Home Review Review Xiaomi MI Note 10 Pro : Pertama Dengan Kamera 108MP
Xiaomi MI Note 10 Pro

Review Xiaomi MI Note 10 Pro : Pertama Dengan Kamera 108MP

by infogadgets Indonesia

infogadgetsXiaomi Mi Note 10 Pro mungkin bukan sebuah smartphone yang Anda harapkan akan menjadi revolusioner, tetapi setidaknya sebuah perangkat kelas menengah yang memiliki harga terjangkau dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan. Tetapi kami yakin perangkat ini bisa jadi perangkat yang membuat dunia smartphone duduk dan memperhatikannya. Kenapa?

Itu karena Mi Note 10 Pro membawa semua fitur yang ada pada smartphone flagship dengan label harga yang sangat terjangkau. Smartphone ini  memiliki layar indah, baterai dengan kapasitas besar, sensor sidik jari di layar, lima kamera belakang dan, smartphone pertama yang datang dengan sensor kamera utama 108MP.

Seperti apa detail Smartphone yang dibandrol harga Rp 7 jutaan ini? Simak artikel review berikut ini.

Baca juga : Samsung Galaxy S20 Ultra vs Xiaomi Mi 10 Pro vs Apple iPhone 11 Pro Max : Lebih Pilih Mana?

Desain

Xiaomi MI Note 10 ProMi Note 10 Pro tidak jauh berbeda seperti smartphone Android umumnya, tidak berbeda dengan Oppo Reno atau Huawei Mate 30 Pro, tapi juga tidak identik dengan legiun smartphone Android yang tampak serupa.

Smartphone ini terasa kokoh di tangan, dan permukaan kacanya berbaur mulus dengan bingkai logam. Satu-satunya hal yang mengganggu adalah susunan kamera besar yang menonjol, tetapi dengan menggunakan casing pada paket penjualan membuatnya terlihat jauh lebih tidak mengganggu.

Smartphone berukuran 157,8 x 74,2 x 9,7 mm menjadi salah satu smartphone paling tebal yang kami uji – Anda mungkin akan melihat dan merasakan ini ketika Anda menggunakan perangkat tersebut, meskipun kami sudah mulai terbiasa dikarenakan sudah 2 minggu kami menggunakannya. Ketebalan ini tercermin diberatnya yang 208g. Ya, menurut kami ini salah satu smartphone yang memiliki bobot diatas rata-rata.

Bagian depan dan belakang Xiaomi Mi Note 10 terbuat dari Gorilla Glass 5, mengapit bingkai aluminium, sehingga smartphone ini terasa kokoh dan meyakinkan.

Layar Mi Note 10 Pro melengkung, ini mengingatkan kami pada Samsung Galaxy S7. Bagian depan melengkung begitu juga bagian belakang smartphone juga melengkung. Hal ini membuat ujung-ujung perangkat terasa membulat di tangan, dan karenanya perangkat ini cukup nyaman untuk dipegang di tangan.

Di bagian bawah perangkat ini memiliki port USB-C standar dan jack headphone 3,5mm, sehingga pengguna headphone kabel akan terpenuhi juga. Di tepi kanan smartphone terdapat tombol power dan tombol volume, keduanya cukup rendah sehingga mudah digunakan dengan jari untuk semua orang kecuali tangan terkecil.

Baca juga : Kupas Singkat Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro

Layar

Xiaomi MI Note 10 ProMi Note 10 Pro memiliki layar dengan ukuran 6,47 inci, jadi tergantung pada ukuran tangan Anda, ukurannya kalau ditangan kami, cukup kecil sehingga mudah digunakan dengan satu tangan.

Layarnya adalah panel AMOLED dengan resolusi 1080 x 2340, terlihat bagus, mereka biasanya jarang ada di smartphone kelas menengah. Warnanya benar-benar pop, cerahnya maksimal, gambar terlihat bertekstur dan kontrasnya bagus. Sebagian besar smartphone dengan layar sebagus ini, biasanya ada di perangkat premium, dan agak jarang ada di smartphone kelas menengah.

