Review Meizu C9 : Hape Sejutaan Fiturnya Mantul (Mantab Betul)?

infogadgets.info.ID – Meizu akhirnya kembali lagi ke Indonesia. Usut punya usut, masalah internal menjadi penyebab Meizu sempat menghilang sejenak. Ok Lupakan dulu soal masalah internal. Menandai comeback-nya, Meizu coba menggoda konsumen di Indonesia dengan 3 perangkat sekaligus, yakni Meizu C9, M6T dan Meizu 16TH.

Kali ini meja redaksi GadgqetSquad kedatangan salah satu dari 3 hape terbaru Meizu, yakni seri C9. Tipe C9, diplot Meizu untuk kelas entry level smartphone. Meski untuk kelas pemula, saat peluncuran Meizu cukup pede membandingan C9 dengan Xiaomi Redmi 6A.

Biar gak penasaran apa benar Meizu C9 bisa setangguh Redmi 6A. Simak reviewnya berikut.

Desain dan layar

Untuk urusan desain, jangan harap kamu mendapatkan hape bermaterial mewah. Sesuai dengan kelasnya, Meizu C9 hanya bermaterikan plastik solid. Untungnya pihak Meizu mampu mengolah bodi plastik Meizu C9 dengan proses penyelesaian akhir yang baik, sehingga tidak terlihat murahan.

Harus diakui saat digenggam, sangat terasa Meizu C9 punya struktur bodi yang kompak. Bodinya tidak besar atau sebalik terlalu kecil, pokoknya pas buat struktur tangan orang Asia. Bodi belakang, dibikin sedikit kesat agar hape ini tidak mudah jatuh dari genggaman saat dibawa beraktivitas

Mengikuti tren kekinian, Meizu C9 ini juga mempunya layar dengan lebar yang mencapai 5,45 inci, beresolusi HD+ (1440 x 720 piksel), dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Walau tidak terlalu istimewa, teknologi layarnya yang dimiliki Meizu C9, sudah pas untuk bersaing di levelnya. Selama diuji, kinerja layar tidak bermasalah. Layar Meizu C9 responsif terhadap sentuhan, sehingga nyaman saat dieksplorasi lebih jauh.

Kamera

Fasilitas imaging masih menjadi salah satu menu andalan Meizu, untuk menggoda konsumen. Karenanya, gak perlu banyak basa-basi, sektor kamera jadi bagian selanjutnya untuk dieksplorasi.

Smartphone yang satu ini telah dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang sudah lumayan dalam menghasilkan foto selfie berkat dukungan algoritma ArcSoft beautification.

Salah satu hasil foto Meizu C9

Untuk menggoda konsumen kelas pemula, teknologi kamera Meizu C9 cukup menjanjikan. Tapi bagaimana kualitasnya? Saat diuji mengambil foto di luar ruangan, hasil Foto nampak natural. Jika ingin hasil foto yang lebih dramatis, kamu tinggal mengotak-atik settingan kamera.

Sedangkan hasil foto dengan kondisi minim cahaya tergolong standar. Adanya lampu flash memang cukup membantu saat mengambil foto di kondisi minim cahaya. Hanya saja pendaran cahaya lampu flash nampak terlalu terfokus pada satu titik, alhasil kualitas foto sering over.

Sedangkan untuk hasil foto kamera depan, sudah cukup mumpuni. Seperti fasilitas kamera yang kekinian, di Meizu C9 kamu juga bisa menghasilkan foto bokeh. Tinggal mengaktifkan mode bokeh, kamu bisa dengan mudah membuat foto bokeh sesuai dengan keinginan.

Menu lainnya
Fasilitas keamanan tambahan menjadi salah satu menu andalan yang diusung Meizu C9. Hanya saja di hape ini kamu tidak akan menemukan sensor sidik jari. Meskipun tidak memiliki sensor fingerprint, namun Meizu telah menyematkan fitur Face Recognition yang memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya menggunakan wajahnya saja.

Bisa dibilang memang fitur Face Recognition ini dapat menghemat bujet Meizu agar tidak perlu menyematkan sensor fingerprint yang agak mahal pada C9, namun tetap mempercepat penggunanya dalam membuka kunci smartphone. Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth dan berbagai fasilitas standar hape Android pada umumnya.

Hardware dan Software
Spesifikasi hardware yang hadir pada smartphone ini bisa dibilang menarik. Dapur pacunya sendiri dipercayakan pada prosesor Quad-core berkecepatan 1,3 GHz. Dalam mengimbangi kemampuan prosesor ini, Meizu pun mencoba menyematkan RAM 2 GB dan storage internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Pihak Meizu sendiri mengklaim bahwa kombinasi hardware ini memungkinkan smartphone dapat berjalan lancar dalam pemakaian normal. Namun apabila menjalankan game atau aplikasi berat akan mengalami sedikit lag.

Beralih ke software. Meizu C9 sendiri, berjalan menggunakan platform Flyme OS berbasiskan Android Oreo. Flyme OS sendiri menjadi salah satu daya pikat Meizu dari sisi software. Salah satu keunggulan Platfrom Flyme OS, yakni membuat tampilan antar muka Meizu lebih sederhana, namun fungsional.

Baterai dan harga
Baterai berkapasitas 3100 mAh yang hadir pada smartphone ini diklaim mampu bertahan cukup lama mengingat performanya yang standar. Sementara itu, Meizu telah menyematkan sistem keamanan agar baterainya tetap memiliki suhu yang stabil dan tidak mudah meledak.

Bagaimana dengan harga. Sebagai hape di level pemula, nilai jual Meizu C9 terbilang masih cukup rama di kantong. Cukup siapakan dana tidak lebih dari 1 juta, kamu sudah bisa memiliki Meizu C9 dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Kesimpulan
Dengan semua teknologi yang diusung, Meizu C9 cukup punya modal untuk bersaing di segmen entry level smartphone. Dari hasil eksplorasi, keberanian Meizu membandingan C9 dengan Xiaomi Redmi 6A layak mendapat apresiasi. Sekarang kembali ke konsumen, apakah pilih Meizu C9 yang jauh lebih baru atau Redmi 6A, semua tergantung selera.