Review ASUS ZenBook 14 (UX425) : Paket Komplit, Laptop Tipis, Ringan, Ngebut Dan Awet!

Di zaman dengan mobilitas tinggi ini, sering kali kita dihadapkan dengan pekerjaan kapanpun dan dimana pun untuk bekerja secara fleksibel. Jika melihat hal tersebut saat ini banyak perusahaan berlomba-lomba membuat laptop seringan mungkin untuk mudah dibawa berpergian. Dan salah satunya, adalah laptop ZenBook series terbaru dari Asus yaitu ASUS ZenBook 14 (UX425) yang baru saja resmi meluncur.

sponsored

Bagaimana review lengkapnya? ikuti penjelasan berikut ini

Desain Premium dan Tangguh

Bicara soal desain, kesan pertama kami ketika melihat laptop ini, memiliki tampilan yang mewah dengan desain spun-metal finish yang khas. Asus ZenBook 14 UX425 hadir dengan bodi yang cukup tipis tapi sangat kokoh yang sudah dilengkapi dengan standar Military grade quality, mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100 mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.

Ketebalan bodinya yang kurang dari 2 centimeter atau lebih tepatnya hanya 1,39 cm membuat laptop ini tidak banyak memakan ruang ketika dimasukan ke dalam tas. Apalagi bobotnya yang ringan hanya 1,13 kg sangat mendukung untuk kegiatan dengan mobilitas tinggi. Hal tersebut dikarenakan, Asus ZenBook 14 (UX425) menggunakan bodi berbahan aluminium alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodinya terlihat lebih mewah serta memiliki kesan premium yang kuat.

Untuk meningkatkan kenyamanan selama penggunaan mengetik dalam waktu yang lama, ZenBook 14 (UX425) masih mengusung desain yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu Ergolift Desain. ErgoLift merupakan fitur yang membuat bodi utama akan terangkat dan membentuk sudut tiga derajat ketika sedang digunakan. Posisi tersebut membuat posisi mengetik menjadi lebih ergonomis, sekaligus meningkatkan performa pendinginan karena rongga udara ekstra yang keluar dari posisi bodi utama yang terangkat. Asus ZenBook 14 UX425 hadir dalam dua pilihan warna yaitu, Pine Gray, dan Lilac Mist.

Layar

Ukuran layar ZenBook 14 (UX425) ini memiliki ukuran layar 14 inci jenis panel IPS Full HD (1980 x 1080) yang dibekali dengan teknologi Nano Edge Display. Artinya, Meski laptop ini punya ukuran 14 inci, tapi memiliki bentuk yang sangat ringkas dengan dimensi laptop 13 inci pada umumnya. Hal tersebut juga bisa kita lihat pada bagian di sekeliling layarnya, yang membuat bezel layar dapat tampil sangat tipis dengan screen-to-body ratio mencapai 90%.

Selain berkat penggunaan prosesor hemat daya dari Intel, teknologi panel terbaru adalah salah satu alasan mengapa ZenBook 14 (UX425) dapat memiliki daya tahan baterai yang panjang. ZenBook 14 (UX425) menggunakan panel 1W terbaru. Teknologi panel tersebut memiliki konsumsi daya yang sangat rendah, bahkan dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 37,5% jika dibandingkan dengan menggunakan panel standar. Meski menggunakan panel 1W, kualitas tampilan tetap diperhatikan oleh ASUS. ZenBook 14 (UX425) hadir dengan layar mampu memiliki tingkat reproduksi warna hingga 100% pada color space sRGB.

Dibagian atas layar ZenBook 14 UX425 kembali dilengkapi dengan kamera 3D IR HD Camera yang sudah mendukung fitur Windows Hello di Windows 10 sebagai Face Recognition Loginnya. Berkat kamera ini, pengguna bisa masuk ke dalam sistem tanpa harus repot mengetikkan password, cukup biarkan kamera memindai area wajah dan secara otomatis kemudian akan diberikan akses untuk masuk ke dalam sistem yang bisa mendeteksi wajah walaupun dalam keadaan minim cahaya. 

Konektivitas dan I/0 Port Lengkap

Walaupun tipis, tapi kami cukup amaze dengan laptop ini karena dibekali konektifitas yang sangat lengkap. Mulai dari Wifi 6, Bluetooth 5.0, dan adapter RJ 45 yang sudah tersedia didalam paket penjualannya. Di sebelah kanan tersedia 1 port USB 3.2 Gen 1 Type-A dan Micro SD card reader. Sedangkan pada bagian sisi kirinya, terdapat port HDMI, 2 port USB Type-C with Thunderbolt™ 3 yang sudah supports display output up to 4k dan power delivery. Menariknya, karena sudah mendukung fitur power delivery, laptop ZenBook terbaru ini bisa mengisi daya dengan power bank, tentunya dengan minimal standar daya yang dibutuhkan.

Keyboard dan NumberPad 2.0

Untuk area keyboardnya, Asus ZenBook 14 (UX425) mengusung desain “ Edge to Edge Keyboard. Dimana secara tampilan keyboard laptop ini sangat memaksimalkan space dari ujung sisi kanan dan kirinya. Jika dilihat secara seksama, ukuran tombol keyboard dibuat sedikit lebih besar. Alhasil, saat kami coba pakai untuk mengetik, reach-nya memang terasa lebih nyaman. Apalagi sudah memiliki traveling distance sejauh 1,4mm yang merupakan jarak ideal untuk mengetik.

