Home Review Acer Aspire 3 Slim A314 22 – Harga Terjangkau Performa Bisa...

[Review] Acer Aspire 3 Slim A314 22 – Harga Terjangkau Performa Bisa Diandalkan !

Berbicara soal laptop kelas menengah yang bisa mendukung mobilitas tentunya harus memiliki bobot yang ringan dan tipis dengan ketahanan baterai yang cukup ideal. Dan salah satunya adalah Acer Aspire 3 Slim A314-22 R8JF yang terbilang harganya juga sangat kompetitif di kelasnya.

Dibekali dengah prosesor AMD Ryzen 3 seperti apa kemampuan dari laptop ini, berikut review Acer Aspire 3 Slim A314-22 R8JF selengkapnya !

Desain & Layar

Laptop ini menawarkan bodi yang cukup ringkas dan ringan dengan ketebalan kurang dari 2 cm dan bobot di angka 1,9 kg. Dengan begitu, laptop ini tidak terlalu merepotkan ketika harus dibawa bepergian. Selain itu, menurut kami desainnya dari laptop ini juga secara keseluruhan cukup stylish dan tampak profesional. Meskipun keseluruhan materialnya body nya terbuat dari plastik, tapi laptop ini memiliki rancang bangun yang solid dan kokoh dengan build quality yang cukup baik.

Pada bagian bezel, kami harus akui laptop ini memang tidak setipis seri Acer Swift, tapi setidaknya bezel yang hadir di Aspire 3 Slim ini lebih tipis dari generasi sebelumnya. Dengan ukuran layar 14 inci ini laptop ini cukup ideal untuk laptop kelas menengah karena masih cukup nyaman untuk digunakan bekerja sehari-hari.

Narrow Border Display

Layar yang digunakan jenis TN (Twisted Newmatic) LCD Acer dengan LED backlight resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang didukung fitur Acer ComfyView yang nyaman dan tidak membuat mata cepat lelah, jadi tidak heran jika laptop ini cocok untuk bekerja dalam waktu lama.

Keyboard

Berahlih pada desainnya keyboardnya, bagian palm restnya memiliki warna yang senada dengan back covernya. Sayang, keyboardnya belum dilengkapi dengan LED Backlight. Di bagian atas, terdapat beberapa tombol yang berfungsi secara default tanpa harus repot menekan tombol ‘FN’. Secara kenyamanan, saat kami coba untuk mengetik, jarak antara key cukup renggang sehingga meningkatkan akurasi pengetikan.

Sedangkan untuk area touchpadnya cukup luas tanpa dedicated button dengan permukaan cukup licin. Selama penggunaan kami cukup nyaman walaupun tanpa menggunakan mouse. Hadirnya Precision Touchpad di laptop ini juga mendukung gerakan touchpad Windows 10, seperti swipe tiga jari ke atas untuk membuka antarmuka Task View yang memudahkan penggunaan untuk bekerja secara multitasking.

Konektivitas

Sisi konektivitas, laptop Acer Aspire 3 Slim kelas menengah ini cukup lengkap dengan mengandalkan Gb LAN, Wi-Fi 5 802.11ac, Bluetooth 4.2, Port USB 2.0, Port USB 3.2 Gen1, Port HDMI, port combo audio dan kensington lock.

Performa

Dari segi performa, Acer Aspire 3 Slim A314-22 R8JF ini dukung dengan prosesor AMD Ryzen 3000 series yaitu, 3250U 2.60 GHz. Dimana seri ini, memberikan peningkatan kinerja signifikan hingga 2x lebih baik jika dibandingin dengan AMD seri A3020E dan 46% lebih baik dengan A3050U ataupun dengan generasi sebelumnya (A4 dan A9 Series).

Tidak hanya dari prosesornya saja, dari sisi kartu grafisnya nya pun meningkatkan dengan performa hingga 2x lipat lebih baik dengan teknologi terbaru AMD Ryzen &  Radeon™ RX Vega Graphics, sehingga mengoptimalkan kinerja baik digunakan untuk bekerja (productivity), ataupun untuk kegiatan entertainment seperti, gaming kasual dan video editing.

Selain itu laptop besutan Acer ini telah didukung dengan RAM sebesar 4GB DDR4 dan memori penyimpanan ganda berupa SSD dan slot hardisk yang bisa ditambahkan untuk  menampung banyak data yang dibutuhkan. Jadi, selain menghadirkan baca tulis cepat dari SSD nya, dari kapasitas HDD-nya juga bisa diperluas hingga 2 TB. Jika merasa kurang, pengguna juga bisa  mengupgrade kapasitas SSD hingga 1 TB. Jadi total kapasitas penyimpanan di laptop ini sebesar 3TB setelah dimaksimalkan (1TB SSD + 2TB HDD).

Menariknya, Acer Aspire 3 Slim A314-22 R8JF telah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 dan Microsoft Office Home and Student 2019 original berlisensi, jadi pengguna tidak perlu repot membeli lisensi dan melakukan instalasi sistem operasi lagi.

Gaming

Buat main game di laptop ini, saat kami coba memainkan salah satu game ESPORT yaitu PUBG, hasilnya cukup memuaskan dan sangat playable. Selama kurang lebih satu jam kami memainkan game di laptop ini dengan settingan medium, game sangat lancar dimainkan dan kami tidak menemukan adanya frame drop di beberapa part grafik ramai.

Hasil Benchmark

Untuk pengetesan benchmark Acer Aspire 3 Slim dengan AMD Ryzen 3 ini mendapatkan score “ 759 “ menggunakan aplikasi Nova Bench. Selain itu juga kami coba test menggunakan bencnhmark Cinebench R15 yang umumnya banyak digunakan.

Dari pengujian, bisa kita lihat secara seksama, jika AMD Ryzen™ 3 seri 3250U di laptop ini meraih skor 220, yang lebih unggul sedikit jika dibandingkan dengan Intel Core i5 seri 3317U. Sedangkan dari pengujian grafis OpenGL, performa laptop ini mendapatkan 19,63 fps.

Baterai

Dengan desain yang semakin ramping, daya tahan laptop ini sangat mendukung untuk pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Daya tahan yang di klaim hingga 9,5 jam ini (36.7 Wh), tentu membuat penggunanya nyaman digunakan di luar ruangan tanpa halangan ataupun untuk dibawa berpergian. Selain itu, kabel listrik penghubung adaptor charger ke listrik juga mempunyai bentuk yang simple dan ringan dengan power 45 Watt.

Kesimpulan

Dibanderol mulai dari Rp. 5.8 Jutaan menurut kami, Acer Aspire 3 slim A314-22 R8JF cocok untuk pengguna yang membutuhkan laptop dengan harga terjangkau dan punya performa yang bisa diandalkan. Jika kita melihat sekali lagi dari spesifikasi yang di tawarkan, dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 3 3250U dan grafis terintegrasi AMD Radeon RX Vega laptop ini sudah cukup baik untuk kebutuhan desain grafis dan playable untuk memainkan game kasual meski tidak segahar laptop gaming.

Apalagi, untuk memastikan produktivitas kerja secara maksimal, Acer juga memberikan penawaran menarik Office Home and Students 2019 senilai Rp1.7 jutaan. Dengan begitu pengguna tidak perlu repot lagi soal instalasi aplikasi.