Satu hal yang patut dicatat adalah perangkat ini memiliki fitur untuk membuka layar hanya dengan mengetuk kaca layar dua kali. Ini agak memudahkan kami yang terbiasa menekan tombol power untuk menuju menu.

Seperti yang disebutkan, tepi layar melengkung, seperti pada Samsung Galaxy S10 atau Huawei P30 Pro, namun pada Mi Note 10 kurva sedikit lebih jelas, yang membuat smartphone lebih mudah dan lebih nyaman untuk dipegang. Di bagian atas layar terdapat notch kecil berbentuk waterdrop, yang menaungi kamera depan.

Kamera

Xiaomi MI Note 10 ProMi Note 10 Pro menjadi ponsel pertama di dunia yang mengusung ukuran sensor 108MP. Rincian kamera belakang Mi Note 10 Pro terdiri dari lensa 108 MP (f/1.69) wide angle yang merupakan lensa Samsung ISOCELL Bright HMX, ultra-wide 20 MP (f/2.2), dan 12 MP depth (f/2.0) 2x optical zoom. Kemudian ada kamera telephoto 5 MP (f/2.0) hybrid 10x optical zoom dan makro 2 MP.

Xiaomi MI Note 10 Pro

Kelima kamera di belakang itu ditambah dua buah LED Flash (masing-masing ada 2 lampu LED), yang pertama bisa menerangi dengan kuat, yang berguna saat memotret obyek yang besar atau dalam ruangan besar.

Sedangkan LED flash satunya bersifat lebih lembut (soft) yang biasanya untuk memotret orang dalam jarak dekat agar foto obyek tidak kehilangan detil.

Kamera telephoto untuk perbesaran 5x secara optical. Membawa resolusi 5MP dengan f/2.0 dan OIS. Dengan lensa yang sama kamera Mi Note 10 Pro bisa menghasilkan foto dengan zoom digital mencapai 50x perbesaran atau hybrid di angka 10x perbesaran.

Lensa kedua merupakan kamera portrait yang mampu menghasilkan perbesaran gambar 2x secara optikal. Membawa resolusi 12MP dengan f/2.0 dan dual pixel autofocus.

Baca juga : Xiaomi Mi 10 “Mengalahkan” Juara Dunia Rubik Cube?

Lensa ketiga dari atas merupakan lensa utama untuk menghasilkan gambar perbesar 1x yang optimal dengan resolusi hingga 108MP f/1.69 dengan OIS 4 Axis. Kamera mampu mengabil foto dan diprint ke dalam ukuran billboard. Dan yang paling penting OIS 4 Axis nya akan memastikan gambar tajam dan tidak goyang saat diambil.

Lensa ke empat digunakan untuk kebutuhan pengambilan gambar ultra-wide angle. Kayaknya sudah wajib nih lensa seperti ini ada di sebuah ponsel. Resolusinya mencapai 20MP dengan f/2.2. Anda bisa memotret gambar dengan field of view mencapai 117 derajat.

Dan terakhir adalah kamera makro dengan resolusi 2MP. Untuk menghasilkan foto bokeh dan lensa Macro yang bisa mengambil foto dari jarak 1.5cm. Resolusi kedua kamera tersebut memang tak terlalu tinggi, karena hanya sebagai fitur pelengkap saja.

Berlanjut ke sektor kamera depan, Xiaomi Mi Note 10 Pro hadir membawa lensa beresolusi 32 Megapixel yang terpasang pada notch di atas layar. Fitur AI dan Potrait Mode akan mengoptimalkan kemampuan kamera tersebut. Secara hasil foto, tentu sangat berkualitas.

Masih banyak fitur kamera lainnya. Namun yang tak kalah penting, smartphone ini dibekali kemampuan merekam video 4K dan video slow motio dengan resolusi 720p pada kecepatan 960fps. Kameranya sudah dilengkapi stabilizer (OIS).

