Review Acer Nitro N50-110: PC Gaming Untuk Gamer Pemula

Review Acer Nitro N50-110Masuk kedalam kategori perangkat gaming entry level, PC Gaming Acer Nitro N50-110 memiliki performa dan harganya yang cukup bagus untuk gamer pemula. Seperti apa spesifikasi dan performa yang dimiliki dari PC gamer ini? Berikut adalah review lengkapnya.

Review  Acer Nitro N50-110

Desain

Untuk mengusir hawa panas di dalam casing, Acer menanamkan Predator FrostBlade yang diklaim bisa diandalkan untuk menjaga suhu tetap rendah. Kipas ini tentunya bisa diatur kecepatannya secara manual sesuai kebutuhan.

Seperti desain PC pada umumnya, Acer Nitro N50-110 desainnya dibuat kotak biasa, namun memiliki lekukan dan ciri khas gaming yang kental. Dibandingkan seri Orion 9000 atau Orion 3000, Nitro N50 tampil jauh lebih sederhana dengan hanya dihiasi LED merah di bagian depan. Tidak banyak ornamen-ornamen futuristik yang biasanya hadir untuk lebih memberikan kesan gaming.

Tampilanya sederhana dan elegan dominasi warna hitam dan beberapa aksen warna merah yang menunjukan kesan gaming dengan menggunakan material tempered glass pada sisi kiri maupun sisi kanannya.

Review Acer Nitro N50-110

Logo Acer tersedia pada bagian depan dan dibawahnya ada LED backlit berbentuk V. Lalu ada juga slot optical drive, airhole, dan tulisan Nitro sedikit menonjol.

Pada bagian kiri ada sticker spesifikasi dari PC, sedangkan pada bagian kanan hanya terdapat airhole. Tombol power dan modul untuk Qi Wireless Charging ditempatkan pada bagian atas yang dihiasi dengan motif brushed alumunium.

Baca juga: Ini Deretan Perangkat Game Acer Nitro dan Predator Terbaru

Keyboard dan Mouse

Menariknya pada paket penjualannya Acer menyediakan pula keyboard dan mouse. Meski bukan keyboard dan mouse gaming, tapi masih menggunakan beberapa tombol shortcut dan multimedia yang berada di bagian atas. Keyboard juga tidak menyediakan backlit. Tapi keyboard dan mouse tersedia juga nyaman dipaka. Berkat jarak antar tombol yang agak longgar, keyboardnya sangat nyaman dibuat mengetik.

Review Acer Nitro N50-110

Port

PC Gaming Acer Nitro N50-110 menyediakan Port yang cukup lengkap. Di bagian belakang tersedia dua USB 3.1 Gen 1 Type A, dua USB 3.1 Gen 2 Type , dan dua USB 2.0 Type A. Selain itu ada juga LAN Port, HDMI, DVI Port, DisplayPort dan audio port.

Tidak hanya pada bagian belakang port juga tersedia pada bagian depan. Pada bagian ini terdapat optical drive, USB 3.0 Type A, USB 3.1 Gen 1 Type C, SD Card reader, dan audio port, yang masing-masing terdapat 1 buah port.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Acer juga menyematkan port module Qi Wireless Charging yang terdapat pada bagian, jadi kamu bisa mengisi mengisi baterai HP dengan mudah hanya dengan menaruhnya tepat diatas module wireless chargingnya. PC ini juga tidak membutuhkan wifi dongle lagi dikarenakan sudah memiliki wifi card dan bluetooth.

Baca juga: Review Acer Nitro 5 AN515-43-R1BL: Makin Bertenaga dan Hemat Daya

Siap Upgrade

Dengan jenis motherboard yang disediakan, Review Acer Nitro N50-110 menggunakan chipset X570 processor Ryzen 7 3700X yang tentunya masih bisa diupgrade hingga Ryzen 9 3900X. Selain itu kamu juga masih bisa menambahkan opsi upgrade satu buah SSD M.2 PCIe, satu buah PCIe x16 untuk GPU, dua buah 3.5Inch disk-bay dan tersedia pula empat memory slot.

Kemudahakn juga didapatkan, karena pada bagian belakang dapat dilepas dengan mudah, jadi motherboard dapat diganti.

Software yang tersedia di Acer Nitro N50-110

Pada PC ini Acer membawa software yang biasa ada di seri laptop Nitro, seperti Acer NitroSense yang berfungsi untuk mengatur kecepatan fan dan monitor suhu CPU dan GPU, kemudian ada Acer Care Center yang bisa digunakan untuk monitor status hardware PC ini dan yang terakhir ada Sound Blaster Connect yang berguna untuk mengatur profil suara headphone yang terhubung.

Baca juga: 3 Laptop Gaming Acer Terbaru, Tipis Didukung Prosesor Terkini

Performa

Acer Nitro N50-110 ditenagai oleh AMD Ryzen 7 3700X yang memiliki base clock speed 3.6GHz dengan TurboBoost 1 core hingga 4.4GHz. Prosesor ini dapat berjalan pada konfigurasi 8-core 16-threads yang ditopang oleh 16GB RAM DDR4 2666MHz dual channel.

Dengan spesifikasi prosesor dan RAM yang dimilikinya cukup nyaman bagi kamu para gamer pemula. Jika kurang kamu bahkan masih dapat melakukan overclocking untuk meningkatkan kinerja.

Dengan chipset X570, PC ini masih dapat dilakukan overclock dengan menggunakan software AMD Ryzen Master. Overclockingnya dapat dilakukan hingga core clock speed di 4.2-4.3Ghz dan peak core voltage di 1.35 volt.

Untuk suhu dari Acer Nitro N50-110 cukup terkendali, berkat Air flow yang ada pada PC. Pengendali suhu digunakan dengan dua fan, masing-masing ada di bagian belakang dan pada fan yang ada di CPU. Ada pula beberapa airhole yang terdapat pada casingnya.