenfone 4 Selfie Pro menghasilkan hasil foto yang lebih baik dan detail.

Performa

ASUS ZenFone 4 Selfie Pro diperkuat prosesor yang lebih baik dibandingkan ASUS ZenFone Selfie, meski keduanya sama-sama memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang sama. Dengan spesifikasi dan jeroan yang dimiliki kedua smartphone ini jelas ASUS ZenFone 4 Selfie Pro memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan Asus Zenfone 4 selfie, hal ini terlihat dari skor Antutu bechmark yang didapatkan Asus Zenfone 4 Selfie Pro lebih baik dibandingkan Asus Zenfone 4 Selfie.

Namun meski begiru keduanya-sama-sama mempu menjalankan aplikasi secara multitasking dan lancar dalam memainkan game berat.

Kesimpulan

Meski masuk dalam smartphone selfie, namun baik itu Asus Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro sejatinya memiliki kinerja yang mumpuni. Tidak hanya baik dari sisi kamera depan dan belakang, keduanya juga mampu digunakan untuk bekerja, tidak hanya memiliki performa yang baik, keduanya juga dibekali fitur-fitur yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Jadi anda tinggal memilih saja sesuai budget yang anda miliki mau ASUS Zenfone 4 Selfie atau ASUS Zenfone 4 Selfie Pro.