Untuk foto malam berikut hasilnya.

Performa

Xiaomi MI Note 10 ProSalah satu yang sangat kami sayangkan adalah dapur pacu yang kurang maksimal, mungkin juga karena ini smarphone dengan harga terjangkau jadi cukup mempergunakan chipset Snapdragon 730G. Dimana prosesor ini sebenernya sangat cocok untuk Anda yang suka gaming.

Ini terlihat setelah kami mencobanya kadang-kadang pemrosesan gambar lambat dan faktanya aplikasi kamera juga kadang seperti itu. Kami juga merasakan kinerja baterai yang sangat biasa-biasa saja.

padahal harapan kami, perangkat ini paling tidak menggunakan chipset Snapdragon 855, paling tidak ada harapan mengalahkan produk-produk yang dikeluarkan Apple dan Samsung.

Dalam hal bermain game, Xiaomi Mi Note 10 Pro bisa dikatakan juara untuk kelas menengah, kami jarang melihat ada hambatan saat bermain game top-end seperti Call of Duty Mobile. Kualitas layarnya membuat pengalamannya juga menyenangkan, jadi jika Anda mencari smartphone yang bagus untuk bermain game, Anda tidak salah memilihnya.

Beberapa Hasil Benchmark

Mi Note 10 tersedia dengan 6GB atau 8GB RAM. Secara resmi versi 8G disebut Note 10 Pro, tetapi selain RAM tambahan satu-satunya perbedaan adalah bahwa Pro memiliki 256GB penyimpanan, sedangkan 128GB untuk versi standart, jadi tidak ada perbedaan besar antara keduanya,

Sesuatu yang kami temukan cukup mengesankan di Mi Note 10  adalah speaker, yang memberikan audio berkualitas baik dengan volume yang cukup. Itu hanya satu speaker mono, dan ketika Anda menonton konten atau bermain game, Anda dapat menutupnya secara tidak sengaja dengan tangan Anda karena posisinya yang diletakan dibawah, tetapi itu adalah speaker yang layak untuk sebuah smartphone.

Smartphone ini juga menawarkan jack headphone dan blaster IR untuk mengendalikan peralatan seperti TV dan AC. Ini bekerja dengan baik dengan salah satu unit AC di kantor

Baca juga : Realme X50 Pro vs Xiaomi Mi 10 vs Samsung Galaxy S20 : Semua Berkualitas?

Daya Tahan Baterai

Xiaomi MI Note 10 ProTidak ada keluhan di sini. Xiaomi Mi Note 10 rata-rata bertahan dua hari, tanpa kami mencoba menghemat daya dengan cara apa pun. Ini seharusnya tidak mengejutkan mengingat kapasitas baterai 5230mAh.

Untuk memberi Anda gambaran tentang bagaimana perbandingan telepon terhadap pesaing, kami menonton video YouTube dan mengulanginya. Ponsel ini bertahan tepat 11 jam pada kecerahan tetap 200 nits. Ponsel seperti iPhone 11 Pro Max dan Galaxy Note 10 masing-masing bertahan selama 9 dan 8 jam pada pengujian yang sama persis.

Pengisian cukup cepat, mengingat kapasitas baterai yang besar. Pengisian penuh menggunakan  daya 30W membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam.

Kesimpulan 

Xiaomi MI Note 10 ProXiaomi Mi Note 10 Pro bukan hanya ponsel kamera 108MP, ini juga merupakan smartphone yang memiliki harga kompetitif di hampir setiap hal, menggabungkan desain yang hebat dengan baterai besar, pengisian cepat, dan pemindai sidik jari dalam layar. Anda tidak akan mendapatkan smartphone kamera dengan harga yang ditawarkan. Tapi kami juga  dapat mengatakan itu dengan percaya diri, bahwa kekuatan smartphone mengalami kesulitan menjaga konsistensi saat memproses gambar-gambar dengan piksel besar itu.

Berita Lainnya

Leave a Comment