Home Review Review Xiaomi Mi TV 4 55 inci: Tawarkan Harga Terjangkau dengan Kualitas Layar 4K
Xiaomi Mi TV 4 55

Review Xiaomi Mi TV 4 55 inci: Tawarkan Harga Terjangkau dengan Kualitas Layar 4K

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Sudah setahun sejak Xiaomi memasuki pasar televisi dengan jajaran Mi TV 4-nya. Dalam enam bulan setelah peluncurannya, Mi TV naik menjadi merek TV pintar terkemuka di pasar. Jelas, pasar tidak sepi dari kerumunan, tetapi Xiaomi berhasil membuat varian baru yang menawarkan nilai uang yang luar biasa dengan Mi TV 4. Terakhir, ada TV pintar terjangkau yang memiliki desain brilian, resolusi 4K pada 60fps, UI mulus, dan performa gambar bagus.

Selama periode kurang dari setahun, Xiaomi meningkatkan divisi smart TV dan menambahkan dua TV baru ke portofolionya pada bulan April di Indonesia. Xiaomi meluncurkan Mi TV 4 55-inci dan Mi TV 4 43-inci di Indonesia masing-masing dengan harga Rp 4.799.000 dan Rp 3.299.000.

Kali ini Kami akan mencoba menggunakan Xiaomi Mi TV 4 55 inci dengan resolusi 4K dan kami dapat dengan aman mengatakan bahwa ini adalah opsi teraman dibandingkan dengan beberapa Smart TV 4K lainnya.

Apakah perangkat ini menjadikannya TV terbaik dalam kisaran harga tersebut? Berikut artikel review-nya dari redaksi.

Desain

Xiaomi Mi TV 4 55Berbeda dengan Mi TV 4, yang satu ini bukanlah pemenang Red Dot Award atau bahkan mendekati desain itu. Itu tidak berarti TV tidak bagus, tetapi juga tidak memiliki desain yang berbeda dibandingkan dengan kompetitornya. TV ini berukuran 1242×775.7×269.54 mm dengan berat 13Kg (termasuk dudukan) memiliki kabinet dan bezelnya terbuat dari plastik kokoh, di mana batas di sekeliling layar terlihat tipis dan itu terlihat bagus.

Yang menurut kami bagus adalah Xiaomi berfokus pada detail dan penyelesaian TV tidak seperti kebanyakan pabrikan di pasar TV terjangkau yang ada. Kami telah meninjau TV dengan harga terjangkau yang tidak menunjukkan tanda-tanda pemeriksaan dan kontrol kualitas saat merakit. Untungnya, Mi TV 4 55 inci tidak berkompromi pada elemen seperti kualitas cat, pemasangan panel, atau bahkan kualitas dudukan dan remote control, semuanya sangat baik kualitasnya.

Menyiapkan TV cukup mudah, Anda mendapatkan dudukan meja dan kit pemasangan di dinding dalam kotak. Jika Anda menggunakan kaki untuk meletakkannya di atas meja, pastikan Anda memiliki meja yang panjangnya 150 cm lebih.

Bagian depan terlihat cukup mendasar. Panel ini dikelilingi oleh bezel yang relatif tipis dan logo Mi halus serta indikator LED di bagian bawah.

Sederhananya, Mi TV 4 55 inci minimalis dalam arti yang baik. Anda tidak akan kecewa dengan desainnya, tetapi Anda juga tidak akan menilai TV ini bagus banget dilihat dari desainnya.

Ports

Xiaomi Mi TV 4 55Mi TV 4 55 inci menawarkan banyak pilihan konektivitas. Anda mendapatkan tiga port HDMI (satu dengan ARC), dua port USB, input AV, S / PDIF untuk audio out dan port ethernet dan antena analog untuk saat-saat WiFi tidak berfungsi untuk Anda.

Xiaomi Mi TV 4 55

Selain itu, TV memiliki Bluetooth, yang dapat digunakan untuk memasangkan pengeras suara Bluetooth Anda. Tapi ingat, ini tidak memiliki jack 3.5mm sehingga Anda tidak dapat menggunakan speaker berbasis aux lama Anda. Semua port utama berada di samping, yang membuatnya mudah diakses.

Pengalaman Pengguna

Xiaomi Mi TV 4 55Saat Anda membeli TV pintar, desain bukanlah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Lebih mirip smartphone, pengalaman itulah yang penting setiap hari hingga Anda merasa nyaman menggunakan TV tersebut. Terutama Mi TV 4 55 inci, karena pada dasarnya perangkat ini menghantarkan kami akan hiburan dan konten dengan mudah.

Dilengkapi dengan prosesor Amlogic Cortex A53 quad-core dan GPU Mali-450 MP3, performa TV ini cukup baik. Sayangnya hanya disediakan ruang penyimpanan 8GB dan memori 2GB RAM di mana yang tersedia untuk pengguna hanya 4,7GB. Namun hal ini dirasa sudah cukup mengingat kegunaanya hanya untuk menonton dan streaming konten.

TV ini menggunakan sistem operasi Android 9 dan antar muka Patchwall 3.0 buatan Xiaomi yang menyatukan konten dari berbagai layanan ke satu tempat. PatchWall mengombinasikan konten video dari Netflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan iflix.