Benefit lain yang bisa kita temui di desain keyboard ini yaitu, ada beberapa tombol shortcut seperti, tombol home, page up, page down dan end yang terletak dibagian kanan pojok atas keyboard. Selain itu, dengan adanya fitur LED backlit, pengguna juga masih bisa mengetik dalam kondisi minim cahaya.

Sedangkan untuk area touchpadnya, dibekali dengan fitur NumberPad 2.0. Sebenarnya fitur ini tidak asing yang juga bisa kita temui di seri laptop asus yang lainnya. Perbedaannya, di NumberPad 2.0 ini sudah mendukung penggunaan multifungsi yaitu, touchpad dan numpad kini  dapat digunakan secara bersamaan. Hal yang menarik pada NumberPad 2.0 ini terdapat satu fitur yang berfungsi sebagai shortcut untuk memunculkan calculator di layar. Caranya untuk memunculkannya, cukup sentuh pada bagian icon yang terletak di bagian atas sebelah kiri dengan menggeser nya ke tengah, dan calculator langsung muncul di layar. Untuk pengguna yang mempunyai pekerjaan atau tugas-tugas soal hitung menghitung, hadirnya fitur ini akan sangat membantu untuk memudahkan pekerjaan.

Fitur

Untuk urusan audionya ASUS juga melengkapi Asus ZenBook 14 (UX425) ini dengan Harman Kardon certified yang ngebuat pengalaman menonton atau untuk mendengarkan music laptop ini menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, dengan adanya aplikasi Link to MyASUS pada laptop ini, memungkinkan pengguna bisa menghubungkan laptop dengan smartphone yang menciptakan pengalaman terintegrasi. Jika sudah terhubung dan tampil di pada layar, pengguna bisa menikmati semua fungsi yang ada di smartphone melalui mouse komputer, dan keyboard.

Performa

Sedangkan untuk mendukung performa nya, Asus ZenBook 14 (UX425) ini dibekali dengan prosesor intel core i7 generasi ke 10 (ice lake) yang memiliki konfigurasi hingga 4 core dan 8 thread, kecepatan clock dasar sebesar 1,3 GHz, dan untuk kecepatan boost clock mencapai 3,9GHz. Dari konfigurasi tersebut menurut kami sangat pas untuk digunakan pada laptop ini karena masih cukup kencang dan tidak boros daya. Hal yang menarik, prosesor Intel generasi ke-10  ini mudah beradaptasi dengan aktivitas penggunanya. Membawa keunggulan Artificial Intelligence bawaan, prosesor Intel generasi 10 sangat bisa diandalkan untuk menyelesaikan banyak hal dengan lebih cepat dan lancar. 

Menemani prosesornya, Asus ZenBook 14 UX425 juga dilengkapi dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe 3.0 x2 SSD berkapasitas 512GB yang sangat bisa di andalkan. Menurut kami dengan adanya Solusi SSD ini menawarkan kecepatan transfer rate yang jauh lebih tinggi dari hard disk dan juga konsumsi daya yang jauh lebih efisien. Untuk memori, ZenBook 14 UX425 mengandalkan modul RAM LPDDR4X terbaru berkapasitas hingga 16GB. Kapasitas memori yang lebih lega serta lebih kencang dari LPDDR4X membuat laptop ini semakin gesit untuk penggunaan secara multitasking

Berahlih pada kartu grafisnya, Asus ZenBook 14 (UX425) ditenagai oleh GPU yang terintegrasi Intel Iris Plus Graphics. Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris Plus Graphics memiliki performa yang lebih tinggi. Meski demikian, GPU Intel Iris Plus tetap hadir dengan konsumsi daya yang sangat rendah. GPU ini merupakan salah satu alasan mengapa ZenBook 14 (UX425) mampu memiliki daya tahan baterai yang tergolong panjang. Selain itu, performa grafis nya sudah cukup memadai untuk komputasi harian maupun gaming kasual.

Dengan hadirnya Microsoft Office Pre-Installed di laptop ini, pengguna tidak perlu lagi harus mamasang aplikasi office lainnya atau bahkan menggunakan aplikasi bajakan karena ZenBook 14 UX425 sudah terdapat aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 orisinil dan dapat digunakan selamanya.

Daya Tahan Baterai Kuat

Hal yang satu ini menurut kami tidak boleh terlewatkan, laptop untuk mendukung mobilitas tinggi haruslah didukung dengan baterai yang awet. Karena laptop akan selalu dibawa bepergian untuk memaksimalkan pekerjaan, idealnya laptop dengan ketahanan baterai 6 hingga dengan 10 jam sebenarnya sudah sangat cukup.

Untuk daya tahan hidupnya, Zenbook 14 terbaru ini dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu ZenBook 14 (UX433). Kali ini ZenBook 14 (UX425) menggunakan baterai berkapasitas 67 Whr yang membuat laptop ini diklaim bisa bertahan hingga dengan 22 jam. 

Secara keseluruhan, menurut kami ASUS ZenBook 14 (UX425) ini sangat pas untuk anda yang membutuhkan sebuah laptop yang tipis dan ringan, berdesain premium dan punya performa yang sangat baik untuk tetap produktif di dalam maupun luar ruangan. Apalagi dengan kapasitas baterai yang tahan lebih lama dari generasi sebelumnya, bisa membuat lebih produktif lagi dengan laptop ini tanpa harus khawatir kehabisan daya.

Harga dan Ketersediaan

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp, 14.299.000 Asus ZenBook 14 UX425 telah tersedia dan bisa didapatkan melalui beberapa e-commerce seperti Bhinneka, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, Tokopedia. Untuk setiap pembelian laptop ini, akan mendapatkan juga totebag eksklusif Asus.