ASUS Vivobook M409D: Laptop Murah, Nyaman Untuk Kerja

ASUS Vivobook M409D

Butuh laptop untuk belajar dirumah atau WFH? Kini sudah banyak laptop murah Salah satunya ASUS Vivobook M409D. Laptop ini memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk kamu yang ingin belajar atau bekerja dirumah. Harganya juga tidak terlalu mahal untuk kantong pelajar.

Review ASUS Vivobook M409D

Untuk mengetahui lebih jauh tentang laptop ini, berikut ini adalah review lengkap ASUS Vivobook M409D.

Review ASUS Vivobook M409D

Desain

Dari sisi desain laptop ini mirip dengan VivoBook Flip 14. Dari tampilan luar memiliki desain yang sederhana dan ringan. Dengan ketebalan yang hanya 2,3cm dan beratnya cuma 1,6kg, maka sudah bisa pasti tidak repot untuk dibawa kemana saja.

Desain yang elegan dipadukan dengan material build quality yang solid, membuat laptop ini makin rigid. Pada bagian trackpad dan keyboard juta terasa solid dan tidak bending atau flexing saat ditekan. Namun saying keyboardnya tidak dilengkapi dengan backlit.

Review ASUS Vivobook M409D

Baca juga: Video News : Peluncuran 6 Laptop Asus Terbaru seri Zenbook, Vivobook dan ROG

Keyboard dan Touchpad

ASUS VIvobook M409DA memiliki keyboard QWERTY dengan layout standar. Jarak antar tombol (cukup nyaman untuk mengetik dengan cepat.

Touchpad juga responsif, menggunakan dengan dengan dua,tiga, atau empat jari juga tidak masalah. Ukurannya juga cukup besar sehingga nyaman untuk kamu operasikan.

ASUS Vivobook M409D memiliki webcam berkualitas VGA. Cukup memadai, walau jangan berharap terlalu banyak. Waktu saya coba dengan aplikasi Zoom, gambar yang muncul cukup terang tapi memang memiliki noise. Terutama kalau kondisinya low-light.

Review ASUS Vivobook M409D

Baca juga: Tips Memilih Monitor yang Tepat untuk Bekerja dari Rumah

Layar

Untuk layarnya sendiri, ASUS M409DA dibekali dengan layar LED-backlit 14 inch resolusi 1366 x 768 pixels mendukung refresh rate 60Hz, sangat cukup untuk mengakomomdasi kegiatan belajar dan bekerja. Kualitas kontras warna dan brightness nya cukup baik dan nyaman dimata meski tidak menggunakan jenis IPS.

Secara umum layar laptop relatif tajam dan jernih. Bingkai layar juga tipis berkat NanoEdge Display yang bikin layar tampak lebih lega walau ukuran laptop ringkas.
Supaya kamu bisa gunakan pada kondisi outdoor, laptop ini ini memiliki fitur anti-glare. Dengan begitu cahaya dari belakang tidak bisa memantul di tampilan.

Review ASUS Vivobook M409D

Audio SonicMaster

Menariknya ASUS masih menambahkan Teknologi SonicMaster pada Audio di laptop ini. Dnegan teknologi ini ASUS menggabungkan pengolahan digital dan speaker serta ruang resonansi mampu mengeluarkan suara berkualitas.

Meski pada bagian bawah memiliki dengan celah di sisi bodi yang kecil, tapi ASUS mengakalinya dengan sistem ErgoLift, yang membuat bodi laptop dapat terangkat ketika layar kamu buka, sehingga ruang resonansi di dalam bodi berfungsi dengan baik.

ASUS Vivobook M409D

Baca juga: Resmi, Ini Harga dan Spesifikasi ASUS VivoBook Pro

Performa ASUS Vivobook M409D

Bagaimana performa dari laptop ini? Untuk sebuat laptop yang dapat digunakan belajar dan bekerja nampaknya prosesor AMD Athlon Gold 3150U dirasa cukup. Apalagi ASUS juga menambahkannya dengan memori RAM 8GB.

Untuk sekedar bekerja dengan menggfunakan aplikasi micoroft office dan internet, laptop ini sudah lebih dari cukup, apalagi memori penyimpanan pada lapto ini juga sudah menggunakan SSD yang sangat membantu dalam kecepatan proses.

Saat digunakan untuk WFH, laptop ini sangat lancer tanpa ada masalah. Padahal kami menggunakan laptop ini untuk kegiatan bekerja yang cukup berat, baik browsing dengan banyak tab, mengetik (baik dengan aplikasi di laptop maupun secara online. Selain itu kami juga menggunakanya untuk mengedit foto ringan serta melakukan video call, dll.
ASUS M409D ini memiliki upgradebilitas yang cukup baik dimana untuk mengakses slot RAM dan SSD sangat mudah hanya dengan membukan panel belakang.

Baterai

Untuk kekuatan baterainya, dengan menggunakan baterai Lithium-ion, laptop ini menjanjikan pemakaian selama sekitar 8 jam. Durasi itu sangat sangat memadai untuk bekerja, apalagi untuk mereka yang WFH haru online seharian. Kami test menggunakan laptop ini untuk nonton satu film secara streaming, kapasitas baterai turun dari 80% jadi 50% saja .

Tidak hanya hemat dalam penggunaan, baterai yang dimilikinya juga memiliki kemampuan pengisian baterai yang relatif cepat, yaitu sekitar 1 jam untuk mencapai ±80%.

Fitur

ASUS Vivobook M409D dibekali dengan sensor sidik jari di pojok atas touchpad. Saat kami coba menggunakan fitur ini dapat bekerja dengan responsif dan cepat.

Untuk port dan slot sudah lengkap, seperti USB 3.0 Type-C, USB 3.0 Type-A, USB 2.0, HDMI, dan audio 3,5mm. Sedangkan untuk fitur koneksi, tersedia dukungan untuk Wi-Fi 5 dan Bluetooth 4.2. Selain itu ada jgua microSD card reader.