Karena berbasis Android, Mi TV 4 55 inci juga dapat digunakan bermain game dan menginstal berbagai aplikasi melalui Google Play Store. Namun jumlah aplikasi dan game-nya tidak sebanyak dengan yang ada di ponsel Android.

Mi TV 4 55 inci juga mensupport gamepad seperti kontroler Xbox apabila dibutuhkan dalam bermain game. Namun, tentu tidak semua game dapat dimainkan dengan lancar. Game berat seperti Asphalt 8 dan game lainnya yang membutuhkan input sentuhan layar tidak dapat dimainkan dengan lancar pada TV ini.

Kualitas Gambar

Xiaomi Mi TV 4 55Mi TV 4 55 inci menggunakan panel LED 64-bit quad-core. Tak hanya itu, panel 4K juga mendukung HDR10. Xiaomi juga telah menggunakan mesin pengolah gambar Amlogic Cortex A53 quad-core dan GPU Mali-450 MP3 dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 8GB. Kedengarannya menggoda bukan? Memang.

Warna dan kontras pada Mi TV 4 55 inci cukup bagus. Jika Anda meningkatkan dari TV yang lebih murah dari salah satu merek diharga yang sama, Anda akan mengalami perbedaan sejak Anda menyalakan panel. Namun, itu tidak seperti panel 4K Samsung, Sony atau LG yang lebih mahal. Tetapi mesin baru ini secara nyata meningkatkan kinerja karena gambarnya terlihat lebih tajam, dan telah meminimalkan distorsi dan reproduksi warna juga telah diubah untuk kontras yang lebih baik.

Xiaomi Mi TV 4 55

Saat kami menyalakannya, kami menemukan kecerahan berada pada level yang lebih rendah secara default. Jadi Anda mungkin harus sedikit mengubah pengaturan saat mengaturnya. Setelah selesai, panel menunjukkan kontras dan warna yang jauh lebih baik.

Layar Mi TV 4 55 inci menggunakan teknologi DLED dengan resolusi gambar 3840 x 2160 piksel, sudut pandang 178°, dukungan HDR, dan juga refresh rate 60Hz. Layarnya cukup cerah dan tajam walaupun tetap sedikit memantulkan cahaya terutama pada siang hari.

Kualitas Audio

Xiaomi Mi TV 4 55Untuk kamar berukuran kecil hingga sedang, Mi TV 4 55 inci cukup cocok. Perangkat ini menampung dua speaker 10W yang tidak terlalu detail tetapi berfungsi untuk menonton TV umum seperti News, Movie atau game.

Tetapi jika Anda menuntut dan membutuhkan suara gemuruh untuk mendapatkan yang terbaik dari pengalaman menonton, Anda mungkin ingin menambahkan speaker eksternal atau satu set home theater.

Anda tidak dapat benar-benar mengatur kualitas audio. TV sudah mendukung audio Dolby, tetapi pengaturannya tidak membuat perbedaan besar. Opsi “peningkatan suara” membuat suara lebih nyaring, sedangkan opsi surround sepertinya tidak membuat perbedaan besar. Ada equalizer, yang bisa berguna buat Anda.

Remote Control

Xiaomi Mi TV 4 55Kami selalu menghargai pendekatan yang diikuti Xiaomi dengan remote control-nya. Ini apik, praktis dan kaya fitur. Remote Bluetooth memiliki desain minimalis yang sama dengan jumlah tombol yang terbatas.

Ada tombol baru yang memungkinkan Anda beralih di antara dua antarmuka – PatchWall dan Android. Selain itu, perangkat ini memiliki tombol Google Assistant yang menghilangkan kerumitan mengetik pada keyboard yang kadang mengganggu. Yang lebih baik adalah pengakuannya bekerja dengan sangat baik dan juga cepat.

Ini hanyalah remote control terbaik yang pernah kami lihat untuk TV 4K dengan harga terjangkau. Sedikit kekurangan mengontrol pengaturan gambar atau suara Anda diharuskan mencari-cari.

Kesimpulan

Xiaomi Mi TV 4 55Jadi, inilah jawaban atas pertanyaan netizen. Apakah TVnya sebanding dengan harga yang diminta? Jawaban singkatnya adalah ya! Anda mendapatkan panel 64-bit yang dapat menghasilkan konten dalam 4K dan HDR dengan cukup baik dan menurut kami itulah yang paling penting saat Anda membeli TV.

Selain itu, TV melakukan 4K HDR pada 60Hz. Jika Anda tidak puas dengan OSnya, Anda selalu dapat menggunakan Chromecast atau kotak lain yang Anda suka. Speaker bukan yang terbaik untuk menikmati film, tapi sekali lagi speaker TV hampir tidak pernah ada yang sangat baik dan Anda harus berinvestasi di soundbar jika kualitas audio yang Anda cari.

Kami berharap TV memiliki opsi koneksi audio yang lebih baik seperti 3.5mm dan RCA. Satu-satunya masalah dengan panel TV adalah pantulan, dan tingkat hitam bisa lebih baik. Tapi ya, jika Anda ingin membeli TV 4K dengan anggaran Rp 4 jutaan, Anda tidak bisa salah dengan Mi TV 4 55 inci.

Berita Lainnya

Leave a Comment